Let’s travel together.

8 Tempat Wisata Jawa Tengah Paling Sering Dikunjungi Wisatawan

0 48

Jawa Tengah memang memiliki ratusan bahkan ribuan tempat wisata yang unik, mainstream, bahkan sangat disarankan untuk sekedar cuci mata dan menghapus penak. Kali ini kita akan memberikan beberapa referensi tempat-tempat wisata Jawa Tengah yang ciamik abis dan recommended buat dikunjungi. Apa saja tempat wisata itu? Langsung aja kita bahas satu persatu.

1. Lawang Sewu Semarang

Siapa sih yang gak tau tempat wisata yang satu ini? Pasti dari kalian sudah banyak yang tau bahkan banyak yang pernah mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Lawang Sewu atau dalam bahasa Indonesia yang memiliki makna Pintu Seribu ini merupakan salah satu tempat bersejarah di Indonesia yang terletak di Kota Semarang . Gedung ini dulunya merupakan kantor Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS .

Lawang sewu juga merupakan gedung ter-angker kedua di Asia. Banyak orang yang tak tau bahwa bangunan ini bisa dikatakan penjara paling kejam pada masa pemerintahan Jepang dan di halaman gedung terdapat sumur tua yang konon sering terdengar suara teriakan, kesakitan, ketakutan dari dalam sumur.

2. Goa Kreo

Tempat wisata yang satu ini memang lagi dicari-cari oleh wisatawan, tak hanya dari semarang bahkan banyak wisatawan luar kota yang berkunjung. Selain menyajikan pemandangan waduk Jatibarang yang dipenuhi oleh ribuan kera, wisata ini juga memiliki banyak spot foto unik yang memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Mungkin tempat wisata ini bisa dikatakan sukses dalam meyedot perhatian wisatawan, seperti spot foto di atas awan, spot foto balon udara, spot foto sakura, bahkan spot foto salju yang tak pernah sepi pengunjung.

3. Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan candi paling terkenal di Indonesia dan tak perah sepi oleh pengunjung . Terletak di Magelang, Jawa Tengah dan berada sekitar 160 km dari Kota Semarang. Candi ini merupakan candi peninggalan agama Buddha pada abad ke – 8 masehi dimasa pemerintahan Wangsa Syailendra.

Borobudur merupakan kuil Buddha terbesar di dunia yang terdiri dari 6 teras berbentuk bujur sangkar yang diatasnya terdapat 3 pelataran melingkar, dengan dinding berhias 2.672 panel relief dan terdapat 504 arca Buddha. Dan stupa terbesar berada di tengah bangunan yang di kelilingi 72 stupa berlubang yang di dalamnya terdapat arca Buddha duduk bersila dalam posisi teratai sempurna.

4. Pulau Karimun Jawa

Nah, pulau yang satu ini pasti merupakan salah satu destinasi wisata Jawa Tengah yang kalian idam-idamkan pastinya! . Ya memang tak salah jika kalian merencanakan untuk berlibur dan plesiran di pulau yang satu ini. Pulau yang sangat eksotik dan mampu memukau mata layaknya pulau dewata ini hanya di bandrol dengan harga sekitar Rp. 450. 000 per 2H1M (2 hari 1 malam) kalian bisa memilih-milih jasa trevelling yang sesuai dengan kantong kalian nih.

Banyak juga jasa travel yang menyediakan berbagai paket travelling ke Karimun Jawa dengan harga yang jauh lebih murah dari pulau-pulau besar di Indonesia. Tapi jangan salah , karimun Jawa juga memiliki keindahan yang tiada duanya loh.
Di Karimun Jawa terdapat banyak pulau-pulau kecil seperti pulau Menjangan, pulau Geleyang, pulau Cemara dan masih ada beberapa pulau lainnya. Karimun Jawa juga memiliki spot diving dan snorkelling yang dapat memuaskan mata. Dengan ekosistem yang masih terjaga kamu gak akan menyesal mengunjungi pulau yang satu ini dengan budget yang lebih irit dibanding pulau-pulau lainnya.

5. Dieng

Memang tak ada habisnya jika membahas tentang keindahan alam dari dataran tinggi yang satu ini . Dieng terletak di antara Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing dan merupakan salah satu kawasan vulkanik aktif di Jawa Tengah. Seperti keindahan alam Dieng Plateau dan Dieng Sikunir ada pula telaga warna dan masih banyak lagi tempat-tempat wisata yang dapat dikunjungi di Dieng.

Buat kalian yang ingin berkunjung, ada banyak jasa trevel yang menyediakan tour ke Dieng dengan bermacam variasi harga.

6. Pantai Menganti

Memang banyak yang belum tahu tentang pantai yang satu ini. Banyak orang yang mengatakan bahwa Pantai Menganti merupakan surga nya Jawa Tengah, udah bisa bayangin kan gimana indahnya wisata alam yang satu ini.

Pantai Menganti Terletak di Kebumen, Jawa Tengah.Memang pantai ini berada di balik perbukitan yang memiliki jalur ekstrime saat akan menuju pantai, tapi semua lelah perjalanan akan terbayar dan tak terasa jika kalian sudah melihat ke eksotisan surga tersembunyi yang satu ini. Dan yang membuat pantai ini sangat terkenal adalah spot foto dan angel foto yang selalu membuat foto mu bagus pastinya.

7. Kota Lama Semarang

Pasti gak asing lagi dengan wisata yang satu ini kan guys!. Kota lama merupakan salah satu peninggalan Belanda dengan bangunan yang mengikuti model bangunan Eropa pada tahun 1700 an . Kota lama dulunya merupakan kawasan pusat perdagangan pada abad 19-20 an.

Nah, yang paling seru saat kalian mengunjungi kota yang satu ini adalah kalian akan terbawa suasana dan seperti kembali ke masa lampu saat masih dalam penjajahan kolonial Belanda.

8. Grojogan Sewu

Air terjun Grojogan Sewu terletak di Tawangmangu, Jawa Tengah yang berada di lereng Gunung Lawu. Grojokan Sewu bisa diartikan Air Terjun Seribu. Yang dimaksud seribu adalah tinggi nya air terjun yang sepanjang seribu pecak atau seribu telapak kaki orang dewasa.

Ada beberapa air terjun dan yang tertinggi 81 km tetapi ada juga beberapa air terjun yang tidak terlalu tinggi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.