Let’s travel together.

3 Masjid Bersejarah Di Jawa Tengah

0 203

Jawa Tengah merupakan salah satu daerah di Indonesia dengan jumlah umat muslim terbanyak. Hal itu juga tak luput dari peran para wali yang meyebarkan islam di tanah Jawa. Salah satu bukti penyebaran agama di berbagai daerah di tanah Jawa adalah berdirinya sebuah Masjid di Jawa Tengah yang telah berumur ratusan tahun.

masjid bersejarahMasjid-masjid yang telah di bangun para wali itu juga tidak luput dari sejarah berdirinya, untuk membangun sebuah masjid pada zaman para wali tidak semudah pada zaman sekarang, para wali harus berhadapan langsung dengan masyarakat Jawa yang mayoritasnya beragama hindu budha.
Namun karena keteguhan hati para wali mereka pun mampu mendirikan beberapa bangunan Masjid bersejarah di Jawa Tengah. Bahkan Masjid itu masih berdiri kokoh hingga sekarang, dan tak jarang masjid-masjid tersebut sering di jadikan objek wisata religi, para pengunjung yang datang mayoritas penasaran akan keunikan bentuk bangunan
Nah, di artikel saya kali ini akan membahas mengenai beberapa Masjid bersejarah yang ada di Jawa Tengah.

Masjid Agung Semarang

masjid agung semarang

Masjid Agung semarang merupakan sebuah Masjid terbesar yang ada di Semarang, Masjid Agung Semarang atau sering di sebut Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) adalah salah satu Masjid bersejarah yang ada di Semarang.
Masjid Agung Semarang adalah salah satu landmark yang ada di kota Semarang. Salah satu yang menjadi ikon Masjid Agung Semarang merupakan keberadaan Payung Ikonik. Payung Ikonik yang berada di Masjid Agung Semarang terinspirasi dari bangunan Masjid Nabawi di Arab.

Sejarah Masjid Agung Semarang sendiri cukup unik untuk di pelajari, selain sejarah pembangunanya sejarah arsitekturnya juga cukup unik. Desain Masjid Agung Semrang sendiri merupakan karya dari arsitek PT. Atleir Enam Jakarta yaitu Ir. H. Ahmad Fanani yang memadukan unsur dari tiga Negara yaitu Jawa, Arab, Romawi. Ir. H. Ahmad Fanani merupakan arsitek yang memenangkan sayembara pembuatan desain Masjid Agung Jawa Tengah pada tahun 2001 lalu.
Setiap detail bangunan di Masjid Agung Semarang mengandung arti tersendiri, seperti enam Payung Ikonik di Masjid Agung Semarang yang mengandung arti rukun islam dan masih banyak lagi.

Masjid Menara Kudus

masjid bersejarah

Masjid Menara Kudus adalah salah satu peninggalan Sunan Kudus yang masih ada sampai sekarang. Jadi dapat di bayangkan berapa usia dari Masjid Menara Kudus. Masjid menara kudus juga merupakan salah satu masjid tertua di pulau Jawa. Bahkan bangunan dari Masjid Menara Kudus juga terlihat sangat kuno.
Bangunanya juga cukup unik yaitu terdapat menara di depan Masjid yang justru bentuknya menyerupai candi peninggala Hindu-Budha, hal ini justru membuktikan bahwa adanya akulturasi anatara agama Hindu-Budha dan Islam.
Masjid Menara Kudus merupakan salah satu masjid bersejarah yang ada di Jawa Tengah, hal ini dapat di lihat dari kisah Walisongo terutama Sunan Kudus Sebagai pendirinya. Sejarah berdirinya Masjid Menara Kudus merupakan salah satu bentuk dakwah Sunan Kudus dengan memadukan Budaya Islam dan Hindu-Budha sehingga dapat memiliki sejarah yang cukup menarik.

Masjid Jami’ Kajen

masjid kajen

 

Ngomong-ngomong tentang Masjid bersejarah di Jawa Tengah rasanya Masjid Jami’ Kajen merupakan salah satu Masjid yang memiliki banyak sejarah. Meskipun belum banyak orang yang mengenal Masjid Jami’ Kajen akan tetapi Masjid jami’ kajen telah memiliki tempat tersendiri di hati para pengunjung.
Masjid Jami’ kajen merupakan Masjid yang di Bangun oleh Syekh Ahamad Mutamakkin dan usianya juga sudah berabad-abad. Walaupun usianya yang telah berabad-abad namun ke aslian dari bangunan masih tetap terjaga, Masjid Jami’ Kajen juga sempat mengalami beberapa kali renovasi namun tetap memperhatikan keaslian dari bangunannya. Hal ini di karenakan bangunan tersebut masih layak untuk di gunakan.
Di Masjid Jami’ juga terdapat sebuah keran yang menggantung sehingga sangat unik, selain itu terdapat beberapa pohon di halaman Masjid, salah satunya pohon kurma. Bangunan Masjid Juga cukup unik yaitu memadukan ukiran dengan kaligrafi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.