Let’s travel together.

Wisata sejarah candi populer di Jawa Tengah

0 16

Situs Sejarah merupakan  hal yang penting  bagi setiap negara, karena menggambarkan zaman dan budaya ditempat tersebut. Indonesia memiliki banyak sekali situs sejarah, salah satunya adalah candi.Candi merupakan bangunan keagamaan atau tempat ibadah peninggalan purbakala bagi masyarakat Hindu-Budha yang memiliki banyak sejarah tersendiri dan dulunya juga dijadikan sebagai tempat pemujaan dewa-dewi untuk memuliakan Budha.
Tidak hanya pantai, waduk, pulau dan khususnya candi yang sebagian besar merupakan peninggalan masyarakat Hindu-Budha yang bisa di jadikan untuk tempat wisata bagi kalangan yang beragama islam tetapi juga tidak ada larangan bagi yang beragama islam untuk datang berkunjung di tempat yang lain bukan agamanya sendiri.
Di jawa tengah sendiri memiliki banyak bangunan candi yang terkenal akan sejarahnya.
Apalagi candi yang berikut ini merupakan candi yang sangat banyak wisatawannya dan sangat populer di jawa tengah dan sangat cocok untuk menikmati liburan anda khususnya bagi pelajar penerus bangsa indonesia agar lebih dapat mengetahui wawasan tentang sejarah di Indonesia sendiri.

Candi gedong songo

candi gedong songo

Tidak semua candi Indonesia yang hanya memiliki bangunan candi lebih dari satu. Dan salah satunya adalah candi populer di Semarang Jawa tengah yang memiliki jumlah candi 9 seperti namanya sendiri yaitu candi gedong songo.

Jawa tengah sendiri merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang menyimpan banyak potensi-potensi wisata alam dan budaya. Selain itu banyaknya candi-candi menjadi pilihan sebagai warisan budaya yang terbesar di jawa tengah.

Banyak orang berpendapat bahwa candi ini di bangun pada masa Pemerintahan Dinasti Sanjaya Hindu Di Jawa hal itu bisa di tinjau dari segi arsitektur dan coraknya.

Jika anda berkunjung di candi gedong songo anda harus berpetualang menelusuri bukit yang memiliki jarak sekitar 50 m untuk dapat menjangkau semua total candinya sebanyak 9 candi, seperti jumlah total yang konon katanya ada Sembilan, tetapi wisatawan hanya bisa meihatnya hingga sampai candi ke lima.

Candi pawon

Selain candi gedong songo di semarang, masih ada candi yang sangat unik dan populer sekarang yaitu candi pawon di semarang jawa tengah.

Meski candi ini mempunyai ukuran yang tidak terlalu besar tetapi jangan salah kalau candi ini merupakan salah satu wisata di semarang sangat bersejarah dan cocok untuk di jadikan sebagai tempat wisata dan patut di kunjungi.

Dari kata pawon sendiri merupakan dari bahasa jawa yang memiliki arti yaitu “pawon”yang memiliki kata turunan “pawuan” dan di ambil dari kata “awu” atau “abu”.

Memang sih candi pawon ini tidak memiliki sajarah panjang, tetapi konon katanya banyak ahli yang berpendapat bahwa candi ini di gunakan sebagai tempat perabuan untuk menyimpan abu jenazah yang sudah di bakar yang tidak lain abu yang sudah di simpan di candi ini merupakan abu yang di bakar dari jenazah Raja Indra.

Candi plaosan

Nah, untuk candi yang satu ini guys tidak kalah cantik dan popoler di banding yang ada di semarang.

Yaa tepat sekali!! Candi plaosan namanya.
Candi plosan ini merupakan candi kembar yang mempunyai nama yaitu candi plaosan lor dan candi plaosan kidul atau yang berarti utara dan selatan .

Tak hanya itu, banyak orang yang mengatakan bahwa candi merupakan candi kembar di Klaten Jawa Tengah karena di lihat dari arsitekturnya candi ini tidak jauh berbeda bahkan tidak ada bedanya sama sekali satu sama lain.

Hal yang sangat memukau dari candi ini adalah karena keindahan candi plaosan sunset dan candi plaosan sunrise yang menjadi pilihan tersendiri apalagi dengan latar yang sangat megah dan di kelilingi oleh pepohonan hijau menjadikan lingkungan di sekitar menjadi asri.

Di tambah lagi langit dengan semburan warna jingga dan udaranya yang sangat dingin menambah rasa kepuasan di pagi hari.

Oleh karena itu candi plaosan ini sangat banyak di kunjungi oleh para wisatawan asing dan menjadi tempat favorit bagi pecinta fotografi dan travelling.

Leave A Reply

Your email address will not be published.