Let’s travel together.

3 Kebun Binatang Di Jawa Tengah Menjadi Edukasi Belajar Sekaligus Wisata

0 48

Selain menjadi tempat wisata, Kebun Binatang di Jawa Tengah juga di jadikan sebagai edukasi belajar mengenal berbagai macam binatang oleh wistawan yang berlibur bersama keluarga mereka, terutama anak-anak kecil.

Selain mengisi waktu luang, berlibur ke Kebun Binatang juga memiliki banyak sekali manfaat, yaitu dapat berlibur sambil belajar, mengenal macam-macam binatang, menumbuhkan rasa cinta terhadap sesama makhluk hidup. Bahkan di daerah-daerah perdesaan seperti Jawa Tengah juga memiliki beberapa Kebun Binatang. Jadi untuk yang tempat tinggalnya jauh dari kota maka Kebun Binatang di Jawa Tengah bisa menjadi solusi untuk berlibur.

Meskipun tak terdapat banyak Kebun Binatang di Jawa Tengah juga memiliki beberapa Kebun Binatang yang dapat di jadikan sebagai tujuan wisata. Tak kalah dari Kebun Binatang di kota-kota besar, Kebun Binatang di Jawa Tengah juga memiliki berbagai macam fasilitas yang dapat membuat pengunjung nyaman.

Berikut ini 4 Kebun Binatang Di Jawa Tengah yang Menjadi Edukasi Belajar Sekaligus Wisata Bagi Anak-Anak.

Taman Kaloka Widya Mandala Baturaden Banyumas

kebun binatang

Taman Kaloka Widya Mandala ini bukan satu-satunya kebun binatang di Jawa Tengah yang menjadi tempat wisata sekaligus edukasi belajar bagi pegunjung terutama anak-anak. Taman Kaloka Widya Mandala sebenarnya adalah Kebun Binatang mini dengan perpaduan edukasi  sehingga sangat cocok untuk edukasi belajar dan mengenal berbagai binatang di sini.

Selain itu tempat ini juga memiliki berbagai hewan unik dan langka, karena sebagian besar hewan-hewanya di datangkan dari luar derah bahkan luar negeri. Namun ada beberapa yang di ambil dari dalam negeri meskipun tidak di datangkan asli dari Jawa Tengah misalnya Harimau Sumatra, Buaya Irian dan Orang Utan Kalimantan.

Jika ingin berkunjung ke Taman Kaloka Widya Mandala ini berlokasi di Desa Ketengger Kecamatan Baturadden Kabupaten Banyumas Jawa Tengah dan untuk tiket masuknya wisatawan hanya perlu membayar sebesar Rp. 2500,- per orang. Tapi, untuk biaya akomodasi lain seperti parkir belum termasuk tiket masuk, jadi akan lebih baik untuk berjaga-jaga wisatawan memebawa uang lebih. Hal ini karena tarif masuk bisa berubah sewaktu-waktu.

Kebun Binatang Margasatwa Semarang

Kebun Binatang Margasatwa Semarang atau yang lebih di kenal Bonbin Semarang adalah salah satu Kebun Binatang di Jawa Tengah yang sering di jadikan edukasi belajar sekaligus berwisata. Tak heran karena Bonbin Semarang memiliki satwa yang cukup lengkap, bahkan beberapa hewan di Kebun Binatang ini ada yang di biarkan di alam bebas seperti habitatnya. Meskipun tak semua hewan, karena banyak hewan buas yang di lindungi.

Tapi, jangan khawatir wisatawan tetap bisa melihat hewan-hewan itu melelui luar kandangnya, namun jangan terlalu dekat karena dapat mempengaruhi insting hewan yang menyebakanya buas.  Di Kebun Binatang Margastwa ini juga memiliki banyak fasilitas, mulai dari kreta mini, becak air, naik gajah dan bahkan prahu untuk menyusuri danau buatan yang tersedia di sana, sambil ditemani beberapa burung pelican yang berenang di danau buatan tersebut.

Selain itu juga ada beberapa fasiitas lain seperti arena mainan anak, museum pesawat, waterboom dan juga kolam keceh. Untk dapat masuk ke Kebun Binatang seluas 9 hektar ini wisatawan hanya perlu membyar tiket masuk sebesar Rp. 7500,- setiap orang. Dan sebaiknya jika berkunjung tidak pada hari minggu karena pada hari minggu tempat ini bisa naik 10 kali lipat dari hari biasa.

Kebun Binatang Jurug

Kebun Binatang di Jawa Tengah yang satu ini memiliki keistimewaan tersendiri, karena sekarang Kebun Binatang ini tak hanya di buka pada siang hari melainkan juga di buka untuk malam hari sampai pukul 20.00 wib. Hal ini di karenakan Kebun Binatang Jurug ini telah membuka taman lampion.

Selain itu Kebun Binatang jurug ini juga sangat cocok di jadikan sebagai tempat edukasi belajar anak-anak untuk mengenal spesies hewan yang ada, sebab di tempat ini telah di sediakan banyak fasilitas yang dapat di gunakan untuk menambah wawasan anak-anak serta Mahasiswa.

Beberapa fasilitas yang ada di Kebun Binatang Jurug juga terbilang lengkap, diantaranya adalah adanya koleksi flora&fauna, tempat bermain anak, masjid bahkan kreta mini. Di Kebun Binatang Jurug juga sering terdapat pertunjukkan musik, pementasan reog dan festiva Gethek. Dan untuk tarif masuknya sendiri cukup terjangkau yakni cukup membayar Rp. 6000,- saat weekday dan Rp. 7000,- saat weekend.

Berbicra tentang Kebun Binatang memanglah sangat bagus di gunakan sebagai edukasi belajar yang menyenangkan bagi  anak-anak, karena mereka dapat mngekspos secara langsung bentuk dan tempat tinggal binatang. Dan banyaknya area permainan yang di sediakan membuat anak-anak tidak mudah bosan. Di tambah jika dapat berintraksi langsung justru akan menambah daya ingat anak terhadap spesies hewan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.