Tempat Wisata Semarang Yang Pernah Jadi Lokasi Shooting Film

0 121

Bagi kamu yang pernah menginjakan kaki di Kota Semarang tentunya kamu akan merasakan nuansa sejarahnya dan kekyaan budayanya. Bangunan bersejarah di pusat kota dan Kota Lama yang masih dipertahankan dan diperbaiki mempunyai daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Kota lama

Tak hanya itu, kebudayaan dan akulturasi budaya di Kota Semarang juga menjadi cerminan bahwa kota ini sangat plural dan toleran. Sehingga tidak jarang banyak para produser film memanfaatkan situasi ini untuk dijadikan sebagai setting pengambilan gambar.

Film Yang Shooting Di Tempat Wisata Semarang

Berikut adalah 7 film yang pernah mengambil wisata semarang sebagai lokasi shootingnya:

1. Ayat-Ayat Cinta

Siapa yang tidak tahu film fenomenal yang menceritakan tentang kisah cinta dengan intrik poligami. Film garapan sutradara kondang Hanung Bramantyo ternyata mengambil lokasi di Lawang Sewu.  Cukup banyak sudut-sudut Lawang Sewu yang dijadikan latar dalam film, seperti ruang sidang saat Fahri di tuntut hukuman gantung, kamar rumah sakit dan kamar Maria yang diperankan oleh Carrisa Puteri.

Sehingga tidak heran jika kesuksesan film ini langsung membuat objek wisata Lawang Sewu menjadi semakin terkenal.

2. Tanda Tanya

Satu lagi film garapan Hanung Bramantyo yang mengambil lokasi di Semarang yatu Film Tanda Tanya. Film ini mengambarkan akulturasi budaya di Semarang dengan mengangkat kisah nyata tentang konflik kebudayaan antar etnis, namun diakhiri dengan tingginya semangat toleransi dalam agama dan budaya yang berbeda.

Lokasi yang dipilih sebagai latar setting film ini ialah Kawasan Kota Lama seperti Gereja Blenduk, Kawasan Gedung PT Djakarta Llyod di Jalan Mpu Tantular, Masjid Layur, Pecinan, dan Gereja Katolik Karang Panas di jalan Dr. Wachidin.

3. Soekarno

Film Soekarno menambah daftar film garapan Hanung Bramantyo yang mengambil latar di Semarang dan juga Ambarawa. Film bergenre biografi yang mengangkat kisa kehidupan dari Bapak Proklamator yaitu Soekarno di bintangi oleh Ario Bayu dan Maudy Koesnadi.

Di Semarang, lokasi yang di pilih sebagai lokasi shooting yaitu di Jalan Mpu Tantular, Greja Blenduk (untuk adegan sidang BPUPKI), kawasan Pecinan, Jembatan Mberok dan Klenteng Tay Kak Sie.

4. Dibawah Lindungan Ka’bah

Dibawah Lindungan Kakbah merupakan film religi dengan setting 80-an yang menceritakan tentang kisah cinta yang terhalang perbedaan status ekonomi. Film ini mengambil beberapa scene  di Koata Lama, seperti sepanjang ruas jalan Sri Gunting dan juga Pasar Johar.

5. Sang Kiai

Film biografi yang di buat pada tahun 2012 ini menceritakan tentang kisah pejuang  kemerdekaan sekaligus salah satu pendiri Nahdlatul Ulama yakni Hadratussyaikh K.H. Hasyim Asyari dari Jombang, Jawa Timur. Lagi-lagi Kota Lama menjadi lokasi pengambilan gambar, mulai dari Jembatan Mberok, kemudian sekitar polder Stasiun Tawang dan sepanjang jalan di kawasan Kota Lama.

6. Soegija

Film yang satu ini mengulas habis riwayat hidup dari seorang pemimpin umat Katolik yang berpengaruh di Seamarang yaitu Mgr. Soegijapranata. Hal ini terbukti dengan adanya kampus dan juga jalan yang menggunakan namanya. Film garapan sutradara Garin Nugroho ini mengambil setting di Komplek Gereja Katolik Gedangan Semarang yang juga dijadikan sebagai kediaman Mrg. Soegijapranata.

7. Wage

Satu lagi film Indonesia yang mengambil latar lokasi shooting di Semarang yaitu Film Wage. Film ini termasuk kedalam jenis film biografi dimana mengangkat kisah seorang pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya yaitu Wage Rudofl Supratman. Film ini baru saja akan dirilis pada tanggal 28 Oktober 2017 untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda. Lokasi yang dipilih sebagai latar tempat dari film ini yaitu di Kawasan Kota Lama diantaranya Jalan Kepodang, Taman Garuda dan Oudetrap.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.