Bukan Anak Semarang, Jika Belum Ke 10 Destinasi Tempat Wisata di Kota Semarang Ini

0 69

Siapa yang tak tahu Semarang, kota yang termasuk dalam katagori metropolitan ini tengah asyik-asyiknya berkembang, termasuk dalam hal pariwisata. Kota yang berstatus sebagai ibu Kota Jawa Tengah ini memiliki banyak destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi. Berbagai ragam tempat wisata di semarang lengkap di Kota Lumpia ini, mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata religi, wisata budaya, hingga wisata buatan.

10 Tempat Wisata di Semarang

Di samping beragamnya pilihan wisata di kota ini, wisatawan tak perlu khawatir akan merogoh kocek dalam untuk berwisata di Semarang. Pasalnya tempat wisata di kota ini tergolong sangat ramah di kantong. Berikut 10 Destinasi wisata di Kota Semarang yang Murah, namun anti murahan.

1. Lawang Sewu

Lawang Sewu

Terletak di tengah kota tepatnya di sisi timur Tugu Muda Semarang atau di sudut Jalan Pemuda dan Jalan Pandanaran, membuat tempat wisata ini sangat mudah dijangkau untuk dikunjungi. Lawang sewu merupakan bangunan yang memiliki nilai sejarah.

Sejarah Wisata Lawang Sewu

Dibangun pada tahun 1904, gedung ini difungsikan sebagai kantor pusat dari “Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij” (Kantor Perusahaan Kereta Api) pada masa Belanda berkuasa di tanah air kita. Kemudian digunakan sebagai penjara bawah tanah ketika Jepang menjajah nusantara.

wisata lawang sewu malam hari

Hingga akhirnya dijadikan sebagai kantor Djawatan Kereta Api Republik Indonesia (DKARI).  Dengan mengadopsi gaya aksitektur khas Belanda membuat bangunan ini sangat unik. Bangunan ini memiliki Ballroom, Gedung sebaguna, ruang makan hingga gedung pertunjukan.

Sesuai dengan namanya ‘Lawang Sewu’ yang berarti ‘Seribu Pintu’ tergambar ketika pertama kali kita memasuki bangunan ini, brrupa lorong-lorong panjang dengan pintu dan jendela yang memenuhi di kanan kirinya.

lawang sewu malam hari

Keunikan arsitektur dari bangunan ini sangat cocok untuk anda yang hendak melakuka foto Pre wedding atau bagi anda yang hoby berselfi ria. Selain keelokan arsitekturnya, gedung ini memiliki aura mistis, terlebih di ruang bawah tanah yang dahulu digunakan sebagai penjara tahanan belanda pada masa kekuasaan jepang.

Harga Tiket

Dengan Tiket masuk Rp. 10.000 dan Rp. 30.000 untuk masuk ke ruang bawah tanah anda akan mendapatkan pengetahuan sejarah dan berbagai sensasi di dalam gedung bersejarah di Kota ini.

2. Klenteng Sam Poo Kong

tampilan depan klenteng sam poo kong

Klenteng Sam Poo Kong merupakan salah satu destinasi wisata religi di Kota Semarang. Bangunan yang difungsikan sebagai tempat ibadah Masyarakat China memiliki aksitektur khas Negeri tirai Bambu dengan warna dominan merah dan kuning. Selain digunakan sebagai tempat ibadah, bangunann ini juga menjadi salah satu destinasi wisata di Kota Semarang yang sayang jika luput dari kunjungan anda.

Sejarah Wisata Klenteng Sam Poo Kong

Menurut sejarah, tempat wisata di Semarang inilah pertama kali Laksamana Cheng Ho beserta anak buahnya mendarat dan markas mereka ketika mengunjungi pulau jawa. Klenteng ini sangat luas, Bangunan inti klenteng ini adalah sebuah Goa Batu yang mana terdapat patung Laksamana Cheng Ho yang berbalut emas.

Selain bangunan inti terdapat pula beberapa bangunan klenteng yaitu Klenteng Thao Tee Kong, Klenteng Kyai Juru Mudi, Klenteng Kyai Jangkar, Klenteng Kyai Cundrik Bumi, Klenteng Kyai dan Nyai Tumpeng. Bagi anda pecinta fotografi dan hoby ber-selfi klenteng ini adalah tempat yang tepat bagi anda.

Harga Tiket

Keunikan aksitektur yang bernafaskan Negeri China membuat anda tak perlu ribet dan menghabiskan banyak uang pergi ke China. Disini andapun bisa menikmati ala putri china dengan mencoba pakaian khas China yang juga tersedia disini. Dengan biaya masuk Rp. 5000/ orang dan Rp. 7000 / orang jika mencoba pakaian khas China, anda dapat menikmati sensasi kerennya bangunan khas China ini.

3. Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT)

Tempat Wisata di Semarang

Satu lagi ni kawan, tempat wisata religi yang tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, namun juga menyuguhkan keindahan arsitekturnya, dan tentunya wajid dikunjungi ketika mampir di Kota Semarang, terlebih bagi kalian yang muslim.

Keunikan MAJT

Apa lagi kalau bukan Masjid Agung Jawa Tengah. Masjid ini adalah salah satu masjid termegah di Indonesia lho kawan. Tidak percaya?. Ini buktinya. Bangungan utamanya saja berdiri di tanah dengan luas 7.669 M2, dan halamannya luasnya mencapai 7.500 M2.

Tidak hanya bangunannya yang luas, keunikan arsitekturnya pun menjadi daya tarik sendiri bagi masjid yang diresmikan presiden SBY pada 2006 lalu. Perpaduan gaya Arsitektur Jawa, Arsitektur Timur Tengah, dan arsitektur Roma kian menambah khazanah budaya akulturasi di tanah jawa.

Tidak hanya menyajikan keindahan dan keunikan bangunan utamanya saja, bangunan ini juga didukung dengan bangunan lain diantaranya: Auditorium yang mampu menampung 2.000 orang, terdapat pula perpustakaan, ruang perkantoran, yang semuanya disewakan untuk umum.

Oh ya, disni tepatnya di bagian halaman masjid terdapat 6 payung hidrolik yang akan membuka dan menutup sendiri, sayangnya fenomena itu  tidak setiap saat dapat kita saksikan, hanya pada hari besar islam saja payung ini akan dibuka.

wisata semarang MAJT

Ets… jangan galau dulu, walau tidak setiap saat kita dapat menyaksikan terbukanya payung hidrolik di MAJT namun ada keseruan lain di sini, yap Menara Asmaul Husna (Al Husna Tower). Menara setinggi 99 M ini  terletak di pojok barat daya masjid. Selain berfungsi sebagai sarana pemantau hilal,  menara ini juga menjadi tempat favorit pengunjung menikmati pemandangan Kota semarang di Ketinggian.

Biaya Masuk Menara

Dengan membayar Rp. 3.000/orang untuk kunjungan antara jam 08.00 – 17.30 WIB, dan Rp. 5.000/orang untuk jam kunjungan antara 17.30- 21.00 WIB pengunjung dapat menikmati keindahan Kota Semarang.

4. Waduk Jatibarang

waduk jatibarang semarangwaduk jatibarang

Tidak hanya menyuguhkan destinasi bangunan arsitektur yang unik dan bersejarah saja. Kota Semarang juga memiliki tempat wisata alam yang tak kalah indahnya dengan kota lain yaitu Waduk Jatibarang. Waduk yang dikukuhkan sebagai waduk terbesar di Indonesia ini memiliki luas mencapai 189 hektar.

Biaya Masuk

lokasi waduk jatibarang semarang

Dengan hanya bermodalkan Rp. 2500 per kepala anda bisa menikmati jernihnya air dan pemandangan asri di waduk ini. Andapun bisa menyewa kapal motor yang dapat mengantarkan anda mengelilingi waduk sepuasnya dengan tarif Rp. 100.000.

5. Taman Puri Maerakaca

Taman Puri Maerakaca

Puri Maerakaca adalah salah satu destinasi wisata budaya yang layak menjadi tujuan liburan anda di Semarang. Objek wisata ini berada di kawasana PRPP (Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan) Jawa Tengah, kompleks Tawang Mas Semarang Barat.

Sebagai tempat rekreasi budaya dan promosi pembangunan, taman ini diibaratkan taman mininya provinsi jawa Tengah. Di dalam puri Maerakaca ini terdapat 35 anjungan yang mencerminkan 35 kabupaten di Provinsi Jawa Tengah.

Selain sebagai tempat rekreasi budaya, tempat ini juga dilengkapi dengan berbagai sarana liburan yang pastinya menyenangkan, seperti becak air, perahu unik yang atapnya berbentuk daun, restoran di atas air, jembatan merah yang disisi kanan kirinya terdapat pohon mangrove hingga fasilitas outbond. Tarif masuk puri maerakaca pun cukum murah yaitu Rp. 7000/orang.

6. Vihara Buddagaya Watugong

Vihara Buddhagaya Watugong diresmikan pada tahun 2006. Meskipun fungsi utamanya adalah sebagai tempat ibadah, namun vihara ini juga menjadi salah satu destinasi tempat wisata di Semarang yang menarik untuk dikunjungi.

Bangunannya  unik dan didominasi warna merah khas tempat ibadah Ummat Buddha. Vihara ini bebas dikunjungi oleh siapa saja dan tidak dipungut biaya alias gratis. Kita dibebaskan menjelajahi keindahan sudut demi sudut Vihara ini, namun perlu diingat juga harus jaga ketenangan, karena bangunan ini merupakan tempat sembahyang Ummat Buddha. Vihara ini sangat luas dan terdiri dari banyak bangunan.

Yang paling fenomenal adalah Pagoda Avalokitesvara atau yang biasa disebut juga dengan Pagoda Metakaruna yang berarti pagoda cinta dan kasih sayang. Menurut sejarah pagoda ini didirikan sebagai penghormatan terhadap Dewi Kwan Sie Im Po Sat yang menurut kepercayaan Budda sebagai dewi kasih sayang.

Tidak hanya terkenal sebagai pagoda yang mencirikan romantis, unik dan elok, pagoda ini juga dinobatkan senagai pagoda tertinggi di Indonesia oleh MURI.

7. Pantai Marina

pantai marina semarang

Pantai marina merupakan salah satu pantai terkenal di Kota Semarang. Berlokasi di Jalan Yos Sudarso, kurang lebih 4 km dari Tugu Muda serta bersebelahan dengan puri maerakaca membuat pantai ini sangat terjangkau. Pantai ini terbuka untuk umum 24 jam, dengan hanya bermodalkan Rp. 4000 anda bisa berlama-lama di pantai ini menikmati panorama alam eksotis nan sejuk di Semarang.

Bagi anda yang sudah berkeluarga pantai ini sangat direkomendasikan untuk mengisi akhir pekan bersama keluarga, dengan beragam fasilitas yang disediakan seperti penyewaan tikar, parahu wisata, persewaan mobil balap, dan ban untuk berenang, membuat anda tidak perlu repot membawa perlengkapan liburan dari rumah.

8. Kampung Wisata Taman Lele

Kampung wisata taman lele merupakan wisata di Semarang dengan objek wisata alam sekaligus kebun binatang mini yang terdapat di Semarang. Lokasinya berada di Siliwangi, Semarang Jawa Tengah. Taman wisana ini sangat luas yakni mencapai 22.173 hektar. Berbagai wahan baik air maupun darat tersedia disini. Sehingga cocok untuk liburan anda sekeluarga.

Bagi anda yang berada jauh dari tempat wisana ini, tak perlu khawatir susah mencari tempat bermalam, karena disini pun menyediakan penginapan dan hotel yang tentunya nyaman. Menghabiskan liburan disini dijamin tak bakal rugi dan menguras saku dalam-dalam.

Cukup dengan membayar Rp. 3000/orang untuk hari senin-sabtu. Kemudian untuk hari Minggu mengalami kenaikan tiket menjadi Rp. 3500/orang. Sementara untuk libur lebaran harga tiket masuk per orangnya membayar Rp. 6000. Untuk pnyewaan perahu bebek cukup membayar Rp. 10.000 saja per perehunya, anda akan menikmati keindahan wisaa air sepuasnya. Bagaimana cukup terjangkau bukan?

9. Taman Srigunting

Taman Srigunting merupakan salah satu taman yang masih berada di Kompleks Kota Lama. Taman ini berada tak jauh dari Gereja Blenduk dan menjadi tempat favorit buat nongkrong serta ber-selfi ria setelah lelah menyusuri Kota Lama. anda tak perlu khawatir kelaparan disini, karena banyak abang-abang yang menjajankan beraneka ragam jajanan lezat yang tentunya siap menggoyang lidah anda.

Taman ini cukup terjaga kebersihannya, sehingga sangat sedap dipandang. Jika anda sedang berkunjung disini jangan lewatkan pula berpose di tangga yang berada di sisi taman, tepatnya berada di sebelah Gereja Blenduk. Soal tiket masuk di taman ini, tenang, dijamin free alias gratis.

10. Semarang Contemporary Art Gallery

Satu lagi objek wista yang masih dalam kawasan kota lama Semarang yang tentunya meng-hits di kalangan wisatawan adalah Semarang Contemporary Art Gallery. Tempat ini merupakan galeri seni yang memamerkan puluhan karya seniman lokal maupun manca Negara. Bangunan ini terletak di belakang Taman Srigunting dan memiliki arsitektur kolonial yang klasik khas Negeri Belanda.

Sehingga anda dapat berfoto ria dengan latar karya seni dan bangunan yang tentunya keren abis. Hanya dengan Rp. 10.000, anda dapat menikmati berkeliling sepuasnya dari sudut ke sudut bangunan yang top banget.

Akhir Perjalanan

Nah, itu adalah 10 destinasi tempat wisata di Semarang yang murah, namun anti murahan. Semoga dapat menjadi referensi bagi anda menghabiskan liburan bersama keluarga dan orang terkasih.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.