Let’s travel together.

100 Tempat Wisata Di Semarang Dan Sekitarnya Yang Paling Terkenal

0 76

Tempat wisata di Semarang-Sebagai ibukota provinsi Jawa Tengah, Semarang memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi wisatawan, namun terlepas dari status yang dimilikinya Semarang memang memiliki potensi berbagai destinasi wisata mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata religi, wisata buatan bahkan wisata kuliner. Selain memiliki berbagai wisata lengkap, tempat wisata di Semarang juga dilengkapi fasilitas yang tak kalah lengkap. Jadi, tak heran jika banyak wisatawan yang menjadikan Semarang sebagai tujuan tempat wisata mereka.

Karena letak kota Semarang yang cukup stratregis, yaitu topografi wilayah yang lengkap, memliki garis pantai serta wilayah perbukitan,  kekayaan budaya, kota dengan serangkain sejarah dan statusnya sebagai ibukota provinsi menambah daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Berikut tempat wisata di Semarang dan sekitarnya yang paling terkenal.

1. Lawang Sewu

Lawang Sewu merupakan tempat wisata di Semarang yang menjadi ikon kota semarang , Lawang Sewu sendiri terkenal karena bentuk bangunanya yang memiliki banyak sekali pintu dan sejarahnya yang diiringi dengan cerita mistis.

Lokasi: Jl. Pemuda, Sekayu, Semarang Tengah

Tiket masuk: Rp. 10.000,- per orang

2. Masjid Agung

Masjid Agung adalah masjid yang sekaligus menjadi tempat wisata di Semarang karena Masjid Agung Semarang menyimpan sejarah perkembangan islam. Dan keunikan pada arsitekturnya yang membuat wisatawan takjub dibuatnya. Selain itu disekeliling masjid juga terdapat warung-warung dan toko-toko yang menjual oleh-oleh khas Semarang seperti makanan khas Semarang, pernak-pernik, serta kaos khas Semarang.

Lokasi: Jl. Gajah Raya, Sambirejo, Gayamsari, Semarang, Jawa Tengah

Tiket masuk: Gratis, namun membayar biaya parkir sebesar Rp. 1000 sampai dengan Rp. 7000

3. Goa Kreo

Goa Kreo adalah salah satu tempat wisata di Semarang yang lagi ngehits akhir-akhir ini karena dibangun beberapa spot foto yang sangat menarik sehingga banyak wisatawan yang rela mengantri untuk dapat berfoto di beberapa spot foto yang disediakan.

Lokasi: Jl. Raya Goa Kreo Kendari, Gunung Pati, Kota Semarang Jawa Tengah.

Tiket masuk: Rp 5500,- belum termasuk bayar spot foto

4. Kota Lama

Kota Lama merupakan salah satu bangunan pada masa penjajahan Belanda, di Kota Lama masih terdapat 50 bangunan tua yang berdiri kokoh. Namun karena karakter bangunannya yang mengikuti bangunan-bangunan Eropa kuno atau sekitar tahun 1700-an dan letaknya yang nampak terpisah dari kawasan lain justru membuat tempat ini semakin terlihat unik. Dan karena keunikanya tersebut, Kota Lama justru menjadi salah satu tempat wisata di Semarang.

Lokasi: Taman Srigunting, Jl. Letjen Suprapto, Semarang

Tiket masuk: Gratis tapi membayar parkir Rp. 3000,-

5. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo merupakan salah satu tempat wisata di Semarang yang selalu ramai dikunjungi saat hari libur maupun hari biasa, sesuai namanya candi ini memiliki jumlah candi 9 namun sekarang ini hanya candi yang masih dapat dilihat hanya ada 5.

Lokasi: Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang Jawa Tengah.

Tarif masuk: Rp. 5000,-

6. Brown Canyon

Brown Canyon sebenarnya bukanlah tempat wisata melainkan bukit yang dijadikan sebagai lokasi proyek galian yang sudah berumur 10 tahun. karena dilakukan setiap hari dan usianya sudah mencapai 10 tahun membuat bukit ini berubah wujud menyerupai bukit Grand Canyon di Amrika Serikat sehingga Brown Canyon layak masuk dalam daftar  tempat wisata di Semarang.

Lokasi: Daerah Rowosari Metaseh, Tembalang , Semarang, Jawa Tengah.

Tarif masuk: Gratis

7. Eling Bening

Eling Bening salah satu tempat wisata di Semarang terbaru atau lebih tepatnya wisata terbaru di daerah Ambrawa. Eling bening menawarkan paket wisata yang lengkap mulai dari spot foto menarik, pemandangan alam yang sangat asri, dan restaurant.

Lokasi: Jl. Sarjono, Bawean Semarang, Jawa Tengah

Tiket masuk: Rp. 15000,-

8. Sampokong

Sampokong atau Klenteng Sam Po Kong merupakan bekas persinggahan dan pendaratan pertama seorang Laksmana Tingkok yang bernama Zheng He. Bentuk bangunan yang menyerupai Gua Batu di sebuah bukit batu, serta warna merah dari arsitektur bangunan yang berbentuk seperti Cina membuat Sampokong menjadi salah satu tempat wisata di Semarang.

Lokasi: Jl. Simongan No.129, Bongasari, Semarang Barat, Jawa Tengah.

Tarif masuk: Rp. 5000,- untuk dewasa, Rp. 3000,- untuk anak-anak.

9. Kampung pelangi

Kampung Pelangi merupakan tempat wisata di Semarang yang mendunia. Selain itu Kampung Pelangi  juga memeiliki banyak daya tarik bagi wisatawan misalnya spot foto yang menarik. Kampung Pelangi  sendiri awalnya merupakan sebuah perkampungan reyot yang di sulap menjadi kampung indah penuh warna.

Lokasi: Jl. Dr Sutomo No.89, Randusari, Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah

Tarif masuk: Rp.3000,- Parkir: Rp. 2000,-

10. Taman Bunga Bandungan

Taman Bunga Bandungan menjadi salah satu tempat wisata di Semarang yang tak kalah dari wisata-wisata lain, selain menawarkan bermacam-macam Bunga yang cantik, udara di Taman Bunga Bandungan juga menjadi daya tarik tersendiri. Karena letak Taman Bungan Bandungan yang berada pada lereng Gunung.

Lokasi: Jl. Wisata Gedong Songo Km 05

Tiket masuk: Rp. 10.000,-

11. Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti adalah tempat wisata di Seamarang  yang menawarkan keindahan alam dengan beberapa fasilitas yang ada misalnya berkuda, camping , penginapan, kawasan outbound, cafe dan kolam renang beserta pondok kopi.

Lokasi: Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan Jimbaran, Kabupaten Semarang Jawa Tengah

Tarif masuk: Rp. 5000 untuk hari biasa, Rp. 10000 untuk hari libur.

12. Pantai Maron

Pantai Maron adalah salah satu tempat wisata di Semarang yang menawarkan keindahan pantai, namun keunikanya adalah Pantai Maron ini merupakan pantai yang dikeloloa oleh penerbangan TNI Angkatan Darat (Penerbad) dan karena warna khas dari Baret TNI berwarna Merah Maron maka Pantai ini diberi nama Pantai Maron.

Lokasi: Desa Tugurejo, Kecamatan Tugu, Kabupaten Semarang  Jawa Tengah

Tarif masuk: Rp. 2000,-

13. Pantai Marina

Pantai Marina merupakan tempat wisata di Semarang yang sudah menjadi idola sejak dulu. Hal ini karena Pantai Marina adalah tempat yang sangat tepat untuk melihat sunset ataupun sunrise.

Lokasi: Jl. Yos sudarso Kota Semarang Jawa Tengah

Tarif masuk: Rp.4000,-

14. Masjid Kauman Semarang

SONY DSC

Masjid Kauman Semarang merupakan masjid tertua yang dijadikan sebagai tempat wisata di Semarang  kerena sejarahnya yang cukup unik untuk di pelajari. Selain itu Masjid Kauman Semarang juga menjadi cagar budaya yang seharusnya dilindungi.

Lokasi: Jl. Alun-alun Barat Nomor 11 Semarang

Tarif masuk: –

15. Tugu Muda

Tugu Muda adalah monumen yang digunakan untuk mengenang jasa para pahlawan yang gugur pada  pertrmpuran lima hari di Semarang dan dijadikan sebagai tempat wisata di Semarang. Selain itu monumen ini juga dijadikan sebagai ikon dari kota Semarang.

Lokasi: Sekayu, Semarang Tengah, Kota Semarang Jawa Tengah

Tarif masuk: Gratis

16. Alun-alun Simpang Lima

Alun-alun Simpang Lima merupakan tempat wisata di Semarang yang di jadikan ikon kota Semarang. Tempat ini sering dijadikan sebagai tempat tongkorongan di saat malam hari, selain itu di saat hari libur tempat ini juga sangat ramai dikunjungi, bahkan banyak para pedagang-pedagang yang berjualan.

Lokasi: Jl. Alun alun Barat, Kauman, Semarang Jawa Tengah

Tarif masuk: Gratis

17. Museum Rekor Dunia Indonesia

Tempat wisata di Semarang memang beraneka ragam salah satunya Museum Rokor Dunia Indonesia  atau disingkat sebagai MURI. Museum ini digunakan sebagai tempat menyimpan prestasi superlatif yang terjadi di Indonesia.

Lokasi: Jl. Perintis Kemerdekaan 275, Semarang Jawa Tengah

Tiket masuk: Gratis

18. Museum Mandala Bhakti

Museum Mandala Bhakti  adalah museum yang digunakan untuk menyimpan koleksi tentang data, dokumentasi , maupun senjata perang milik para TNI baik tradisional maupun modern. Selain itu Museum Mandala Bhakti  juga dijadikan sebagai tempat wisata di Semarang.

Lokasi: Jl. Soegijapranata No1, Semarang  Jawa tengah

Tarif masuk: Gratis

19. Museum Ronggowarsito

Museum Ronggowrsito adalah tempat wisata di Semarang yang menyuguhkan berbagai warisan budaya Jawa Tengah dan sudah termasuk museum tertua kareana sudah diresmikan pada tahun 1989.

Lokasi: Jl. Abdul Rahman Saleh No.1, Kalibanteng Kulon Semarang

Tarif masuk: Rp. 4000-

20. Museum Polri

Museum Polri merupakan museum yang digunakan untuk menyimpan foto-foto bersejarah, macam-macam senjata, replika bom, foto satelit ketika menangkap kejadian tsunami dan masih banyak lagi. Namun karena semakin banyaknya barang bersejarah membuat tempat ini digunakan sebagai salah satu tempat wisata di Semarang.

Lokasi: Komplek Akpol, Jalan Sultan Agung, Desa Candi baru, Semarang

Tiket masuk:  Gratis

21. Old City 3D Trick Art Museum Semarang

Old City 3D Trick Art Museum Semarang adalah salah satu tempat wisata di Semarang yang tergolong baru, meskipun tergolong baru destinasi wisata ini banyak diminati oleh wisatawan, kareana Old City 3D Art Museum Semarang menyediakan spot foto gambar tiga dimensi yang terlihat nyata.

Lokasi: Jl. Letjend Suparto No. 26 Kota Lama Semarang

Tarif masuk: Rp. 40.000,-

22. Museum Contemporary Art Gallery

Museum Contemporary Art Gallery merupakan museum seni  yang menyimpan bermacam-macam lukisan. Namun keindahan dari lukisan-lukisan yang ditawarkan membuat tempat ini dijadikan sebagai tempat wisata di Semarang dengan nuansa kesenian.

Lokasi: Jl. Srigunting No. 5-6

Tarif masuk: Rp. 10.000

23. Taman Diponegoro Semarang

taman Diponegoro  merupakan taman kota yang berada di kota Semarang bagian atas sering dijadikan sebagai tempat wisata di Semarang atau sekedar nongkrong karena tempatnya yang nyaman.

Lokasi: berada diantara 6 raus jalan antara lain JL. Sultan Agung, Jl. Diponegoro, Jl S Parman, Jl. Kawi, Jl. Argopuro, Jl. Telomolyo

Tarif masuk: Gratis

24. Taman Srigunting

Taman srigunting merupakan landmark dari kota lama, dulunya Taman Srigunting dijadikan sebagai panggung parade. Namun sekarang Taman Srigunting ini telah berubah fungsi menjadi taman yang sering dijadikan Sebagai tempat wisata di Semarang.

Lokasi: Taman Srigunting, Tj. Mas, Semarang Utara, Kota Semarang Jawa Tengah

Tarif masuk: Gratis

25. Wonderia Semarang

Wonderia Semarang  merupakan taman wisata yang menyediakan banyak wahana permainan anak maupun dewasa. Wonderia Semarang juga sering dijadikan lokasi tempat wisata di Semarang.

Lokasi: Jl. Sriwijaya No. 29 Semarang Tengah, Kota Seamarang

Tarif masuk: Rp.9000,- untuk weekday dan Rp. 10000,- untuk weekend

26. Jungle Toon

Jungle Toon merupakan salah satu tempat wisata di Semarang  yang menyuguhkan wisata waterpark dengan berbagai fasilitas mulai dari swimming pool, whilpool, fitnes center, sauna,  foodcourt, dan play ground. Selain itu banyak wahana permainan yang dapat dicoba.

Lokasi: Jl.Bukit Wahid Bulevard, Gedongsongo, Manyaran, Semarang

Tarif masuk: Rp. 20000 untuk weekday dan Rp. 30000 untuk weekend

27. Klenteng Tay Kak Sie

Klenteng Tay Kak Sie merupakan tempat untuk memuja Dewa welas Asih, namun seiring berjalannya waktu Klenteng Tay Kak Sie ini tak hanya digunakan untuk memuja Dewi Welas Asih saja tapi juga digunakan untuk memuja Dewa Dewi Tao. Akan tetapi sekarang tempat ini justru digunakan sebagai tempat wisata di Semarang yang tak kalah terkenal dari wisata-wisata lain.

Lokasi: Mlatiharjo, Semarang Timur, Kota Semarang  Jawa Tengah

Tarif masuk: Rp. 5000,-

28. Pagoda Apalokitesvara

Tempat wisata di Semarang yang tak boleh ketinggalan untuk dikunjungi adalah Pagoda Apalokitesvara karena salah satu wisata budaya di Semarang yang paling banyak memiliki sejarah.

Lokasi: Jl. Raya Padukpayung, Watugong  Semarang

Tarif masuk: Gratis

29. Greja Blenduk

Greja Blenduk  merupakan Greja Kristen tertua yang ada di Jawa Tengah,  karena termasuk bangunan tua di Jawa Tengah maka Greja Blenduk ini patut untuk dijaga. Namun karena arsitekturnya yang unik seringkali  Greaja Bleduk ini digunakan sebagai tempat wisata di seamarang.

Lokasi: Jl. Letjand Suprapto No.32 Seamarang Jawa Tengah

Tarif masuk: Gratis

30. Pura Giri Natha

Pura Giri Natha merupakan tempat wisata di Semarang atau lebih tepatnya wisata religi Hindu di semarang. Pura Giri Natha merupakan view terbaik untuk memandang kota Semarang hal ini karena jika memandangnya dari atas maka akan nampak keseluruhan dari kota Semarang.

Lokasi: Jl. Sumbing No.12 Kota Semarang Jawa Tengah

Tarif masuk: Rp. 20000,-

31. Air Terjun Semirang

Air Terjun Semirang merupakan salah satu  tempat wisata di Semarang  yang menyuguhkan pemandangan air terjun dengan ketinggian 45 meter, selain itu letak Air Terjun Semirang yang berada di lereng Gunung Ungaran membuat udaranya semakin sejuk dengan pemandangan pohon-pohon hijau nan asri.

Lokasi: Dusun Gintungan, Desa Gojik, Kecamatan Ungaran, Kabupaten Semarang

Tarif masuk: Rp.5000,-

32. Curug Benowo

Curug Benowo adalah tempat wisata di Semarang  yang wajib dikunjungi terutama pecinta wisata alam. Karena  menyimpan keindahan curug yang sangat memepesona ,untuk menuju ke lokasi merupakan tantangan tersendiri bagi wisatawan karena jalan nya berupa setapak kecil dan licin.

Lokasi: Desa Kalidsidi, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang

Tarif masuk: Gratis

33. Rawa Pening

Rawa pening salah satu tempat wisata di Semarang yang menyuguhkan keindahan pemandangan alam yang masih asri, yaitu air yang bewarna biru jernih dari rawa tersebut berpadu dengan pepohonan hijau yang tubuh disekeliling Rawa pening.

Lokasi: Kabupaten Semarang, Jawa Tengah

Tarif Masuk: Gratis

34. Taman Unyil

Taman Unyil merupakan salah satu  tempat wisata di Semarang yang ramai di kunjungi saat hari libur maupun hari biasa, karena  Taman Unyil  ini menawarkan keindahan yang tidak biasa dan suasana yang sangat berbeda dari hari-hari biasa.

Lokasi: Desa Bandarejo, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, jawa Tengah

Tarif masuk: dewasa Rp.2500 anak-anak Rp. 1500

35. Wana Wisata Penggaron

Wana Wisata Penggaron merupakan tempat wisata di Semarang yang menyuguhkan pure pemandangan alam yang hijau nan asri. Di Wana Wisata Penggaron wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas mulau dari camping, hiking, pikinik atau sekedar berwisata.

Lokasi: Susukan, Ungaran Timur, Semarang Jawa Tengah

Tarif masuk: Rp. 6000,-

36. Watu Gunung

Watu Gunung  merupakan tempat wisata di Semarang yang mengusung tema alam dan pegunungan, karena di Watu Gunung wisatawan akan disuguhkan dengan sungai buatan yang lengkap dengan pepohonan yang hijau nan asri.

Lokasi: Lerep, Ungaran Barat Semarang Jawa Tengah

Tarif masuk: Rp. 10000,-

37. Bukit Lerep Indah

Bukit Lerep Indah  adalah salah satu tempat wisata di Semarang  yang menyuguhkan kolam renang dengan air yang bersumber dari Gunung Ungaran, jadi dapat dipastikan bahwa air di kolam renang BLI itu terjaga kebersihan dan kesegaranya.

Lokasi: Desa Lerep, Ungaran Barat, Semarang Jawa Tengah

Tarif masuk: Rp. 7000,-

38. Sanggar Seni Gedong Songo

Sanggar Seni Gedong Songo  sebenarnya bukanlah termasuk dalam salah satu tempat wisata di Semarang, akan tetapi studio seni milik Seniman MA Sutikno yang digunakan untuk fokus pada Bidang seni rupa.

Lokasi: Gg. Patung , Sidomulyo, Ungaran Timur, Seamarang Jawa Tengah

Tarif masuk: Rp. 6000,-

39. Kolam Renang Tirto Argo Sirawak

Kolam Renang Tirto Argo Sirawak merupakan salah satu kolam renang menjadi tempat wisata di Semarang paling digemari karena airnya yang jernih tanpa kaporid, hal ini karena air nya berasal langsung dari mata air Gunung Ungaran. Selain itu tiket masuknya juga relatif murah.

Lokasi: Jl. Tirto Argo , Desa Nyatnyono, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang

Tarif masuk: Rp. 15000,-

40. The Fountain Waterpark

The fountain Waterpark adalah tempat wisata di Semarang yang menyajikan wisata air yang cukup unik salah satunya bermain basket dalam air, selain itu karena letaknya yang berada pada daerah pegunungan maka udara di sana sangat terasa sejuk dan segar.

Lokasi: Jl. Bima Sakti Raya No 16A, Kelurahan Lerep, Kecamatan Ungaran Barat, Semarang

Tarif masuk: Rp. 15000

41. Masjid Agung Ungaran

Masjid Agung Ungaran sebenarnya bukanlah tempat wisata namun, sebuah masjid yang sengaja dibuat untuk menjalankan ibadah sholat. Tapi karena bentuk arsitekturnya yang sangat unik mampu membuat orang terpesona, sehingga masjid ini sering dikunjungi wisatawan dan kini masuk dalam salah satu tempat wisata di Semarang  yang bernuansa islam.

Lokasi: Jl. Ahmad Yani, Sidomulyo, Ungaran Timur, Semarang Jawa Tengah

Tarif Masuk: Gratis

42. Taman Djamoe Indonesia

Taman Djamoe Indonesia  sebenarnaya bukanlan tempat wisata di Semarang  melainkan sebuah taman biasa yang sering digunakan untuk jalan sore atau sekedar duduk di taman untuk menikmati pemandangan di sekitar taman.

Lokasi: Jl. Raya Bawean KM 28, Bergas, Semarang, Jawa Tengah

Tarif masuk: Rp. 10000 untuk dewasa dan Rp. 4500 untuk anak-anak

43. Kampoeng Kopi Banaran

Kampoeng Kopi Banaran merupakan tempat wisata di Semarang yang menyuguhkan hamparan kebun kopi dan bermacam-macam jenis kopi. Wisatawan juga dapat mencicipi macam-macam kopi disana, selain itu disana juga terdapat beberapa wahana permainan.

Lokasi: Jl. Raya Semarang Bawean KM 1.5 Jawa Tengah

Tarif masuk: Rp. 5000,-

44. Kebun Durian dan Wisata Edukasi Watu Simbar

Kebun Durian Dan Wisata Edukasi Watu Simbar  merupakan salah satu tempat wisata di Semarang  yang menyuguhkan hamparan kebun durian dengan bermacam macam durian, akan tetapi disana juga terdapat beberapa wahana permainan.

Lokasi: Jl. Mr Koesbiyono Tjondro Wibowo, Desa Pakintelan, Gunungpati Semarang

Tarif masuk: Rp. 5000,-

45. Desa Bejalen

Desa Bejalen adalah  tempat wisata di Semarang  yang lagi ngehits. Desa Bejalen merupakan sebuah kampung yang berada di kiri kanan Kalipanjang , namun bukan itu keunikanya melainkan  Desa Bejalen disulap menjadi desa dengan penuh warna dan di belah oleh sungai di tengahnya.

Lokasi: Desa Bejalen, Kecamatan Ambrawa, Kabupaten Semarang

Tarif masuk: Rp. 5000,-

46. Grand Maerakaca

Grand Maerakaca  adalah salah satu  tempat wisata di Semarang  yang paling banyak diminati karena terdapat banyak spot foto yang instagramable. Grand Maerakaca  juga sering dijadikan sebagai destinasi libur lebaran hari raya idul fitri.

Lokasi: Jl. Anjasmoro Tawangsari, Semarang Barat, jawa Tengah

Tarif masuk: Rp. 5000,-

47. Wisata Taman Lele

Wisata Taman Lele  merupakan  tempat wisata di Semarang  yang memiliki luas sekitar 2 hektar dam memiliki aneka permainan baik permainan darat maupun permainan air, selain itu di  Wisata Taman Lele juga dilengkapi dengan fasilitas Kebun Binatang Mini dan penginapan.

Lokasi: Jl. Walisongo KM 10 Kecamatan Ngaliyan Kabupaten Semarang

Tarif masuk: Rp.3000,-

48. Santosa Stable

Santosa Stable  adalah satu-satunya tempat wisata di Semarang  yang menyediakan jasa belajar kuda sekaligus berwisata, bukan hanya itu pelatih kuda juga sudah profesional dalam melatih jadi dapat dipastikan keamananya.

Lokasi: Dusun Lodoh, kelurahan lebah, Kecamatan Boja, Kabupaten Semarang

Tarif masuk: Rp. 10000,-

49. Kampung Laut

Kampung Laut merupakan rumah makan yang unik karena rumah makan ini mengapung diatas air sehingga keunikanya Kampung Laut  ini dijadikan sebagai tempat wisata di Semarang.

Lokasi: Putri Merkoco Tawang Mas, Jalan Anjasmoro Raya, Semarang Barat, Jawa Tengah

Tarif masuk: –

50. Banjir Kanal Barat

Banjir Kanal barat adalah salah satu sungai di Semarang  yang berusaha dirubah menjadi sebuah tempat wisata di Semarang.  Di  Banjir Kanal Barat telah diisi dengan kapal-kapal kecil yang dapat digunakan pengunjung berkeliling sungai.

Lokasi: Jl Gedung Batu Timur No 203 G, Kelurahan Ngemplak Simongan Kecamatan Semarang.

Tarif masuk: Rp. 4000,-

51. Museum Kereta Api Ambarawa

Tempat wisata di semarang ini dulunya merupakan tempat untuk pengoprasian jalur kereta api, karena sekarang sudah tidak beroperasi lagi, sekarang tempat ini dijadikan sebagai tempat museum kereta api ambarawa yang di dalamnya terdapat uap lokomotif yang pernah Berjaya di zaman dahulu.

Lokasi : Jl.Stasiun No.1, Panjang, Ambarawa, Semarang Jawa Tengah.

Tarif Masuk : Anak-anak = 5000, Dewasa = 10.000/org.

52. Kampung Rawa Ambarawa

Tempat wisata kampung rawa ambarawa merupakan tempat yang wajib dijadikan sebagai salah satu destinasi nomor satu tempat wisata di semarang saat mengunjungi kota semarang. Kampung rawa ambarawa memiliki pesona keindahan dari kampung apung yang berdiri diatas rawa pening.

Lokasi : Jl.Sarbini km 03, Ambarawa, Waduk Rawapening, Semarang  Jawa Tengah.

Tarif Masuk : 2000/org.

53. Monumen Palagan Ambarawa

Tempat wisata di semarang ini memiliki sejarah yaitu tugu prasasti  untuk mengenang perjuangan heroik para pejuang TKR dalam pertempuran ambarawa 12- 15 Desember 1945. Monumen palagan ambarawa merupakan monumen di kota ambarawa yang patut di abadikan dan dijaga kelestariannya, karena terdapat nilai-nilai terkandung di dalamnya.

Lokasi : Jl.Mgr Sugiyopranoto, Panjang, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah.

Tarif Masuk : Anak-anak = 5000, Dewasa = 10.000/org.

54.Benteng Pendem

Benteng pendem merupakan salah satu tempat wisata di semarang yang menyimpan banyak sejarah dan memiliki keunikan tersendiri. Dan dulunya benteng pendem juga di jadikan sebagai salah satu tempat syuting dalam film soekarno karena letaknya yang strategis dan eksentrik.

Lokasi : Lodoyong, Ambarawa, Semarang Jawa Tengah.

Tarif Masuk : Gratis, Biaya Parkir = 3000 rupiah.

55. Gua Maria Kerep Ambarawa

Tidak hanya penduduk katholik yang berkunjung ke tempat wisata di semarang ini, melainkan juga banyak orang yang datang ke gua maria kerep ambarawa yang melakukan wisata religi atau wisata rohani disini. Semenjak adanya patung bunda maria, pengunjung yang datang ke wisata gua maria kerep ambarawa ini lebih meningkat dari sebelumnya.

Lokasi : Jl.Tentara Pelajar, Kerep, Ambarawa, Semarang Jawa Tengah.

Tarif Masuk : Gratis, Tarif parkir 2000 untuk motor dan 3000 untuk mobil.

56. Jembatan Biru Ambarawa

Terdapat banyak pesona keindahan di jembatan biru ambarawa, salah satunya adalah keindahan sunset di tempat wisata di semarang ini. Apalagi jika cuacanya baik, tentunya kita bisa menikmati pantulan cahaya matahari yang pelan-pelan tertutup di sekitar deretan Pegunungan Ungaran dan Merbabu.

Lokasi : Dusun Sumurup, Desa Asinan Bawen, Semarang Jawa Tengah.

Tarif Masuk : Gratis kecuali tarif Spot dan Wahana. Biaya parkir = 2000.

57. Bukit Cinta Ambarawa

Bukit cinta ambarawa merupakan tempat wisata di semarang yang letaknya di kawasan tepi danau rawa pening dengan penyajian pemandangan alam yang dulunya merupakan tempat memadu kasih sang pengantin baru.

Lokasi : Desa Kebondowo, Banyubiru, Semarang Jawa tengah.

Tarif Masuk : Hari Biasa = 6000, Hari Libur = 7500/org

58. Goa Rong View

Banyak keindahan di suguhkan di goa rong view yang sangat dijaga keasrian dan kemurniannya, karena letaknya berada di dekat perbukitan dan pepohonan hijau yang sejuk. Tempat wisata di semarang ini merupakan puncak area Payung-Rong yang terletak di sebelah barat laut Salatiga.

Lokasi : Goa Rong, Lopait, Tuntang, Semarang Jawa Tengah.

Tarif Masuk : Hari Biasa = 5000, WeekEnd = 7500/org.

59. Wisata Lereng Kelir

Tempat wisata di semarang ini memiliki banyak tempat spot foto dan disana anda dapat melihat sunset dan sunrise dengan latar belakang rawa pening. Wisata lereng kelir juga dapat dijadikan sebagai tempat mendirikan tenda atau camping dan foto prewedd.

Lokasi : Dusun Gertas, Brongkol, Jambu, Semarang Jawa Tengah.

Tarif Masuk : Hari Biasa = 5000, WeekEnd = 7000/org.

60. Curug 7 Bidadari

Banyak mitos yang terdapat pada curug 7 bidadari, konon dulu tempat wisata di semarang ini merupakan tempat pemandian para bidadari yang jumlahnya ada tujuh. Di dalam curug 7 bidadari ini juga terdapat kedung yang  berbentuk bulat dengan aliran air deras yang tidak pernah surut sepanjang tahun.

Lokasi : Keseneng, Sumowono, Semarang, Jawa Tengah.

Tarif Masuk : 5000/0rg.

61. Air Terjun Klenting Kuning

Menurut warga masyarakat sekitar, air terjun curug klenting kuning merupakan tempat pertemuan antara Panji Asmara Bangun dengan Dewi Sekartaji yaitu klenting kuning sendiri. Bukan airnya yang berwarna kuning lho, tetapi curugnya dan di atas air terjunnya juga terdapat pertapaan alas lumut.

Lokasi : Sumowono, Semarang Jawa Tengah.

Tarif Masuk : 5000/org dan parkir = 2000 rupiah.

62. Gunung Ungaran

Gunung ungaran merupakan salah satu pegunungan di kota semarang yang sudah banyak di kenal para wisatawan dan sudah banyak juga pendaki senang untuk menghabiskan waktu liburannya di tempat wisata ini. Terdapat 3 pendakian di gunung ungaran yaitu jalur Gedong Songo, Jalur Sidomukti dan Jalur Di Boja  sebelah Utara.

Lokasi : Ungaran, Semarang Jawa Tengah.

Tarif Masuk : 20.000/org

63. Wisata Kampung Krisan Clapar

Di wisata kampung krisan clapar anda dapat menikmati indahnya hamparan bunga krisan beserta suasana pedesaan yang asli dan masih alami ini. Terdapat sekitar 20 jenis bunga krisan dan 180 green house sederhana yang beratapkan plastik bening.

Lokasi : Jl.Kendalisodo Bandungan, Candi, Bandungan, Semarang Jawa Tengah.

Tarif Masuk : 10.000/org.

64. Taman Margasatwa Semarang

Tempat wisata di semarang yang ini merupakan tempat konservasi satwa dari perpaduan konsep rekreasi dan edukasi, khususnya bagi anak-anak. Di taman margasatwa semarang anda akan mendapatkan banyak pengetahuan tentang kekayaan flora dan fauna nusantara.

Lokasi : Sumberejo, Kaliwungu, Semarang Jawa Tengah.

Tarif Masuk : Hari Biasa = 5000, WeekEnd = 7500/org.

65. Air Terjun Kali Pancur

Air terjun kalipancur memiliki ketinggian sekitar 100 meter dari Gunung Telomoyo yang merupakan gunung mungil di kabupaten semarang. Tempat wisata di semarang ini banyak menawarkan keindahan panorama  pemandangan alam yang di lihat dari kejauhan masih terjaga kealamian dan kebersihannya.

Lokasi : Nogosaren, Getasan, Semarang Jawa Tengah.

Tarif Masuk : Hari Biasa 15ribu, WeekEnd 20ribu.

66. Gunung Kendil

Gunung kendil merupakan gardu pandang untuk menikmati indahnya rawa pening dari ketinggian. Tempat wisata di semarang ini memiliki daya pikat tersendiri yang memiliki fenomena pemandangan alam dari kejauhan maupun ketinggian.

Lokasi : Jl.Puncak Anom, Tegaron,Kebundowo, Banyubiru, Semarang Jawa Tengah.

Tarif Masuk : Hari Biasa = 5000, WeekEnd = 7500/org.

67. Desa Nglarangan

Sebenarnya desa nglarangan hanyalah sebuah tempat untuk menghilangkan penat saja, karena di desa ini udaranya sangat sejuk dan lingkungannya juga terasa aman dan nyaman, dan biasanya desa ini juga dijadikan sebagai spot foto.

Lokasi : Desa Nglarangan Semarang Jawa Tengah.

Tarif Masuk : Gratis.

68. Rumah Pohon Kali Kulon

Di tempat wisata di semarang ini anda dapat menikmati tempat-tempat wisata yang ada di sepakung, dengan berbagai suguhan pemandangan alam yang berada di rawa pening, gunung telomoyo, gunung merbabu dan jajaran perbukitan di sekitar banyubiru di rumah pohon kali kulon semarang.

Lokasi : Desa Sepakung Banyu Biru, Semarang Jawa Tengah.

Tarif Masuk : 10.000 rupiah.

69. Kebun karet BSB

Sayang sekali jika anda yang sedang berkunjung di kota semarang tetapi tidak mampir ke kebun karet BSB ini, karena tempat wisata di semarang ini memiliki keindahan yang dapat menarik perhatian banyak orang. Disini anda juga dapat langsung melihat bagaimana cara pengolahan karet.

Lokasi : Desa Jatisari, mijen, Semarang Jawa Tengah

Tarif Masuk : Gratis

70. Kebun Teh Medini

Untuk dapat berkunjung ke kebun teh medini tidaklah mudah karena jalannya yang berkelok-kelok, dan sebaiknya sebelum berangkat ke tempat wisata di semarang ini juga membawa jaket tebal untuk mencegah hawa dingin yang dapat menyebabkan masuk angin.

Lokasi : Perbukitan Ungaran, Semarang Jawa Tengah.

Tarif Masuk : 2.500 rupiah.

71. New Bandungan Indah Park

Tempat wisata di semarang ini menjadi tujuan wisata di daerah bandungan semarang karena banyaknya wahana permainan yang menarik di new bandungan indah park dan tempat bermain air bagi anak-anak seperti  playground, pemancingan,  outbond, butterfly dan sanctuary.

Lokasi : Jl.Veteran, Jetis, Bandungan, Semarang Jawa Tengah.

Tarif Masuk : Waterpark = 15-12rb, Taman Bermain = 10rb, Kuda Wisata = 25rb.

72. Taman Madukoro

Taman madukoro dulunya merupakan sebuah tempat yang di tanami beberapa tanaman dan akhirnya udaranya menjadi sejuk. Sehingga banyak  tanaman yang enak di pandang dimata dan juga terdapat arsitektur tulisan taman madukoro di tepi jalan.

Lokasi : Jl.Jendral Sudirman, Semarang Jawa Tengah.

Tarif Masuk : Gratis.

73. Taman Pemancingan Baron

Tempat wisata di semarang ini sangat cocok untuk mengisi waktu liburan anda, apalagi bagi anda yang hobi memancing. Sangat di sayangkan kalau tidak mengunjungi taman pemancingan baron ini. Karena pemandangannya sangat indah dan memberikan sensasi suasana yang berbeda daripada yang lain.

Lokasi : Tambakharjo, Semarang Jawa Tengah.

Tarif Masuk : Gratis, Kecuali Memancing Ikan.

74. Water Blaster Semarang

Banyak keseruan yang terdapat pada wahana water blaster semarang ini, dan disini anda bisa sepuasnya menikmati liburan anda dan bersenang-senang dengan adanya beberapa wahana yang menarik di tempat wisata di semarang ini seperti beach, bandulan, jungle three, dan masih banyak lagi.

Lokasi : Jl. Bukit Candi Golf, Semarang Jawa Tengah.

Tarif Masuk : Hari Biasa = 60rb, WeekEnd = 80rb.

75. Hutan Wisata Tinjomoyo

Konsep dari Hutan wisata Tinjomoyo mampu menjadikan alternative wisata terbaru di kota semarang. Terdapat fenomena alam berupa migrasi burung  menjadi satu atraksi yang dapat menarik perhatian para wisatawan.

Lokasi : Jatibarang, Mijen, Semarang Jawa Tengah.

Tarif Masuk : 3000 rupiah.

76. Pecinan Semarang

Pecinan Semarang merupakan salah satu wisata budaya di semarang yang perlu di abadikan, karena tempat wisata di semarang ini memiliki banyak nilai historis dan mistis. Biasanya pada hari raya imlek juga ada acara ramai-ramai yang di adakan di kompleks pecinan seperti penduduk tionghoa.

Lokasi : Jl.Pedamaran, Kauman, Semarang Jawa Tengah.

Tarif Masuk : Gratis, Parkir 2000.

77. La Kana Chapel

Tempat wisata di semarang ini sering kali dijadikan sebagai tempat posesi foto prewedd dan dari bangunan ini juga menyerupai seperti salah satu bangunan yang ada di Belanda. Nah, pastinya pengen kan berkunjung ke la kana chapel yang kelihatan megah dan mempesona ini.

Lokasi : Jetis, Bandungan, Semarang jawa Tengah.

Tarif Masuk : 35rb – 50rb.

78. Taman Tabanas

Taman tabanas menjadi salah satu tujuan wisata di kota semarang karena keindahan dari pemandangan yang dapat menarik perhatian orang pada malam harinya, dan tempat wisata di semarang ini biasanya juga dijadikan sebagai tempat perayaan acara tertentu, khususnya pada malam akhir tahun dengan kembang api.

Lokasi : Jl.Setia Budi, Banyumanik, Kota Semarang jawa Tengah.

Tarif Masuk : Gratis.

79. Bukit VW

Bukit VW merupakan tempat wisata di semarang yang biasanya dijadikan hunting bagi kalangan remaja yang sedang melakukan reuni, selain pemandangan yang mempesona juga ada hal yang menarik pada bukit vw ini, yaitu beberapa mobil tahun 70-an yang sudah rusak yang berjajaran rapi.

Lokasi : Jl.Sambiroto Raya, Tembalang, Semarang Jawa Tengah.

Tarif Masuk : hanya parkir 2000 untuk motor dan 5000 untuk mobil.

80. Hutan Pinus Kayon

Hutan pinus kayon banyak dijadikan tempat favorit bagi yang hobi berpetualang dan biasanya tempat wisata di semarang ini juga dijadikan sebagai tempat perkemahan, karena di tempat ini banyak menyuguhkan suasana teduh dan nyaman yang bisa menyejukkan hati dan pikiran.

Lokasi : Batur, Getasan, Semarang jawa Tengah.

Tarif Masuk : 5000/org.

81. Bantir Hills

Banyak lokasi di bantir hills yang dijadikan sebagai spot foto seperti pada gambar diatas. Di bantir hills ini anda akan di manjakan dengan pemandangan alam yang sangat menawan, yaitu dari pemandangan gunungnya, pepohonan hijau di sekitar sampai dengan persawahan hijau di sekitar bantir hills.

Lokasi : Losari, sumowono, Semarang Jawa Tengah.

Tarif Masuk : parkir motor 2rb, mobil 5rb.

82. Setiya Aji Flower Farm Bandungan

Tempat wisata di semarang ini berupa kebun yang di tanami berbagai jenis-jenis bunga yang elok, sehingga banyak menarik perhatian pengunjung dan tempat wisata setiya aji flower farm bandungan ini sangat cocok juga dijadikan sebagai tempat untuk melakukan foto prewedd sekaligus.

Lokasi : Ngasem, Jetis Bandungan, Semarang Jawa Tengah.

Tarif Masuk : 5000 rupiah.

83. Kampung Batik Semarang

Selain berwisata di kampung batik semarang, anda juga bisa belanja sekaligus mencoba melukis pada tempat wisata di semarang ini lho. Dinding di kampung batik semarang ini banyak dihiasi oleh lukisan beberapa motif yang menggambarkan tentang kota semarang seperti pewayangan, lawang sewu, kota lama dan masih banyak yang lainnya.

Lokasi : Rejo Mulyo, Semarang Timur, Semarang jawa Tengah.

Tarif masuk : Gratis.

84. Candi Tugu

Mungkin ada juga warga daerah semarang yang belum tahu tentang keberadaan candi tugu ini, karena bentuknya yang kecil dan bukan merupakan peninggalan zaman kerajaan dulu yang merupakan tanda batas antara kerajaan majapahit dan kerajaan pejajaran jawa barat.

Lokasi : Tugurejo, Tugu, Semarang Jawa Tengah.

Tarif Masuk : parkir 2000 rupiah.

85. Semawis Waterpark

Semawis waterpark merupakan waterboom arena hiburan untuk anak-anak maupun dewasa dengan tujuan untuk menikmati alam dan tempat wisata di semarang ini sangat cocok untuk melepaskan lelah agar tambah fresh dan hiburan semata.

Lokasi : Jl.Semawis, KedungMundu, Semarang Jawa Tengah.

Tarif Masuk : Hari Biasa = 15-20rb, WeekEnd = 25rb

86. Taman Pandanaran

Taman pandanaran ini juga merupakan salah satu ikon di kota semarang yang ramai pengunjungnya. Dari lahan sekitar 6000 m2 ini di sulap berubah menjadi taman yang sangat indah dan megah, serta banyak fasilitas, wahana dan beberapa tempat  berswafoto untuk menyenangkan para wisatawan.

Lokasi : Jl.Pandanaran, Mugassari, Semarang Jawa Tengah.

Tarif Masuk : Gratis.

87. Curug Gondoriyo

Letak curug gondoriyo memang tersembunyi dan belum banyak orang yang mengetahui tempat wisata di semarang ini, karena berada di dekat cekungan bukit dan tertutupi oleh pepohonan rindang.

Lokasi : Gondoriyo, Ngaliyan, Semarang Jawa Tengah.

Tarif Masuk : Gratis, Parkir 2000 rupiah.

88. Gunung Telomoyo

Gunung telomoyo biasa disebut dengan gunung pemancar, karena terdapat sunset dan sunrise indah yang dapat menghilangkan rasa lelah dan stress. Dan untuk mendaki gunung telomoyo juga tidak terlalu sulit sih, Layaknya seperti mendaki gunung biasanya.

Lokasi : Telomoyo, Kopeng, Semarang Jawa Tengah.

Tarif Masuk : 5000 rupiah.

89. Kampung Seni Palebon

Disebut sebagai kampung seni palebon Karena terdapat lukisan berwarna-warni pada dinding, pot, tempat sampah dan beberapa benda yang ada di sepanjang jalan kampung seni palebon ini.  Tempat wisata di semarang ini juga sering di jadikan sebagai tempat hiburan seperti karawitan, rebana dan yang lainnya.

Lokasi : Palebon, Pedurungan, Semarang Jawa Tengah.

Tarif Masuk : Gratis.

90. Pantai Baruna

Pantai Baruna Merupakan salah satu pantai di semarang yang tidak memiliki pasir berwarna putih dan laut berwarna biru toska. Tetapi pantai baruna ini memiliki ketertarikan tersendiri yaitu pemandangannya yang indah pada waktu sore hari dan padang ilalangnya yang luas.

Lokasi : Kawasan Baruna, Semarang Jawa Tengah.

Tarif Masuk : 3000 rupiah.

91. Ngrembel asri

Selain terdapat pemancingan, di ngrembel asri gunung pati ini juga terdapat berbagai wahana permainan untu keluarga termasuk anak-anak. Dan wahana-wahana tersebut berupa flying fox, motor ATV dan balon besar di dekat danau nya.

Lokasi : Jl.Manyaran Gunung Pati, Semarang Jawa Tengah.

Tarif Masuk : 10.000/org.

92. Taman KB

Konon taman kb ini akan segera di renovasi yaitu pada air mancurnya akan akan dibuat paling atas dan ditambahkan satu air mancur paling kecil lagi, patungnya juga di geser kebawah. Sehingga akan lebih menarik lagi dan dapat mendatangkan banyak pengunjung yang datang ke tempat taman kb ini.

Lokasi : Jl.Menteri Supeno, Mugassari, Semarang Jawa Tengah.

Tarif Masuk : Gratis.

93. Taman Budaya Raden Saleh

Taman Budaya Raden Saleh adalah salah satu tempat wisata di semarang yang menjadi asset potensial bagi kota semarang. Taman ini menjadi tempat rekreasi karena udaranya sejuk dan terdapat pepohonan rindang yang dapat dijadikan untuk berteduh di bawahnya.

Lokasi : Jl.Sriwijaya, Tegalsari, candisari, Semarang Jawa Tengah

Tarif Masuk : 10.000 – 25.000 rupiah.

94. Pantai Tirang

Pantai tirang ini memiliki pesona keindahan menarik yang sangat disayangkan jika tidak dikunjungi.  Karena di sekitar pantai tirang ini terdapat banyak pohon mangrove dan beberapa fasilitas  yang menambah keindahan dari pantai tempat wisata di semarang ini.

Lokasi : Tugurejo, Tugu, Semarang Jawa Tengah.

Tarif Masuk : 2000 rupiah, parkir 4000 rupiah.

95. Waduk Jatiibarang

Waduk jatibarang merupakan waduk yang masih terjaga di sekitar goa kreo dengan kera-kera yang ada dan dihubungkan sebuah jembatan yang di desain dengan artistik, sehingga menjadikan tempat wisata di semarang ini lebih menarik dan anggun.

Lokasi : Kandri, Gunung Pati, Semarang Jawa Tengah.

Tarif Masuk : 8.500 rupiah/org.

96. Pantai Cipta

Pantai cipta ini dilengkapi oleh banyak rumput ilalang memanjang yang menjadikan sesuatu yang berbeda dan lebih menarik daripada pantai yang lain. Meski nama pantai ini belum terkenal sepenuhnya, tetapi pantai cipta ini memiliki keunikan tersendiri yang tidak ada duanya.

Lokasi :  Jl.Kawasan Cipta, Bandangharjo, Semarang Utara, Semarang Jawa Tengah.

Tarif Masuk : 5000 rupiah/org.

97. Taman Kopeng

Taman kopeng  terdapat sejumlah obyek wisata yang menarik dengan akomodasi dengan fasilitas-fasilitas yang lengkap berupa penginapan sampai hotel untuk bermalam di daerah kopeng. Wisata taman kopeng ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai liburan bersama-sama keluarga.

Lokasi : Jl.Raya Salatiga – Magelang, Kopeng, Getasan, Semarang Jawa Tengah.

Tarif Masuk : 10.000 rupiah, belum termasuk dengan wahana tertentu.

98. Masjid Raya Baiturrahman

Terdapat banyak tanaman yang dijaga sepenuhnya di sekitar masjid raya baiturrahman, dan juga ada lapangan hijau yang memanjakan pandangan mata. Sehingga masjid raya baiturrahman tidak hanya dijadikan sebagai tempat ibadah, tetapi juga sebagai tempat menenangkan hati dan pikiran Karena tempatnya ramai dan udaranya yang sejuk karena pepohonan.

Lokasi : Jl.Simpang Lima, Pekuden, Semarang Jawa Tengah

Tarif Masuk : Gratis.

99. Museum Perkembangan Islam

Museum perkembangan islam mencatat beberapa sejarah perembangan islam yang didalamnya berisi artefak-artefak seperti iluminasi al-qur’an, kapal dagang, peninggalan islam awal dan masih banyak lagi didalamnya. Museum perkembangan islam ini berada di lantai 2 dan 3 dari Tower Asmaul Husna.

Lokasi : Kompleks Masjid Agung Semarang  Jawa Tengah

Tarif Masuk : Dewasa = 10rb, Anak-anak = 5rb.

100. Pantai Menganti

Pantai menganti memiliki panorama keindahan alam yang letaknya di dekat pegunungan karst. Di balik itu juga terdapat surga yang tersembunyi di dalam pantai menganti yaitu nuansa laut berwarna biru dan adanya jajaran pohoh kelapa, tebing pantai raksasa yang tinggi dan besar di bagian barat yang disebut dengan tebing bidadari.

Lokasi : Desa Karang Duwur, Kecamatan ayah, Kabupaten Kebumen Jawa Tengah.

Tarif Masuk : 10.000/org.

Nah, terima kasih banyak yaa sudah mengunjungi artikel saya kali ini ini tentang beberapa tempat wisata di semarang yang banyak di kunjungi wisatawan asing maupun lokal.. tunggu di artikel saya selanjutnya. Bye..Bye..

Atau Kunjungi :

8 Tempat Wisata Jawa Tengah Paling Sering Dikunjungi Wisatawan
4 Tempat Wisata Unik di Semarang Yang Cocok Buat Selfie
3 Masjid Bersejarah Di Jawa Tengah

Leave A Reply

Your email address will not be published.