Candi Cetho Tempat Asyik Buang Penat dari Kota

0 13

Salah satu keunikan dari mengunjungi Candi Cetho adalah kita harus menggunakan kain poleng yang diikatkan di pinggang

Sudah tiga tahun lebih saya tinggal di kota Semarang. Bagi orang desa seperti saya, tinggal di kota bisa mendapatkan banyak pengalaman. Tentu juga pengalaman baru yang tidak terlalu mengasyikkan di kota. Seperti keramaian lalu lintas, bisingnya kota dan sebagainya.

candi cetho

Belum lagi kesibukan kuliah dan tugas-tugasnya yang sangat menumpuk. Agaknya pengalaman saya ini tidak hanya saya saja yang mengalami. Semua penghuni kota pasti pernah merasa penat dengan kesibukan di kota.

Candi Cetho menjadi pilihan yang asyik untuk membuang semua penat yang dibawa dari kota. Pemandangan yang Indah dan suasana yang nyaman siap memanjakan kelima indra kita.

Dengan berwisata menuju candi yang terletak di lereng Gunung Lawu sebelah barat, tepatnya di Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah kita bisa sejenak melupakan kesibukan kuliah, bekerja, dan semua kepenatan di Kota.

Pasalnya, keadaan alam di sekitar candi peninggalan kerajaan Majapahit ini masih sangat terasa begitu segar. Kita bisa melihat hijaunya rerumputan dan juga rindangnya pepohonan. Udara yang berhembus lembut membawa kesegaran bersama dengan dingin khas pegunungan. Sulit menjelaskannya dengan kata-kata, pokoknya langsung dating dan nikmati saja deh sensasinya.

Menikmati Keindahan Kebun Teh

Tak hanya bisa menikmati udara yang segar lagi dingin khas pegunungan. Kita juga akan disuguhkan dengan pemandangan-pemandangan yang indah yang siap memanjakan mata kita. Mungkin penat rasanya mata kita harus membaca berbagai laporan kerja, tugas-tugas kuliah, dan hal lain di kota. Nah, dengan datang ke Candi Cetho, kita bisa menikmati keindahan alam yang sangat luar biasa.

Saya pun begitu terpana ketika melihat pemandangan Kebun Teh Kemuning. Saya tidak rela memejamkan mata meskipun hanya sebentar. Pokoknya harus menikmati keindahan alam itu sebisa mungkin lah.

Sayang sekali kalau dilepaskan kesempatan yang langka itu. Maklum, saya harus menempuh perjalanan sepeda motor berjam-jam dari Semarang untuk ke Candi Cetho. Dan perjalanan itu tidak terasa sia-sia dengan keindahan yang disuguhkan oleh Candi yang terletak di ketinggian 1497 Mdpl itu.

Harus Pake Kain Poleng

Salah satu keunikan dari mengunjungi candi ini adalah kita harus menggunakan kain poleng. Kain poleng itu adalah kain belang hitam-putih yang ditaruh di pinggang. Pernah liat kain catur yang identic dengan Bali? Nah, seperti itulah kain poleng.

Saya sendiri sebenarnya tidak terlalu mengerti dengan mitos yang ada mengenai kain poleng tersebut. Tapi yang pasti, kamu tidak perlu khawatir harus membawa kain poleng dari rumah.

Soalnya, ketika membayar karcis atau tiket masuk, petugas langsung akan memasangkan kain tersebut kepada setiap pengunjung Candi. Lumayan juga sih kainnya buat property foto-foto… hehe…

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.