Anti Mainstream, 10 Tempat Wisata Kudus Yang Unik Dan Instagramable

0 91

Kudus bukan hanya soal pabrik rokok semata. Kudus juga bukan hanya soal jenang saja. Kudus juga cerita perjalanan yang bisa sobat abadikan dalam jepretan kamera jika sobat berkunjung ke tempat wisata kudus.

Setidaknya ada 10 tempat wisata kudus yang unik, menarik sekaligus juga instagramable. Bahkan salah satunya terletak di gerbang masuk sebelum kamu menghirup aroma kota kudus. Mana saja wisata kudus itu?

10 Tempat Wisata Kudus

1. Gerbang Kudus Kota Kretek

Gerbang kudus malam hari

Gerbang Kudus Kota Kretek ini merupakan tugu selamat datang yang termegah se Asia Tenggara bahkan mungkin se dunia mengingat pembangunan gerbang ini mencapai biaya sebesar 16 milyar rupiah. Pembangunan ini disponsori oleh perusahaan rokok Djarum yang memiliki pabrik banyak di Kota Kudus.

gerbang kudus siang hari

Di sini sobat bisa melihat kemegahan gerbang kota yang mana jika malam hari akan dipenuhi dengan kemerlap lampu. Di samping itu, di dekat Gerbang Kudus Kota Kretek terdapat Taman Kota Tanggulangin yang juga dilengkapi dengan kemerlap lampu dan air mancur. Sobat beserta saudara/teman sobat bisa mengambil foto dengan latar pemandangan kemegahan Gerbang Kudus Kota Kretek/ keindahan Taman Kota Tanggulangin.

Informasi

  • Nama Tempat Wisata kudus Gerbang Kudus Kota Kretek
  • Biaya Tiket Masuk Gratis
  • Alamat Kawasan Taman Tanggul Angin, Kec. Jati, Kab. Kudus

2. Museum Kretek

museum kretek kudus

Museum kretek merupakan museum kretek satu-satunya yang berada di Indonesia. Museum Kretek bertujuan untuk memperkenalkan sejarah rokok dari pembuatan rokok manual hingga menggunakan teknologi modern.

Di Museum Kretek terdapat beberapa koleksi seperti dokumentasi pendiri rokok Bal Tiga, sejarah bungkus rokok, peralatan pembuatan rokok, dan sebagainya. Selain itu disini juga terdapat waterboom dan bioskop yang mana memutar film sejarah. Selain itu di sini juga terdapat bangunan rumah adat Kudus.

Informasi

  • Nama Tempat Wisata Kudus Museum Kretek
  • Biaya Tiket Masuk Rp. 1.500,- (Senin-Sabtu) dan Rp. 2.000,-  (Minggu/ hari libur)
  • Alamat Jalan Getas Pejaten No 155, Kec. Jati, Kab. Kudus

3. Taman Krida

taman krida

Taman Krida merupakan salah satu tempat wisata Kudus yang menawarkan keindahan taman dengan penuh permainan yang sangat baik untuk anak-anak . Selain itu jika malam hari taman krida juga dipenuhi dengan lampu-lampu yang kerlap-kerlip dan berbentuk menarik menjadinyakan sebagai taman lampion terbaik yang ada di Jawa Tengah.

Disini sobat bisa memanjakan anak sobat dengan melihat keindahan lampu yang terpancar dari lampion yang menghiasi sudut-sudut taman krida ini.

Informasi

  • Nama Tempat Wisata Kudus Taman Krida
  • Biaya Tiket Masuk 2.000,-  (Senin-Sabtu) dan Rp.3.000,-  (Minggu/ hari libur)
  • Alamat Jalan Gor No. 103,Wergu Wetan, Kab. Kudus

4. Menara Kudus dan Makam Sunan Kudus

 

menara kudus

Di Kudus kamu dapat melakukan wisata religi ke makam sunan kudus dan sunan muria. Untuk kompleks Makan Sunan Kudus terletak jadi satu dengan Menara Kudus.

Sedangkan untuk Makam Sunan Muria terletak di beda lokasi tepatnya di Colo. Kalian dapat berziarah ke Makam Sunan Kudus yang selanjutnya sobat dapat memanjakan mata dengan keindahan arsitektur dari Menara Kudus ini.

ziarah di menara kudus

Menara Kudus ini merupakan pergabungan dari beberapa budaya (akulturasi) dari budaya hindu, cina, dan islam menjadikannya sangat unik dan menarik. Selain itu jika menjelang puasa tepatnya seminggu sebelum puasa, biasanya terdapat tradisi Dandangan di sekitaran daerah Menara dan Makam Sunan Kudus. Tradisinya ini biasanya diramaikan oleh pasar malam terbesar di Kudus.

Informasi

  • Nama Tempat Wisata Menara Kudus dan Kompleks Makam Sunan Kudus
  • Biaya Tiket Masuk Gratis
  • Alamat Menara, Kauman, Kota Kudus, Kabupaten Kudus

5. Makan Sunan Muria dan Colo

makam sunan muria

Selain berisata religi ke makam Sunan Kudus, sobat juga dapat mengunjungi Makam Sunan Muria yang terletak di Desa Colo. Jika sobat hendak berziarah ke makam sobat bisa menggunakan fasilitas ojek karena letak makam yang tinggi.

Selain berziarah, sobat juga bisa menikmati pemandangan yang menyejukan di Desa Colo. Bahkan kalian dapat mengunjungi Air terjun Montel dan Telaga Tiga Warna. Tidak hanya itu sobat juga dapat membeli makanan khas sana yaitu jangklong, gedhang (pisang) byar, dan juga parijoto.

Menurut mitos yang beredar bahwa parijoto dipercaya jika dimakan ketika hamil maka anak yang dilahirkan nantinya akan tampan dan cantik wajahnya.

Informasi

  • Nama Tempat Wisata Makam Sunan Muria dan Colo
  • Biaya Tiket Masuk 2.000,- (masuk ke lokasi), Untuk akses ke Air Terjun Montel dan Telaga 3 Warna dikenakan biaya Rp. 5.000,- per orang.
  • Alamat Desa Colo, Kec. Dawe, Kab. Kudus

6. Bumi Perkemahan Kajar

bumi perkemahan kajarbumi perkemahan kajar 2

Di Bumi Perkemahan Kajar, sobat akan menyaksikan keindahan pemandangan pepohonan yang rindang. Sobat dapat melakukan pengambilan foto yang bagus dengan pemandangan out door.

Selain itu suasana disana juga sangat sejuk, bagus untuk merefreshing pikiran yang penat. Sobatpun dapat bercengkerama dengan teman, saudara dan keluarga sobat menikmati rindangnya pepohonan.

Informasi

  • Nama Tempat Wisata Bumi Perkemahan Kajar
  • Biaya Tiket Masuk 5.000,- per orang
  • Alamat Desa Kajar, Kec. Dawe, Kab. Kudus

7. Taman Sardi

Taman Sardi

Jika kalian ingin mengunjungi Menara Pisang yang hits di social media ini, sobat harus berkunjung ke Taman Sardi. Di Tempat wisata kudus Taman Sardi ini, sobat akan dimanjakan dengan rindangnya pepohonan dan banyak spot instagramable untuk mengambil foto.

Kalianpun dapat melakukan outbond disini bersama keluarga dan taman. Untuk saat ini, Taman Sardi sedang dilakukan pengembangannya agar menjadi lebih bagus lagi.

Informasi

  • Nama Tempat Wisata Taman Sardi
  • Biaya Tiket Masuk 5.000,- per orang.
  • Alamat Dukuh Watu Lumpang, Desa Kajar, Kec. Dawe, Kudus

8. Gardu Pandang Ternadi

gardu pandang ternadi

Gardu Pandang Ternadi merupakan tempat isata yang tergolong baru di Kudus namun sudah banyak para wisatawan mengunjungi tempat ini. Sobat dapat menikmati pemandangan Kudus dari ketinggianberpadu dengan birunya langit dan hijaunya pepohonan melalui Gardu Pandang Ternadi ini.

Selain itu di sini juga menyediakan beberapa spot yang instagramable yang pasti asyik untuk background pengambilan foto kalian.

Informasi

  • Nama Tempat Wisata Gardu Pandang Ternadi
  • Biaya Tiket Masuk 5.000,- per orang.
  • Alamat Desa Ternadi, Kec. Dawe, Kudus

9. Desa Wisata Rahtawu dan Wonosoco

desa wisata rahwatu

Jika sobat ingin mengunjungi desa wisata di Kudus terdapat beberapa desa wisata yaitu Rahtawu dan Wonosoco. Desa tempat wisata kudus ini memiliki keunikan tersendiri. Jika sobat ingin merasakan suasana Kudus di ketinggian, sobat dapat mencoba berkunjung ke Rahtawu.

Sedangkan jika anda ingin merasakan suasana Kudus pada dataran rendah, sobat bisa berkunjung ke Wonosoco yang mana juga terdapat waduk yang dapat sobat lihat pemandangannya.

Informasi

  • Nama Tempat Wisata Desa Wisata Rahtawu dan Desa Wisata Wonosoco
  • Alamat Desa Rahtawu, Kec. Dawe, Kudus dan Desa Wonosoco, Kec. Undaan, Kab. Kudus

10. Galian C Tanjung Rejo

Siapa bilang Brown  Canyon hanya ada di Semarang, di Kudus juga terdapat Brown Canyon. Brown Canyon di Kudus ini terbentuk akibat dari kegiatan proyek Galian C di Desa Tanjung Rejo, Kec. Jekulo, Kudus.

Karena pemandangan yang bagus, banyak anak muda yang mengunjunginya hanya untuk sekadar mengambil foto dan mengunggahnya di social media mereka. Sobat dapat berkunjung ke sini untuk melihat keindahan Brown Canyon Kudus ini.

Informasi

  • Nama Tempat Wisata Galian C Tanjung Rejo (Brown Canyon Kudus)
  • Biaya Tiket Masuk Gratis
  • Alamat Desa Tanjung Rejo, Kec. Jekulo, Kab. Kudus

Akhir Perjalanan

Setelah sobat mengunjungi tempat wisata yang ada di Kudus, pastinya sobat akan merasa lapar. Jika sobat merasa lapar, sobat harus mencoba berwisata kuliner dengan mencicipi makanan khas kudus yaitu sate kerbau, soto kerbau, nasi pindang kerbau, lentog tanjung. Makanan khas tersebut dapat sobat jumpai di taman bojana, pasar kliwon (pada malam hari), dan juga tanjung untuk menemukan makanan lentog tanjung yang lezat disantap pada pagi hari.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.