Let’s travel together.

26 Daftar Wisata Di Kendal Yang Terkenal & Wajib Di Kunjungi Saat Liburan

0 31

Wisata di Kendal –  kabupaten ini memiliki beragam banyak wisata alam yang dikenal banyak orang termasuk daerah Kendal sendiri dan sekitarnya. Dan sekarang ini Kendal juga di juluki sebagai salah satu daerah di provinsi Jawa Tengah yang terkenal akan beberapa destinasi wisata  yang wajib di kunjungi oleh para wisatawan.

Nah, sebentar lagi kan memasuki waktu liburan nih. Tenang saja sobat, di artikel ini saya akan membahas salah satu wisata di daerah jawa tengah yaitu wisata  terkenal di Kendal dan sekitarnya

1. Kebun Teh Medini

wisata di kendal

Wisata terkenal di Kendal-Untuk liburan yang pertama cocok sekali kalau berkunjung ke wisata  terkenal di Kendal yang satu ini yaitu kebun teh medini. Lokasinya berada di pegunungan ungaran utara yang berbatasan dengan kota semarang. Di sepanjang perjalanan untuk menuju tempat akan disuguhkan beberapa pemandangan hijau yang berupa tanaman kopi yang asri dan sayang kalau di lewatkan. Dan wisata kebun teh medini sendiri juga memiliki udara yang sangat dingin, oleh karena itu jangan lupa membawa jaket tebal untuk mencegah kedinginan.

2. Danau Banaran

wisata di kendal

Wisata terkenal di Kendal-Lokasinya berada di Jl.Ngargosari, Kendal Jawa Tengah yang memiliki danau hijau kebiruan dengan perpaduan pepohonan hijau di sekeliling danau banaran. Disini juga banyak disajikan pemandangan alam dan pepohonan hijau seperti yang ada di kartun teletubies, dan rute perjalanan untuk menuju lokasi danau banaran juga amat menakutkan dan melelahkan, tetapi disamping itu juga ada suasana kesejukan perbukitan perkebunan teh dengan pemandangan gunung prau. Danau banaran ini juga merupakan wisata di Kendal yang wajib di kunjungi sebagai liburan.

3. Bukit Bligo

wisata di kendal

Wisata terkenal di Kendal-Untuk menuju ke wisata di Kendal ini juga tidak mudah, Karena harus melewati jalur dengan kemiringan 80 derajat. Dan pendakiannya juga sangat ekstrim, tapi jangan khawatir. Disana juga sudah disediakan peralatan untuk mendaki seperti tangga besi dan tali. Untuk tarif masuk ke bukit bligo juga terjangkau cuma 5000 rupiah saja. Itu pun disana juga sudah disediakan beberapa fasilitas seperti warung aneka makanan dan minuman, toilet dan tempat ibadah. Tetapi sayangnya disana belum ada tempat untuk penginapan.

 4. Pantai Cahaya

wisata di kendal

Wisata terkenal di Kendal-Nah, untuk wisata terkenal di kendal yang satu ini juga wajib banget untuk di kunjungi lho. Karena anda bisa bersenang-senang sepuasnya dengan beberapa fasilitas yang disediakan di pantai cahaya ini. Fasilitasnya juga berupa wahana bermain anak, pentas lumba-lumba, mini zoo dan masih banyak lagi pokonya. Di pantai cahaya anda juga dapat menikmati pemandangan alam yaitu sunrise dan sunsetnya di pagi dan sore harinya.

5. Curug Sewu

wisata di kendal

Wisata terkenal di Kendal-Curug sewu terletak di Desa Curug Sewu, Patean, Kendal Jawa Tengah yan jaraknya sekitar 40 km dari Kabupaten Kendal. Curug ini juga merupakan salah satu alternative sebagai wisata  terkenal di Kendal yang wajib dikunjungi untu liburan. Menariknya lagi di curug sewu terdapat pelangi yang menyorot ke arah air yang mengalir dan juga beberapa fasilitas yang disediakan  seperti wahana anak, roller coaster , tempat penginapan dan kebun binatang.

6. Gunung Prau

wisata di kendal

Wisata terkenal di Kendal-Gunung prau ini merupakan gunung yang letaknya di dataran tinggi gunung dieng yang berbatasan antara kabupaten Kendal dan kabupaten wonosobo dan gunung ini juga termasuk salah satu destinasi obyek wisata terkenal di Kendal yang patut dikunjungi untuk berkemah. Untuk menuju ke lokasi ini juga cukup sulit, karena jalannya juga mulai rusak dan banyak debu ketika musim kemarau. Di samping perjalanan tadi, anda akan disuguhkan beberapa pemandangan pohon pinus di sekeliling jalan oleh karena itu juga dapat dijadikan pengobat lelah dan juga dapat berfoto-foto sesuka hati.

7. Gua Kiskenda

wisata di kendal

Wisata terkenal di Kendal ini juga wajib di kunjungi lho. Karena Gua Kiskenda ini memilliki banyak sejarah dan sangat legendaris. Banyak lorong-lorong indah yang terdapat di gua kiskenda tersebut dan ornament dari tetesan air yang turun kebawah yang usianya berpuluhan tahun. Gua Kiskenda juga memiliki keistimewaan, yaitu berupa pemandangan alam hutan dengan keanekaragaman flora dan fauna, dan menariknya lagi yaitu terdapat lutung yang berwarna hitam disetiap tempat.

8. Pantai Sendang Sikucing

wisata di kendal

Wisata terkenal di Kendal-Tempat wisata Pantai Sendang Sikucing terkenal ramai dan banyak pengunjung asing maupun lokal, dan memiliki pesona keindahan yang sangat menarik dan tidak ada duanya, lokasi tempat wisata terkenal di kendal ini berada di Rowosari, Kendal Jawa Tengah. Pantai sendang sikucing ini sangat cocok di gunakan sebagai tempat wisata nomor satu di jawa tengah untuk menghabiskan liburan panjang anda, karena banyak suguhan yang tidak bisa di lupakan di tempat wisata ini.

9. Kali Bladon

wisata di kendal

Wisata terkenal di Kendal-Lokasinya berada di Desa Krayapan, Bangson Kabupaten Kendal. Untuk tarif masuk ke kali bladon sangat murah, hanya 2000 rupiah dan biaya parkir 3000 rupiah. Ada barisan poson yang begitu menakjubakan di sekeliling kali bladon ini. Dan disini anda juga dapat menikmati fasilitas yang di dan beberapa spot foto yang disediakan, juga ada kekuatan media menjadikan tempat ini luar bisa dan punya nilai tersendiri.

10. Air Terjun Curug Klenting Kuning

wisata di kendal

Wisata  terkenal di Kendalcurug klenting kuning  adalah salah satu wisata terkenal di Kendal, hal ini dikarenakan keindahan yang ada di curug klenting kuning mampu menghipnotis para wisatawan yang berkunjung . Dinamakan curug klenting kuning karena dinding pada curug tersebut bewarna kuning kecoklatan dan hal tersebut membuat air yang jernih terlihat seperti kuning kehijauan. Namun hal itu justru yang membuat curug klenting kuning ini menarik.

11. Curug Semawur

wisata di kendal

Wisata terkenal di KendalCurug semawur merupakan curug yang memiliki 8 tingkatan dan air yang masih jernih. Dan setiap tingkatan memiliki perbedaan ketinggian air sebesar 25 cm. Dan menariknya air di curug semawur ini tidak pernah kering meskipun musim kemarau. Jadi wisatawan dapat berkunjung saat musim apa saja ke curug semawur.

12. Sekartama Waterland

wisata di kendal

Wisata terkenal di Kendalsekartama waterland merupakan salah satu obyek wisata buatan yang terkenal di Kendal. Sekartama waterland ini sudah berdiri sejak tahun 2012 dan memiliki  banyak wahana air yang dapat digunakan. Wahana yang tersedia di sekartama waterland ini juga bermacam-macam mulai dari papan selancar, pancuran air, ember tumpah, papan seluncur anak berbentuk jamur,dan masih banyak wahana air lain. Jadi sekartama waterland ini cocok digunakan untuk tujuan liburan bersama keluarga.

13. Tubing Genting

wisata di kendal

Wisata terkenal di KendalTubing genting salah satu wisata alam di Kendal yang cukup banyak peminatnya karena di tubing genting ini terdapat sungai yang arusnya cocok digunakan sebagai lokasi arum jeram. Namun selain itu dikanan kiri sungai terdapat batu-batu yang tersusun rapi berbentuk simeris, bahkan sekilas batu yang terletak disepanjang 200 cm sungai tersebut terlihat seperti banteng yang kokoh.

14. Curug Jeglong

wisata di kendal

Wisata terkenal di KendalCurug jeglong merupakan curug yang memiliki 5 air terjun bertingkat dan memiliki 4 telaga atau kedung. Namun curug yang memiliki pesona keindahan yang alami ini baru ditemukan sejak tiga tahun lalu oleh mahasiswa yang sedang melakukan KKN. Menurut salah satu penduduk, mahasiswa yang melakukan KKN sedang berjalan-jalan di kampung sebelah curug jeglong lalu salah satu dari mereka tanpa sengaja nengok ke arah timur dan tak di sangka mahasiswa tersebut justru mendapati pemandangan yang sangat indah dari yang tak lain adalah curug jeglong tersebut.

15. Promas Greenland

wisata di kendal

Wisata terkenal di KendalPromas Greenland merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat cocok untuk menghindar dari kebisingan dan hiruk pikuk kota, selain itu di promas greenland juga tersedia berbagai fasilitas kolam renang air panas, cafeteria, kolam renang anak dan dewasa, camping ground, tempat bermain anak,  arena outbound, kebun binatang mini dan masih banyak lagi. Jadi promas Greenland ini merupakan destinasi wisata dengan paket lengkap.

16. Candi Tugu

wisata di kendal

Wisata terkenal di Kendalcandi tugu merupakan salah satu wisata sejarah yang ada di Kendal, namun sebenarnya candi tugu ini merupakan batu yang mirip dengan tugu, tapi karena teksturnya menyerupai stupa candi maka sebagian besar orang menyebutnya dengan candi tugu. Dan menurut masyarakat setempat lokasi batu tugu itu dulunya merupakan dermaga dan batu tugunya itu dijadikan sebagai pengikat kapal-kapal yang berlabuh. Dan pendapat tersebut dikuatkan dengan ditemukanya jangkar kapal di era 70 an dilokasi batu tugu tersebut.

17. Kedung Pengilon

wisata di kendal

Wisata terkenal di Kendalkedung pengilon sudah ada sejak masa penjajahan Belanda,  ini sebenarnya tempat penampungan air namun karena terdapat banyak spot foto menarik maka tempat ini dibuka sebagai salah satu tempat destinasi wisata. Salah satu yang menarik untuk foto adalah jembatan tua yang di buat ada masa Belanda yang dicat warna-warni dan air terjun yang ada dibawah jembatan dengan ketinggian yang mencapai 10 meter dan panjang 50 meter. Air terjun yang di juluki Negara Mini itu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan sehingga tak heran jika banyak wisatawan yang berdatangan ke kedung pengilon.

18. Mangrove Tapak

wisata di kendal

Wisata terkenal di Kendalmangrove tapak sebenarnya bukan destinasi tempat wisata melainkan upaya yang dilakukan masyarakat untuk mengatasi lahan yang rusak akibat abrasi, salinitas, pencemaran oleh limbah industri yang menyebabkan banjir dan pencemaran sungai tapak. Namun karena lambat laun pohon mangrove bertambah besar membuatnya terlihat menawan sehingga dapat menarik perhatian orang untuk berfoto di mangrove tapak.

19. Pulau Tiban

wisata di kendal

Wisata terkenal di Kendal-jika ingin melihat fenomena pulau tiban ini sebaiknya wisatawan datang pada waktu musim angin barat karena pada waktu angin timur maka fenomena pulau tiban ini akan hilang. Pulau tiban sendiri sebenarnaya gundukan yang muncul saat musim angin barat, dan karena arena gundukan tersebut ditumbuhi oleh rumput dan pohon cemara maka akan terlihat seperti bukit.

20. Taman Garuda

wisata di kendal

Wisata terkenal di KendalTaman Garuda terletak di dekat alun-alun yang sengaja dibuat oleh masyarakat untuk dijadikan sebagai tempat rekreasi atau bermain anak-anak agar lebih nyaman. Taman Garuda ini memiliki fungsi sebagai paru-paru kota untuk tempat resapan air dan sekitar taman juga terdapat berbagai jenis pohon yang luas tempatnya sekitar 340 meter.

21. Taman Hutan Klorofil

wisata di kendal

Wisata terkenal di Kendal-Terdapat banyak tumbuhan yang dijaga kelestariannya di taman hutan klorofil ini yang berupa tanaman bunga seperti cemara, flamboyan, kamboja dan banyak yang berwarna-warni lainnya. Wisata terkenal di Kendal ini juga memiliki fasilitas yang disediakan yaitu gazebo, tempat bermain anak dan tempat untuk berfoto-foto.

 22. Wisata Citro Arum

wisata di kendal

Wisata terkenal di Kendal ini adalah curug citro arum yang berada di desa pakis di dekat lereng gunung ungaran dan merupakan salah satu curug di desa pakis yang sangat mempesona dan ramai pengunjungnya. Airnya sangat jernih dan suara gemerciknya sangat tenang dan syahdu. Tetapi juga perlu hati-hati juga, karena di curug citro arum ini juga terdapat bebatuan yang licin ketika diinjak.

23. Curug Jurang

wisata di kendal

Wisata terkenal di Kendalcurug jurang salah satu tempat wisata di Kendal yang masih belum dikenal banyak orang atau dalam kata lain masih tersembunyi. Namun siapa sangka curug yang tersembunyi ini justru memiliki pesona keindahan yang sangat eksotis. Namun karena tempat ini belum mendapat pengolahan dari dinas pariwisata maka untuk menuju ke lokasi wisatawan tidak dapat membawa kendaraan jadi wisatawan harus berjalan kaki, selain itu medan yang terjal dan juga licin merupakan tantangan tersendiri bagi wisatawan.

24. Pasar Karetan

wisata di kendal

Wisata terkenal di Kendalpasar karetan merupakan pasar tradisional yang  di padukan dengan lifestyle modern yaitu go green atau ramah lingkungan namun menyajikan kuliner kuno atau tradisional, dolanan(mainan anak),  dan seni tradisi khas pedesaan. Jadi pasar karetan ini dapat digunakan sebagai solusi bagi para masyarakat yang suka pasar tradisional tapi juga suka pasar modern.

25. Curug Lie Seng

wisata di kendal

Wisata terkenal di Kendalcurug lie seng merupakan curug dengan ketinggian 7 meter  curug ini masih sangat alami bahan di tebingnya pun masih di tumbuhi rumput-rumput liar. Disekeliling curug juga terdapat banyak pohon besar yang tumbuh dan disungai bawah curug masih terdapat bebatuan besar yang berpadu dengan arus sungai yang masih sangat deras. Hal itu membuat curug lie seng tambah eksotis.

26. Pemancingan Simbang Indah

wisata di kendal

Wisata terkenal di Kendal-tempat pemancingan yang berada dibawah lereng gunung di temani dengan udara yang sejuk membuat siapapun senang memancing di tempat ini. Pemancingan Simbang Indah ini di beberapa ikan tawar seperti ikan nila, ikan lele, ikan bawal,ikan gurame, ikan mas dan ikan kakap. Untuk pembayaranya biasanya pemancing harus membayar sekilonya ikan dan jika ingin dimasak di tempat maka harus membayar biaya tambahan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.