Let’s travel together.

Menikmati Nuansa Keramaian Pasar Gede Solo Jawa Tengah

0 66

Setiap daerah atau kota tentunya memiliki Pusat Perbelanjaan untuk memenuhi kebutuhan Produsen dan Konsumen dan salah satunya adalah “Pasar Gede” yang terkenal akan nuansa keramaiannya di kota Solo Jawa Tengah.

pasar gede solo

Pasar Gede Solo ini di bangun oleh Ir.Thomas Karsten pada tahun 1930 dan di beri nama Pasar Gede Hardjanagara karena terdiri dari atap besar yang dulunya terdiri atas dua bangunan sekarang di pisahkan menjadi Jl.Sudirman dan memili dua lantai dengan dua gerbang yang terlihat seperti singgasana oleh orang Jawa.

 

Pada dasarnya pasar ini merupakan pasar kecil yang memiliki luas tanah sebesar 10.421 Ha di persimpangan Kantor Gubernur yang sekarang di jadikan sebagai Balaikota Surakarta.

Dari segi bangunannya Pasar Gede ini adalah perpaduan dari rumah adat Belanda dan Jawa yang dulunya di ambil alih oleh warga RI untuk di bangun dan di renovasi kembali di wilayah Daerah Istimewa Surakarta yang sekarang di jadikan sebagai Pasar Buah.

Lokasi Pasar Gede tak jauh dari Perkampungan Tionghoa yang bernama Balong yang terletak di Jl.Urip Sumoharjo, Jebres Solo, Jawa Tengah di Kelurahan Sudiroprajan seberang Balaikota Surakarta Jl.Sudirman. bahkan di sebelah pasar ini juga terdapat sebuah klenteng di Jl.Ketandan yang bernama Vihara Avalokitesvara Tien Kok Sie.
Agar lebih banyak pengunjungnya disekeliling Pasar Gede di pasang ribuan beberapa bentuk lampion seperti shio, anjing, dan tokoh- tokoh wayang Jawa yang bernuansa warna merah yang menyala terang benderang agar dapat memiliki daya tarik penduduk dan pengunjungnya.

Dengan adanya lampion – lampion yang tertata tersebut di Pasar Gede ini tidak hanya di gunakan sebagai pusat perbelanjaan, tetapi juga di gunakan sebagai tempat berswafoto khususnya bagi kaum perempuan dan pecinta selfi.
Selain menikmati keindahan di luar tentunnya jangan lupa untuk mencicipi kuliner yang sangat menggiurkan lidah seperti nasi liwet, timlo, pecel, dawet, aneka oseng – oseng krupuk rambak, intip dan masih banyak lagi yang di jajakkan di dalam pasar.

pasar gede solo

Untuk bisa menikmati jajanan di Pasar Gede Solo anda tidak perlu khawatir soal harganya, karena harganya sangat terjangkau layaknya jajan pasar yang ada di pasar tradisional biasanya dan anda juga bisa menikmati beraneka rasa mulai dari asin, manis, asam, pahit hingga yang pedas.
Di pasar ini juga menyediakan berbagai kebutuhan sehari – hari seperti pakaian, sembako, sayuran, buah buahan local maupun impor, hingga kreasi kerajinan tangan sekalipun.

lebih puasnya lagi nih jika anda mengunjungi Pasar Gede ini ketika hari imlek dan kerennya lagi di sepanjang jalan dan area Pasar Gede akan di pasang lebih dari limaribu berbagai bentuk lampion dan gambar yang berbeda – beda dan ini juga merupakan sejumlah event tradisi dan kebudayaan di Solo salah satunya adalah Pagelaran Sudiro.

Leave A Reply

Your email address will not be published.