Let’s travel together.

Berkunjung Untuk Mengenal 5 Wisata Seni Di Banyumas Jawa Tengah

0 30

Seni Di Banyumas – Seni dan Budaya tidak bisa lepas  dari industri pariwisata khususnya di banyumas jawa tengah, karena kesenian dan kebudayaan merupakan salah satu cara untuk dapat menunjukkan keramahan dan keamanan suatu daerah atau wilayah.

Di sisi lain, seni dan budaya di banyumas juga banyak menampilkan atau menyuguhkan nilai eksotis dari pakaian, musik maupun gerak tarian, oleh karena itu dapat menjadikan daya tarik parawisatawan untuk berwisata seni di banyumas.

Karena banyumas merupakan salah satu daerah di jawa tengah yang sering menampilkan pagelaran seni di beberapa acara verbal maupun non – verbal, tak salah jika banyumas ini disebut dengan daerah yang terkenal akan seni  kebudayaan, dan istimewanya lagi. Konon daerah ini juga sering di jadikan sebagai tempat wisata seni di banyumas nomor satu di jawa tengah.

Sebenarnya seni itu termasuk dalam kategori hiburan semata, contohnya seni yang di tampilkan di banyumas hanyalah salah satu tujuan masyarakat banyumas untuk dapat menghibur warganya sendiri maupun orang asing yang ada di banyumas, dan lebih tepatnya lagi untuk di jadikan sebagai wisata seni di banyumas.

Untuk itu, sekarang yang akan saya bahas di artikel kali ini juga merupakan beberapa seni yang populer di salah satu daerah jawa tengah yaitu banyumas, dan wisata ini juga tidak hanya untuk di kunjungi, tetapi juga dapat mengenali wisata seni di jawa tengah yaitu 5 wisata seni di banyumas.

Seni Ebeg Di Banyumas

Ebeg Di Banyumas merupakan salah satu seni yang sudah tidak lagi nyaring terdengar di daerah banyumas dan sekitarnya, bahkan seni di banyumas ini masih tetap bertahan untuk dapat menghibur warga masyarakat banyumas sendiri dan sekitarnya.

Seni ebeg di banyumas ini terdiri dari satu macam properti yang banyak dikenal orang yaitu salah satunya adalah kuda lumping yang terbuat dari anyaman bambu dan biasanya wisata seni di banyumas ini hanya di tampilkan di acara seperti sedekah bumi, hari kemerdekaan  Negara Indonesia, dan acara khitanan.

Selain menampilkan ebeg biasanya juga di selingi dengan beberapa lantunan musik seperti gamelan, nyanyian sinden dan seorang dukun yang membaca mantra.

Seni Dalang Jemblung Di banyumas

Jemblung adalah dari kata Gemblung yang berarti “gila”. Pertunjukkan seni dalang jemblung di banyumas ini tidak hanya sebagai hiburan, melainkan juga dapat memberikan pesan moral tentang pendidikan dan budi pekerti atau sopan santun terhadap orang yang lebih tua.

Seni di banyumas ini merupakan pertunjukkan seperti drama atau teater yang di iringi oleh alunan musik tradisional dan suara dari vokal yang di iringi musik atau bahkan pemainnya atau lakonnya sendiri juga bisa memainkan suaranya saat berakting di panggung teater.

Dalam bentuk pementasan dalang jemblung di banyumas juga sangat sederhana, yang di lakukan di dalam rumah dengan sekitar  3-5 orang yang duduk mengelilingi meja kecil yang di atasnya ada sebuah kudhi semacam pisau.

Selain itu, yang lebih menariknya lagi adalah memakai pakaian adat jawa tengah seperti blangkon untuk laki-laki dan konde untuk perempuan.

Seni Kenthongan Di banyumas

Seni di banyumas kali ini berupa alat musik yang merupakan alat musik tradisional yaitu berupa kenthongan.

Tak asing lagi lah yaa jika anda mendengar alat musik yang satu ini, apalagi di semua tempat pastinya memiliki alat musik ini seperti di masjid atau mushola untuk peringatan waktu sholat dan pos ronda ketika ada sesuatu yang mengkhawatirkan.

Tetapi selain dijadikan peringatan, di banyumas menjadikan alat musik ini untuk sarana hiburan dan juga tidak hanya kenthongan seperti biasanya, warga banyumas menciptakan beberapa bunyi kentongan yang berbeda-beda jenis dan suaranya.

Kenthongan di banyumas ini biasanya di gunakan saat ada acara besar seperti karnaval peringatan hari-hari nasional dan drumband.

Karena musik bambunya lentur, maka alat musik ini sangat cocok di gunakan untuk mengiringi genre music apapun, termasuk jawa.

Seni Cowongan Di banyumas

Untuk wisata seni di banyumas ini, kaum perempuan harus berhias layaknya seorang putri dengan menggunakan sebuh properti yaitu boneka seperti jalangkung atau ondhel-ondhel dan siwur atau irus.

Seni ini dilakukan untuk meminta hujan turun, dan jika ingin melakukan seni cowongan di banyumas ini ada beberapa syarat yang harus di penuhi, seperti tidak dalam keadaan haid, nifas, atau sedang dalam berhubungan seksual sebagai suami istri.

Biasanya seni cowongan di banyumas ini hanya di lakukan saat musim kemarau saja dengan tujuan untuk meminta hujan turun dalam masa hitungan kalender jawa.

Tak kalah serunya, dalam seni di banyumas ini juga di lantunkan beberapa alat musik yang agak menyeramkan dan beberapa tarian atau jogetan yang di bawakan.

Seni Lengger Di banyumas

Lengger di banyumas layaknya adalah seperti seni yang hanya menampilkan tarian jawa yang diiringi musik saja dan biasanya seni ini di tampilkan di jalanan sebagai penghibur orang yang sedang dalam perjalanan.

Tetapi di sisi lain lengger di banyumas ini memiliki sejarah yaitu dulunya hanya berupa tarian yang tidak memiliki aturan atau ritmik dan hanya sebuah penari yang yang memiliki kreatifitas dan imjinasi yang bebas untuk menari.

Seni di banyumas ini juga sering di jadikan sebagai hiburan orang tua saja misalnya pada saat ada pernikahan, banyak perempuan yang menari di acara tersebut dengan saweran dari laki-laki. Dan tujuannya hanya untuk di jadikan hiburan dan bersenang-senang saja.

Namun, seni lengger juga dapat di jadikan sebagai salah satu untuk wisata seni di banyumas yang sangat meriah dan rame dengan musik-musik jawanya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.