Kota Lama Semarang Jadi Lokasi Shooting Film Baru ‘Wage’

0 76

Kota Lama Semarang kembali menjadi latar tempat shooting film. Kota yang dijuluki sebagai Little Netherland ini menarik perhatian Sutradara John De Rantau sebagai lokasi shooting film yang di beri judul “Wage” yang bercerita soal WR Supratman.

Rencananya Film ini akan dirilis pada tanggal 28 Oktober 2017 atau bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda dan juga akan ditayangkan di bioskop secara nasional di 22 kota Indonesia.

Alur Cerita Film Wage

Dengan berlatar belakang bangunan klasik kota lama, film garapan John ini akan menceritakan kisah perjalanan dari Wage Rudofl Supratman sebagai tokoh di balik adanya lagu Indonesia Raya. Sebuah lagu yang dijadikan sebagai lagu kebangsaan negara sekaligus menjadi identitas bangsa Indonesia.

Film bergenre biografi ini melibatkan sederet artis diantaranya Rendra yang disini akan memerankan tokoh WR Supratman serta Tengku Rifnu Wikana dan Annisa Putri Ayudyia yang juga akan mengambil peran dalam film ini.

Selain menjadi saksi bisu sejarah seperti halnya Kota Tua di Jakarta, Kota Lama memang sarat dengan nuansa kolonial. Bangunan kuno serta ornamen khas peninggalan Belanda menjadikan kota lama menjadi destinasi wisata sejarah dan pilihan tepat untuk dijadikan sebagai salah satu lokasi shooting Film “Wage” yang juga sarat dengan kehidupan zaman kolonial.

Lokasi Shooting FilmWage

Film ini akan mengambil beberapa kota untuk dijadikan sebagai latar tempat pengambilan gambar. Pengambilan lokasi shooting pertama kali dilakukan di Kota Lama Semarang pada jumat (21/7/2017), dilanjut ke Magelang, Solo, Yogyakarta, dan kota kelahiran WR Supratman di Kalidadap, Purworejo.

Salah satu alasan mengapa sineas perlu mengangkat kisah WR Supratman ke layar lebar, karena dianggap memiliki kisah yang unik. Selama ini, pahlawan nasional dan musisi legendaris ini hanya dikenal sebagai pencipta lagu Indonesia Raya. Namun, dalam filmnya nanti akan di tampilkan sisi-sisi lain yang tidak banyak diketahui dari WR Supratman.

Sebagai pemeran utama Film Wage, Rendra mengaku perlu melakukan eksplorasi sejarah dan mendalami sosok WR Supratman, termasuk dengan cara mendatangi tempat kelahiran dari WR Supratman di Somongari, Purworejo. Hal tersebut tidak lain bertujuan supaya Rendra dapat memerankan tokoh WR Supratman dengan apik.

Disisi lain, Ketua Badan Pengelolaan Kawasan Kota Lama (BPK2L) Semarang yang juga Wakil Walikota Semarang, Hevearita G Rahayu menyampaikan bahwa pihaknya sangat menyambut baik atas dipilihnya kawasan Kota Lama sebagai lokasi shooting film tentang sejarah “Wage”. Selain itu, ibu Wakil Walikota Semarang juga mengungkapkan bahwa pihak produser telah meminta izin untuk pengambilan film di beberapa lokasi diantaranya Jalan Kepodang, Taman Garuda dan Oudetrap.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.