Inilah 10 Tempat Wisata Di Salatiga Yang Dinobatkan Sebagai Tempat Terbaik Bersama Kekasih

0 54

Kota Salatiga adalah sebuah kota kecil di Propinsi Jawa Tengah. Namun dibalik luas wilayah yang relative sempit tersimpan sejuta pesona dari tempat wisata yang ada di dalamnya. Anda dapat mengunjunginya bersama kekasih hati. Tempat wisata di salatiga tidak kalah dengan tempat wisata lainnya. Sudah semestinya anda dan kekasih harus melakukan perjalanan wisata di Kota Salatiga.

10 Tempat Wisata Salatiga Terbaik

Baiklah berikut ini adalah 10 tempat wisata di Salatiga yang wajib anda kunjungi bersama kekasih hati sebelum anda melangkah ke jenjang pernikahan:

1. Kopeng

Anda dan kekasih sudah jenuh dengan rutinitas pekerjaan sehari-hari, sudah semestinya anda mencoba berwisata ke daerah wisata Kopeng. Di Daerah Kopeng ini, anda dan kekasih akan disuguhi sebuah panorama alam yang indah dari beberapa gunung vulkanik yang mengelilinginya, yaitu Gunung Merbabu, Gunung Andong, dan Gunung Telomoyo.

Selain itu anda dan kekasih akan merasa sejuk karena dipenuhi oleh pepohonan pinus. Anda dapat menyewa sebuah vila/tempat penginapan dan juga mencoba wahana permainan/outbond yang berada di sana.

Informasi

  • Alamat Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang (14 km dari Kota Salatiga)
  • Biaya masuk Rp. 10.000,-
  • Akses Kawasan wisata kopeng (masuk wahana lain membutuhkan tiket terusan).

2. Rawa Pening

Rawa Pening adalah sebuah danau dengan keindahan tersendiri terletak di kawasan sekitar Salatiga. Rawa Pening menyajikan panorama alam yang mempertemukan 3 daerah kawasan yaitu Ambarawa, Salatiga dan Kabupaten Semarang.

Rawa Pening dipenuhi dengan tumbuhan enceng gondok. Anda dan kekasih dapat melakukan wisata air seperti naik perahu, mencicipi berbagai macam kuliner, dan berkuda di pacuan kuda, serta berenang di kolam renang.

Informasi

  • Alamat Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang
  • Biaya masuk :Rp. 3.000,- (hari biasa) dan Rp. 3.500,- (hari minggu/libur)
  • Akses Kawasan Wisata Rawa Pening, tiket, naik perahu Rp. 100.000,- (1 perahu = 8 orang)

3. Bukit Cinta

Bukit Cinta selain terkenal sebagai kawasan wisata di seputar Rawa Pening. Masyarakat disekitar Bukit Cinta percaya bahwa pasangan yang belum menikah jika datang ke tempat ini akan menyebabkan kisah cinta mereka berakhir. Tempat wisata di Salatiga Bukit Cinta ini menawarkan pemandangan alam yang begitu menawan dengan suasana alam yang sejuk.

Terdapat pula beberapa spot foto yang instagramable cocok untuk kawula muda. Tidak ada salahnya jika anda dan kekasih anda memotret pemandangan ataupun sekadar selfi saja di Bukit Cinta.

  • Alamat Kebondowo, Banyubiru, Semarang, Jawa Tengah
  • Biaya masuk  Rp. 3.000,- (hari biasa) dan Rp. 3.500,- (hari minggu/libur)

4. Pemandian Air Alam Muncul

Anda dan kekasih ingin mandi atau berendam dengan suasana alam sudah sepatutnya anda mencoba mandi di Pemandian Air Alam Muncul. Pemandian Air Alam Muncul ini berasal dari mata air yang muncul dari dasar kolam yang membuat air kolam terasa menyegarkan. Badan segar setelah mandi dan pikiran menjadi fresh. Selain berendam, anda dan kekasih juga dapat melihat ikan-ikan yang bebas berenang.

Informasi

  • Alamat Dusun Muncul, Desa Rowoboni, Kec. Banyu Biru, Kab. Semarang
  • Biaya masuk Rp. 5.000,- (Hari Biasa), Rp. 10.000,- (Hari Libur),

5. Wahana Air Atlantic Dreamland

Sebenarnya Wahana Air Atlantic Dreamland merupakan sebuah wahana rekreasi  air yang diciptakan untuk rekresi keluarga, namun anda dan kekasih layak untuk mencobanya. Anda dan kekasih dapat bersenang-senang mencoba berbagai macam wahana yang ada.

Adapun wahana yang terdapat di Wahana Air Atlantic Dreamland adalah Water Toys, Water Ball, Carousel, kolam renang, Water Boom, CircularTrack, FlyingFox, Coaster, ATV, Boom-BoomCar dan masih banyak lagi. Disana juga terdapat beberapa fasilitas seperti toilet, mushola, restoran dan juga tempat parkir yang luas. Wahana Air Atlantic Dreamland ini terletak di Jalan Soekarno-Hatta, Kota Salatiga.

Informasi

  • Alamat Jalan Soekarno-Hatta, Kota Salatiga.
  • Biaya masuk Rp. 40.000,-

6. Air Terjun Umbul Songo

Salatiga memang gudangnya tempat wisata alam, salah satunya adalah Air Terjun Umbul Songo. Ketinggian  dari air terjun ini adalah 1.450 mdpl. Banyak yang belum mengetahui tentang tempat wisata ini dikarenakan lokasi wisata yang cukup jauh. Oleh karena itu tempat wisata di salatiga ini panoramanya masih asri. Di sana anda dan kekasih akan disuguhkan sebuah pemandangan yang indah nan eksotis, tidak hanya itu hawa sejuk juga terasa sembari berkuda bersama.

Informasi

  • Alamat Kawasan Kopeng, Getasan, Kab. Semarang
  • Biaya masuk Rp. 5.000,-

7. Agrowisata Salib Putih

Agrowisata Salib Putih juga terletak di kawasan wisata Kopeng tepatnya di Jalan Hasanudin Km 4,  Salatiga – Kopeng. Di Agrowisata Salib Putih terdapat ecopark hotel yang dipenuhi dengan beragam fasilitas menarik diantaranya outbound, perkebunan, serta taman bermain.

Tidak hanya itu Agrowisata Salib Putih juga menaarkan camping ground yaitu arena perkemahan. Keluarga Anda dan kekasih dapat mengadakan acara camping bersama menikmati suasana malam yang indah berhiaskan lampu-lampu kota Salatiga.

Informasi

  • Alamat Jalan Hasanudin Km 4,  Salatiga – Kopeng
  • Biaya masuk Tergantung biaya menginap di vila

8. Umbul Sidomukti

Tidak afdol bila sudah sampai Salatiga dan tidak menyempatkan ke Umbul Sidomukti, yang mana cukup dekat untuk dijangkau jika berkunjung ke Salatiga. Umbul Sidomukti menawarkan sensasi berenang di atas bukit laksana berenang di awan. Anda dapat berenang bersama kekasih dengan melihat panorama alam yang indah sekitar.

Tidak hanya kolam renang, Umbul Sidomukti juga menyediakan wahana flying fox di ketinggian, pengalaman bermain flying fox sangat cocok untuk anda dan kekasih yang suka tantangan karena memacu adrenalin. Naik dari Umbul Sidomukti terdapat Pondok Kopi, yaitu sebuah kedai kopi yang mengusung sensasi minum kopi di atas awan.

Informasi

  • Alamat Bandungan, Kab. Semarang
  • Biaya masuk Rp. 2.000,- (tiket masuk motor), Rp. 5.000,- (tiket masuk mobil), Rp. 15.000 (tiket renang/orang), untuk flying fox dikenakan tarif tersendiri

9. Gunung Telomoyo

Lokasi Gunung Telomoyo dekat dengan kawasan wisata Kopeng walaupun secara administratif sudah tidak termasuk wilayah Salatiga. Pemandangan yang disuguhkan sangatlah indah, anda dan kekasih dapat naik motor dari bawah sampai menuju ke puncak.

Selama perjalanan, anda dan kekasih akan merasa bernostalgia kembali ke masa kanak-kanak teringat dengan lagu anak berjudul naik-naik ke puncak gunung, dikarenakan sepanjang jalan menuju tempat wisata di salatiga ini terdapat banyak pepohonan.

Informasi

  • Alamat Kabupaten Semarang dan Magelang
  • Biaya masuk: – Tergantung

10. Jalan Tol Salatiga

Jalan tol salatiga memang bukan salah satu tempat wisata yang ada di Kota Salatiga. Namun tidak ada salahnya jika anda dan kekasih melewati jalan tol ini untuk menuju Salatiga. Pasalnya sepanjang ruas jalan tol Bawen-Salatiga menyuguhkan pemandangan alam yang menawan, tak ayal jika dijadikan buah bibir di kalangan masyarakat. Pemandangan lanskap pegunungan Merbabu dan juga didukung dengan pemandangan sawah nan asri.

Tidak hanya itu pada jalan keluar tol tepatnya Tingkir, kalian akan disuguhi pemandangan gunung Telomoyo. Untuk kedepannya ruas jalan tol ini akan dibangun dengan rest area yang di dalamnya terdapat gardu pandang dan tempat makan. Perjalanan anda dan kekasih ke Kota Salatiga akan jadi lebih menyenangkan lewat Jalan Tol Salatiga.

Informasi

  • Alamat Ruas Jalan Tol Salatiga-Bawen
  • Biaya masuk Menyesuaikan tiket masuk jalan tol, Rp. 7.500,- (tiket masuk Gerbang Tol Salatiga)

Akhir Perjalanan

Sekian informasi mengenai tempat wisata di Salatiga yang wajib anda kunjungi jika berpergian bersama sang kekasih. Semoga anda dan kekasih dapat membayangkan seandainya pergi liburan ke Salatiga, destinasi tempat wisata mana saja yang harus dikunjungi. Selamat berliburan dan bersenang-senang bersama kekasih!

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.