7 Sosok Hantu Yang Sering Muncul Saat Wisata Malam di Lawang Sewu Semarang

0 103

Kisah mistis Lawang Sewu telah menjadi rahasia publik, banyak penampakan yang terjadi di gedung bersejarah tersebut. Apalagi ketika Anda memberanikan diri mengunjungi Lawang Sewu pada malam hari, seperti yang pernah dilakukan beberapa stasiun televisi swasta saat berburu berita horor. Dijamin, aroma mistis Lawang Sewu akan lebih terasa.

Diprediksi sekitar 110 tahun lamanya tempat itu menjadi saksi bisu perjuangan masyarakat Semarang, baik kisah heroik, bahagia, menyedihkan, memilukan bahkan tak tanggung – tanggung terdengar banyak kisah mengerikan tentang Lawang Sewu.

7 Hantu Lawang Sewu

1. Serdadu Belanda Penjaga Pintu

lawang sewu malam hari

 

Salah satu titik munculnya sosok makhluk kasat mata di Lawang Sewu adalah pada bagian pintu depan paling barat atau paling timur. Konon, dipercaya sosok penjaga di pintu dengan arah berlawanan itu adalah para serdadu tentara Belanda lengkap dengan senjata laras panjang.

Dipercaya bahwa seseorang yang menyadari serdadu hantu itu, maka akan merasakan hembusan angin agak kencang dan disertai dengan bau misterius mulai dari wangi kemenyan hingga bau anyir darah yang membusuk.

2. Aroma Anyir Penjara Bawah Tanah

lawang sewu semarang

Pada masa penjajahan, daerah sekitar bundaran Tugu Muda ini disebut Wilhelminaplein. Dalam bahasa Jawa, dijuluki Lawang Sewu karena gedung tersebut memiliki banyak pintu, walaupun faktanya pintu pada gedung tersebut tidak mencapai seribu pintu.

Di ruang bawah tanah terdapat penjara berdiri. Menurut catatan sejarah, ada 6 orang tahanan dipaksa masuk ke penjaran yang hanya berdiameter sekitar 60 cm x 1 meter. Akibatnya, para tahanan itu berdiri berdesakan tanpa diberi makan dan minum hingga mereka semua mati.

Jika dalam beberapa hari masih ada yang hidup, maka kepala mereka akan dipenggal lalu mayatnya akan dibuang begitu saja ke sungai kecil di samping Lawang Sewu. Konon akibat kekejaman di penjara itu, hingga saat ini aroma bau anyir darah masih bisa tercium di ruang bawah tanah.

3. Lorong Hantu Bawah Tanah

lawang sewu

Selain memiliki penjara bawah tanah, Lawang Sewu ternyata juga memiliki lorong bawah tanah yang terkenal horor. Konon, jika seseorang berani berjongkok dan diam agak lama di lorong itu maka dia akan melihat sosok bayangan seperti manusia yang tergantung di atas dengan mata hijau menyala.

Bayangan itu, menurut cerita berjalan merangkak dari atas berusaha mendekati siapa saja yang berhasil melihat sosoknya, mirip seperti bayi tetapi merangkak di atas langit.

4. Teriakan Mengerikan Sumur Tua

lawang sewu di semarang

Bagian depan halaman gedung Lawang Sewu terdapat sumur tua yang selalu dikunci dan tak pernah dibuka. Sumur tua itu berbentuk tembok meninggi dengan bagian dasar tanah dan bagian atapnya adalah genting warna merah.

Menurut rumor, di setiap malam nan sunyi acap kali terdengar suara teriakan kesakitan, tangisan dan ketakutan dari tentara Belanda. Pasalnya, di tempat itulah banyak tentara Belanda yang tewas dengan cara disembelih oleh para tentara Jepang sehingga arwah mereka bergentayangan hingga sekarang.

5. Bayangan di Langit Lantai Tiga

bagian dalam lawang sewu

Ketika berkunjung ke gedung bersejarah, akan lebih lengkap ketika Anda dibersamai oleh tourguide. Seorang juru kunci Lawang Sewu ada yang bisa memperlihatkan keangkeran Lawang Sewu. Hal itu bisa dilihat di sebuah ruangan di lantai tiga Lawang Sewu.

Konon juru kunci ada yang bisa memanggil sang ‘penunggu’, lalu muncul dalam sosok bayangan yang menggantung di langit-langit. Hanya saja, tak semua pengunjung mampu melihat penampakan tersebut.

6. Penampakan di Ruang Utama

wisata lawang sewu

Ketika masuk Lawang Sewu Anda akan melewati pintu gerbang besar sebelum menuju ruangan utama. Jika Anda memperhatikan dengan seksama, Anda akan merasakan aura mistis yang menjalar.

Konon, pada tempat itulah sering ada penampakan berupa tangan hitam besar sampai menutupi ruang jendela. Lalu di bagian sudut langit-langit bagian ruang utama, juga ada penampakan sosok mirip pocong berwajah rusak.

Seandainya kamu masih tak percaya, mungkin kamu harus menyempatkan waktu untuk menapakan kaki di Lawang Sewu saat malam hari dan memperhatikan dengan seksama pada area ini.

7. Suara Jeritan Noni Belanda

Konon, pada saat penjajahan banyak wanita Belanda yang diperkosa dan dibantai oleh tentara Jepang. Suara jeritan itu diperkirakan adalah jeritan noni Belanda yang ketakutan tatkala melihat aksi pemerkosaan dan pembantaian yang dilakukan oleh tentara Jepang.

Menurut rumor yang beresar, dahulu pun banyak tentara Belanda yang tewas disembelih oleh tentara Jepang. Sehingga suara jeritan itu kadang disusul jeritan tentara Belanda yang kesakitan.

Akhir Kata

Rangkaian sejarah yang dibumbui dengan kisah mistis tersebut menjadi daya tarik yang membuat wisatawan semakin penasaran dan tergugah untuk membuktikan sendiri rumor – rumor yang beredar tentang penampakan Lawang Sewu tersebut. Bagaimana dengan Anda,? Apakah Anda juga tertarik untuk berkeliling Lawang Sewu malam hari bersama tourguide? Selamat mencoba.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.