Let’s travel together.

Menguak Mitos Air Tiga Rasa Di Gunung Muria Kudus

0 184

Air tiga rasa merupakan sumber mata air peninggalan sunan muria yang konon katanya memiliki 3 khasiat berbeda.
Menurut informasi yang saya dapat, 3 manfaat tersebut terdiri dari air pertama berkhasiat menyembuhkan penyakit, air kedua berkhasiat menambah rasa kepercayaan diri sedangkan air ketiga di percaya berkhasiat dalam bidang rizki.
Benar tidaknya hal ini tergantung kepercayaan masing-masing orang,  banyak orang yang percaya tapi tak sedikit pula orang yang menganggapnya sebagai mitos.
Konon katanya air 3 rasa ini merupakan karomah dari salah satu murid Sunan Muria dari Bhagdad yaitu Syaikh Sadzali, letaknya sendiri sangat dekat dengan makam Syaikh Sadzali.

Menurut beberapa pendapat air tiga rasa ini tidak akan ada rasanya jika seseorang yang meminumnya ragu-ragu tetapi bagi yang percaya atau yakin akan merasakan rasa yang berbeda pada tiap tempat. Air pertama akan terasa tawar masam, air kedua akan berasa mirip dengan minuman bersoda, dan air ketiga akan berasa mirip dengan minuman keras.
Selain tiga mata air dengan rasa yang berbeda-beda, anda juga dapat menikmati indahnya pepohonan-pepohonan. Ada juga terdapat fasilitas-fasilitas yang disediakan seperti : kolam air tiga rasa dan toilet. Terdapat banyak pengunjung yang berkerumunan di sendang ke arah jalan simpang yang berada di tempat terbuka tanpa ada penjaganya yang di kelilingi kotak amal besar di sekitar tembok yang terbuat dari susunan Bata Terlanjang.

Dari area sekitar sendang tersebut memang terlihat sederhana, tetapi juga disana terlihat paling banyak airnya dan juga bening dengan keasliannya.
Terdapat banyak pohon yang besar di daerah Air Tiga Rasa Rejenu Kudus yang berumur hampir sekitar seratus tahunan, begitu pula di bagian tengah pohon di selimuti tanaman rimbun yang merambat. Tak lepas juga dari berbagai cerita pohon rimbun yang merambat yang terdapat di “Air Tiga Rasa” masih kuat dan kokoh dan masih terjaga.
Untuk menuju tempat air tiga rasa tersebut harus berjalan sejauh 3 km dari tempat parkir depan Makam Sunan Muria atau jika dari Air Terjun Montel bisa naik kurang lebih 2,5 km.
Jalanannya yang masih berupa bebatuan dan tanah menjadi tantangan tersendiri bagi para pengunjung, jalannya yang bahkan hanya cukup untuk satu motor.
Tetapi saya sarankan jika anda ingin berwisata ke air tiga rasa, tidak pada musim hujan karena jalanannya akan jauh lebih licin di banding biasanya. Dan motor pastinya akan agak sulit untuk masuk ke jalur menuju lokasi. Sebaiknya juga anda menggunakan motor yang cukup kuat untuk masuk ke jalur air tiga rasa sampai ke lokasi karena jalan nya yang cukup menanjak dan banyaknya bebatuan di kanan kiri. Bahkan lubang yang di timbulkan oleh pengendara motor sendiri.
Selain itu jika anda belum terlalu mahir dalam berkendara lebih baik anda berjalan kaki atau membonceng saja karena jalannya memang tidak bersahabat untuk pengendara baru.

Leave A Reply

Your email address will not be published.