Let’s travel together.

5 Pasar Tradisional Terbesar Di Jawa Tengah

0 397

Salah satu tempat yang di gunakan untuk kegiatan jual beli barang atau sebagai pusat perbelanjaan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari yang sering kita jumpai dan tidak asing lagi jika di setiap daerah, kota, maupun provinsi dengan adanya Pasar. Untuk artikel kali ini tentunya jelas saya akan menyebutkan beberapa pasar terbesar di jawa tengah dan di jamin puas, aman dan terjangkau untuk berbelanja.

Pasar sendiri merupakan tempat yang di jadikan transaksi jual beli untuk memenuhi kebutuhan masing-masing antara penjual dan pembeli, tidak hanya di gunakan untuk jual beli tetapi juga sebagai hubungan infrasruktur untuk menerima jasa dan tenaga kerja orang dengan imbalan.
Dengan adanya pasar di setiap daerah masyarakat tidak perlu lagi jauh-jauh untuk mencari kebutuhan pokok seperti sembako, pakaian, dan sebagainya di mall atau tempat yang harganya melebihi sesuai tarif untuk kebutuhan bulanannya khususnya bagi ibu rumah tangga.

1. Pasar Gede

pasar gede solo

Pasar Gede merupakan tempat perdagangan yang tidak hanya masyarakat Solo Jawa Tengah sendiri yang mengunjungi tetapi wisatawan asing juga sering kesini untuk menikmati liburannya seperti berkuliner dan berwisata di pasar ini.

Banyak orang mengatakan bahwa Pasar Gede adalah pasar terbesar yang ada di Solo bahkan orang menjadikan Pasar ini sebagai salah satu tempat wisata di Solo karena keramaiannya yang melebihi ramainya di tempat-tempat wisata yang terkenal di Solo.

Meskipun di pasar ini sangat ramai tetapi tidak sedikitpun menjadikan pasar gede ini menjadi sumpek dan tempatnya pun sangat bersih dan barang dagangan seperti sembako, buah-buahan, sayuran, pakaian dan lainnya masih tertata rapi.

Untuk lebih menikmati liburan anda, di sekitar Pasar Gede juga terdapat tempat-tempat wisata dan sejarah yang bisa anda kunjungi seperti masjid agung Surakarta, pusat grosir solo, museum batik solo, berbagai masakan kuliner khas yang ada di solo yang bisa di jadikan sebagai oleh-oleh liburan di solo.

2.Pasar klewer

pasar klewer

Selain Pasar Gede Solo masih ada pasar yang terkenal dan sering di kunjungi banyak orang khususnya bagi masyarakat Solo sendiri dan ini juga merupakan pasar terbesar kedua yang sering di kunjungi banyak orang.

Yaa, pasar klewer namanya. Memang terlihat agak unik nama pasar ini tetapi di balik adanya pasar klewer terdapat kisah yang menarik sebelum adanya Pasar ini karena dulunya di tempat ini merupakan tempat yang di jadikan pemberhentian kereta api yang di gunakan masyarakat untuk perdagangan pada masa penjajahan jepang.Pasar Klewer sendiri juga terkenal sebagai salah satu tempat untuk pusat grosir pakaian dan batik, oleh sebab itu dari nama klewer sendiri juga merupakan bahasa jawanya dari berantakan karena banyaknya kain-kain batik yang kelihatan berantakan dan tidak tertata rapi di Pasar Klewer.

Selain itu anda juga tak perlu lagi mengeluarkan uang banyak-banyak jika berkunjung ke pasar klewer karena pasar ini juga terkenal akan harganya yang murah dan kualitasnya juga terjamin.

3.Pasar kliwon

pasar kliwon kudus

Pusat perbelanjaan yang terbesar satu ini berada di Kudus Jawa Tengah yaitu Pasar Kliwon tidak kalah besar di bandingkan di Pasar Klewer Solo karena Pasar Kliwon Kudus juga merupakan satu di antara dari pusat grosir pakaian yang ada di jawa tengah sangat terkenal dan ramai.

Pasar kliwon adalah salah satu pasar terbesar di Kudus Jawa Tengah yang sangat banyak pengunjungnya entah itu dari masyarakat Kudus sendiri maupun dari luar daerah dan provinsi.

Jika di lihat dari tempatnya, Pasar Kliwon terbilang sangat bersih dan juga ada beberapa fasilitas seperti eskalator untuk masuk ke pasar ini. Dan banyak pengunjung yang merasa nyaman ketika berbelanja disini sehingga tidak di perbolehkan adanya pedagang kaki lima yang berjualan di dekat pintu.

4.Pasar Johar

Tidah hanya pantai, pegunungan, waduk, air terjun yang di jadikan sebagai tempat wisata bahkan banyak orang yang menjadikan pasar sebagai tempat wisata yang sangat ramai di kunjungi khususnya pasar yang satu ini yaitu Pasar Johar terbesar Di Semarang Jawa Tengah.

Dari bangunan Pasar Johar sendiri memiliki keunikan tersendiri salah satunya adalah di bagan atapnya yang berbentuk mirip seperti cendawan yang di jadikan sebagai ventilasi udara untuk menghemat energi dan mencegah hawa panas dari matahari.

Oleh karena itu dari bangunan arsitektur yang cukup unik dapat menjadikan pasar ini menjadi ramai dan sebagai pasar terbesar dan tercantik di Semarang.

5.Pasar Bulu

Selain Pasar Johar yang terbesar di semarang, tidak kalah lagi dengan Pasar Bulu yang terkenal akan keramaian wisatawan yang ingin mencoba mencicipi kuliner di semarang.

Pasar Bulu merupakan salah satu pasar di Semarang Jawa Tengah yang tidak hanya menjual berbagai sembako, sayuran, pakaian dan aksesoris.

Melainkan dengan adanya Pasar Bulu ini masyarakat menjadikn pasar ini sebagai cara untuk melestarikan berbagai khas kuliner dan oleh-oleh khas Semarang.

Para wisatawan pun bisa langsung bersinggah di Pasar Bulu untuk dapat merasakan langsung makanan khas tradisional di pasar ini dan dapat menjadikan sekaligus sebagai pasar tradisional tempat untuk nongkrong dan bersenda gurau.

Leave A Reply

Your email address will not be published.