Melestarikan Budaya Jawa di Kampung Jawi Semarang

0 9

Kalau kamu rindu akan budaya jawa yang kini telah memudar datanglah ke Kampung Jawi Semarang. Kampung Jawi terletak di Desa Kalilang Lama RT 2 RW 1 Kecamatan Gunungpati Semarang. Kamu akan merasakan budaya jawa yang benar-benar khas. Dimulai sejak pertama kamu memasuki Kampung Jawi, kamu akan disambut oleh wayang raksasa yang dilukis di atas jalan. Sebuah kesenian asli jawa.

kampung jawi semarang

Kalau di Pare ada Kampung Inggris yang membuatmu belajar super kilat Bahasa Inggris maka di Kampung Jawi kamu bisa belajar sedikit tentang kebudayaan Jawa. Mulai dari musik, pertunjukan hingga interaksi masyarakat sekitar. Kamu akan merasakan aroma budaya Jawa yang khas. Karena di era now kebudayaan Jawa sudah semakin terkikis. Bahkan tak sedikit pemuda yang mengenal wayang atau mungkin banyak yang tidak bisa berbahasa Jawa krama inggil.

Nuansa Khas Jawa Begitu Kental

Semakin jauh kaki melangkah kamu bisa menikmati alunan musik khas jawa. Dengan iring-iringan gamelan, tek-tek, karawitan dan jathilan. Tak hanya menikmati kamu juga bisa belajar kesenian musik khas Jawa tersebut. karena alunan musik yang kamu dengarkan sepanjang gang Kampung Jawi berasal dari sanggar-sanggar seni.

Begitu menyenangkan karena telinga dihibur dengan alunan musik Jawa dan mata dimanjakan dengan berbagai lukisan kebudayaan Jawa. Salah satu lukisan mural bertema kebudayaan jawa yang ada di Kampung Jawi adalah ilustrasi melantunkan tembang macapat. Tentu saja masih banyak lukisan mural yang bisa kamu nikmati.

Dulu Desa Kalilang sebelum diresmikan menjadi wisata Kampung Jawi adalah sebuah desa yang rawan longsor. Tapi kini sudah diubah menjadi kampung yang begitu menarik dengan berbagai lukisan mural dengan tema budaya Jawa.

Mengunjungi Kampung Jawi kamu tak hanya bisa menikmati budaya khas Jawa yang menentramkan tapi menyimak pertunjukan-pertunjukan yang digelar di desa tersebut. Tak hanya itu kamu juga bisa melihat keseharian masyarakat sekitar yang njawani tenan.

Kabar baiknya lagi Kampung Jawi selalu mengalabimi peningkatan dalam berbagai hal. Mulai dari infrastruktur penunjang yang terus dibangun. Seperti pengecatan pada paving, penerangan jalan hingga penghijauan wilayah di sekitar Kampung Jawi. Tak hanya itu dari masyarakat setempat juga diberikan pelatihan kesenahian Jawa yang semakin mengembangkan budaya Jawa di Desa Kalilangan

Bagi kamu yang ingin menjadi pembawa acara dengan bahasa Jawa atau pranata acara juga diadakan pelatihan setiap Minggu. Tahu sendiri kan kalau pranata jawa  itu begitu berwibawa dengan suara yang lugas bak pangeran keraton.

Keindahan budaya Jawa tak berhenti sampai pertunjukan dan lingkungan tapi juga adanya parade seni Jawa yang diadakan satu kali dalam setahun.

Setelah berpuas diri mengunjungi ke Kampung Jawi, kamu bisa mengunjungi 32 desa lain yang menjadi bagian dari program kampung tematik. Kamu tidak akan kehabisan ide tujuan berwisata di semarang.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.