Pulau Panjang Wisata Asyik Setelah Karimunjawa

0 40

Jepara merupakan kota ukir yang terkenal dengan destinasi wisatanya. Karena banyak orang tergila-gila akan berlibur ke Karimunjawa, padahal ada wisata asyik di Jepara selain Karimunjawa yang perlu kamu coba. Yak, berwisata ke pulau Panjang Jepara ini juga tidak kalah menariknya dengan Karimunjawa. Pasalnya kamu dapat melakukan berbagai hal yang menyenangkan. Jika kamu ingin mengetahui lebih dalam, yuk simak artikel berikut ini.

Berwisata ke Pulau Panjang

Pulau Panjang merupakan pulau yang terdapat di Kabupaten Jepara, tepatnya di kelurahan Ujung Batu, provinsi Jawa Tengah. Pulau dengan luas sekitar 19 hektar ini membentang begitu indah, di sekitar Pantai Kartini, pantai Bandengan dan pantai Prawean. Sehingga tidak heran jika pulau ini memiliki hamparan pasir putih serta dikelilingi laut dangkal yang memiliki air jernih dan terumbu karang.

pulau panjang jepara 2

Dibagian tengah terdapat hutan tropis yang dipenuhi oleh pohon randu, asam jawa, dadap dan pinus yang menjulang tinggi serta perdu dan semak, sebagai tempat berkembang biak burung laut. Kamu dapat melakukan berbagai hal di pulau ini dengan biaya yang relatif murah guys. Misalnya bersnorkeling, berziarah, diving, menjelajah hutan dan lain sebagainya.

Sejarah Pulau Panjang

Pulau Panjang sebagai tempat wisata yang indah, tentu memiliki sejarah dibalik keelokkannya. Apa sih sejarah pulau Panjang ini? Untuk sejarahnya sendiri, saya kurang tahu betul, akan tetapi saya akan bercerita sedikit mengenai pulau Panjang ini. Nah, selain berwisata untuk menyenangkan urusan dunia, ternyata kamu juga dapat menyeimbangkan urusan akhiratmu loh.  Kok bisa?

Tidak jauh dari pulau panjang ini, kamu dapat melakukan ziarah ke makam Syekh Abu Bakar bin Yahya Ba’alawy. Beliau adalah salah satu penyebar agama Islam di Jepara. Nah, dari sinilah terkadang banyak peziarah berdatangan di bulan-bulan tertentu, seperti bulan muharom. Konon katanya, ada air barokah yang dipercaya dapat memberikan manfaat kesehatan ataupun keselamatan loh.

Akses ke Pulau Panjang

pulau panjang jepara 1

Kamu dapat menuju pulau Panjang melalui dua jalur, yaitu jalur pantai Kartini, serta jalur pantai Bandengan. Kedua jalur tersebut sangat umum digunakan wisatawan domestik. Dimana perjalanan dari dua pantai ke pulau Panjang memerlukan waktu kurang lebih 30 menit. Namun, kamu tidak perlu khawatir dan bosan yah. Karena ombak lautnya tak begitu kuat, serta telah dilengkapi alat keselamatan dalam menggunakan perahu nelayan untuk menyebrang.

Satu paket keberangkatan dan kepulangan menuju pulau Panjang, akan dikenakan biaya sebesar 15.000. Sedangkan setelah tiba di objek wisata pulau panjang, kamu hanya perlu membayar biaya retribusi sebesar 5.000 dan kamu dapat merasakan kebebasan untuk berwisata di pulau Panjang. Asyik bukan? Oleh karenanya, berwisata ke pulau Panjang tidak perlu biaya mahal. Selain itu, ada banyak fasilitas yang ditawarkan dan cukup komplit guys.

Info lain

Dari penjabaran diatas, maka dapat dibuat rinciannya sebagai berikut:

  1. Lokasi, berada di kabupaten Jepara tepatnya di kelurahan Ujung Batu.
  2. Jalur ke tempat wisata, ada 3 jalur yaitu:
  • Melalui pantai Kartini dengan perahu Sapta Pesona dengan biaya Rp 13.000.
  • Melalui pantai Bandengan dengan perahu wisata Bahari sebesar Rp 10.000.
  • Jika kamu dengan rombongan untuk berlibur di pulau Panjang, maka gunakan jalur pantai Prawean sekitar Rp 100.000 s/d 200.000.
  1. Tarif masuk ke wisata pulau Panjang sebesar 5.000 per orang.
  2. Wahana yang dapat dinikmati (bersnorkling, diving, jelajah hutan tropis, berswafoto, berziarah, bermain kano dan lain sebagainya)
  3. Fasilitas (tempat istirahat, pendopo, masjid, toilet umum, serta warung yang menyediakan makanan ringan).
  4. Akses ke lokasi sangat mudah, dapat menggunakan jasa tranportasi umum ataupun pribadi.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.