Daftar 10 Top Tempat Wisata Klaten Berdasarkan Jumlah Pengunjung

0 49

Tempat wisata Klaten memiliki keunikan sendiri dibandingkan tempat-tempat wisata yang lainnya. Dapat dipastikan jika kamu berkunjung ke kota penghasil padi ini, kamu akan menikmati pesona keindahan alamnya. Nah berikut 10 tempat wisata di Klaten yang paling banyak diminati oleh para pengunjung, anda jangan sampai ketinggalan tidak mengunjunginya:

10 Top Tempat Wisata Klaten

1. Candi Prambanan

Candi Prambanan sangat terkenal bahkan hingga mancanegara. Banyak wisatawan domestik maupun asing yang minat datang ke Candi Prambanan untuk melihat kemegahan arsitektur candinya. Selain itu UNESCO sudah mendeklarasikan Candi Prambanan sebagai situs warisan dunia yang harus dijaga kelestariannya.

Candi Prambanan terletak di Kecamatan Prambanan Sleman, akan tetapi untuk gerbang masuk candinya terletak di Kecamatan Prambanan, Klaten. Perjalanan wisata anda di Klaten belum lengkap jika belum mampir ke Candi Prambanan.

2. Umbul Ponggok Klaten

Salah satu wisata air di Klaten yang paling banyak diminati, bahkan sangat popular di kalangan anak muda adalah Umbul Ponggok Klaten. Anda dapat diving dan snorkeling bersama para ikan di kolam seluas 6.000 m persegi dengan keunikan tersendiri.

Kenapa bisa unik? Karena anda bisa diving dengan bergaya macam-macam seperti naik vespa, nonton tv, dsb. Oleh karena itu, terkadang Umbul Ponggok Klaten juga digunakan sebagai tempat melakukan foto prawedding, selain untuk tempat wisata.

3. River Boarding di Kali Pusur Klaten

Wisata yang cukup diminati, terutama bagi orang-orang berjiwa adventure/petualang tinggi adalah wisata air berupa river boarding di Kali Pusur Klaten. Selama melakukan river boarding, anda akan ditemani oleh dua orang operator sehingga anda tidak perlu merasa takut dan khawatir.

Tidak hanya itu anda juga akan memperoleh sensasi bermain air yang mengguncang adrenalin di beberapa arus yang berbeda. Karena pada sungai ini terdiri dari beberapa arus yaitu deras, sangat jeram, dan juga pelan.

4. Obyek Mata Air Cokro Tulung

Jika anda ingin bermain air sepuasnya, anda bisa datang ke obyek wisata mata air cokro tulung. Di tempat wisata klaten ini, Anda dapat bermain berbagai wahana ala waterboom di sana sepuasnya. Anda juga dapat berenang di kolam renang yang airnya berasal dari mata air asli yang mana terjaga kebersihan, kesegaran dan juga keasriannya.

Kapan lagi anda dapat berenang kesana kemari dengan air yang segar berbeda dengan air kolam renang pada umumnya, jika bukan berenang di sana.

5. Museum Gula Gondang Winangoen Klaten

Jika sampai di Klaten belum lengkap rasanya jika tidak berwisata mengunjungi Museum Gula Gondang Winangoen yang terletak di dalam kompleks pabrik gula. Museum ini memiliki daya tarik sendiri, anda akan menyaksikan peralatan pembuatan pabrik gula, lokomotif pengangkut tebu, foto bersejarah tempo dulu.

Selain itu museum ini dinyatakan sebagai museum terbesar se-Asia Tenggara. Di museum ini juga dilengkapi dengan fasilitas seperti ruang perpustakan dan café.

6. Obyek Air Umbul Jolotundo Klaten

Jika anda menginginkan wisata air dengan nuansa tempo dulu sehingga terkesan antik, anda sudah sepatutnya berwisata di obyek wisata air Umbul Jolotundo. Umbul Jolotundo ini dibangun pada masa jaman penjajahan kolonial Belanda dan hingga sekarang belum ada yang berubah.

Hal ini menjadikan obyek wisata air ini berbeda dengan obyek wisata air yang lain. Air kolam renang di sini juga terasa kesegarannya sebab berasal dari sumber mata air langsung.

7. Wahana Liburan Galuh Tirto Nirmolo Klaten

Sedangkan tempat wisata yang paling diminati oleh anak-anak dan keluarga adalah Wahana Liburan Galuh Tirto Nirmolo. Terdapat berbagai jenis kolam renang seperti kolam renang dewasa, anak-anak, kolam sleuncur, dll dan juga terdapat berbagai macam wahana permainan seperti bom-bom car, ATV, flying fox, bioskop 3 dimensi, bianglala, dan masih banyak yang lainnya.

Anda juga dapat menyewa pelampung sehingga dapat membantu anda untuk berlatih renang/melatih anak-anak anda berenang.

8. Wisata Candi yang Ada di Klaten

Klaten adalah daerah kabupaten di Jawa Tengah yang disebut sebagai surga candi, pasalnya banyak candi yang berdiri kokoh di kabupaten tersebut. Jika anda berwisata di Klaten, jangan hanya mengunjungi Candi Prambanan. Sesekali kunjungi juga candi-candi yang lainnya.

Anda dapat mengunjungi tempat wisata klaten Candi Merak, Candi Sewu, Candi Plaosan, Candi Lumbung, Candi Brubah. Candi-candi tersebut memiliki keunikan arsitektur tersendiri, seperti Candi Plaosan yang memiliki arsitektur dua buah candi kembar. Selain itu candi-candi ini juga tidak kalah indahnya dengan candi yang ada di Indonesia.

9. Deles Indah

Anda dapat pula melihat keindahan Gunung Merapi dari bawah dengan mendatangi Deles Indah. Di tempat wisata klaten Deles Indah akan disuguhi keelokan dari Gunung Merapi, juga keasrian dan kesejukan udara di sana. Anda akan merasakan ketenangan batin secara hakiki.

Anda dapat juga mengunjungi beberapa spot seperti tempat pesanggrahan Pakubuwono X, Makam Kyai Mlayopati, Sendang Kali Reno dan beberapa taman.

10. Warung Apung Rowo Jombor Klaten

Setelah beraktivitas wisata ke tempat – tempat wisata yang ada di Klaten, tidak ada salahnya jika anda mencoba melakukan wisata kuliner di Warung Apung Rowo Jombor Klaten.

Kalian akan merasakan sensasi makan mengapung di atas air dengan menu andalan adalah beraneka ragam ikan tawar. Bagi anda yang memiliki alergi seafood, jangan khawatir alergi anda kambuh karena sekali lagi menu disini adalah ikan tawar.

Akhir Perjalanan

Entah mengapa, Tempat wisata di klaten punya pesona sendiri. Terutama bila berkunjung ke wisata Umbul Ponggok.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.