10 Tempat Wisata Di Kabupaten Tegal Yang Perlu Kamu Kunjungi

0 40

Ingin berwisata ke tempat wisata di kabupaten Tegal yang murah dan mempunyai spot bagus untuk selfie? Nah, kali ini saya akan memberikan sedikit gambaran beberapa tempat wisata yang perlu kamu kunjungi yang ada di Kabupaten Tegal. Penasaran?  Yuk, simak artikel berikut:

Tempat Wisata Di Kabupaten Tegal

1. Bukit Goa Lawa / Bukit Batu Agung

Wisata yang pertama yaitu terletak di sekitar 3 desa, yakni Desa Harjawinangun, Desa Bukateja dan Desa Batu Agung yang berada di Kecamatan Balapulang, Kabuoaten Tegal. Bukit ini dinamakan Goa Lawa, karena terdapat banyak (Lawa=Kelelawar) yang bersemayam didalamnya. Kamu juga dapat melihat batu-batu besar dengan pemandangan yang sangat indah, sehingga kamu tidak perlu bingung kalau banyak orang pula menamakannya adalah Bukit Batu Agung.

2. Curug Cantel

Pemandangan berupa air terjun, akan kamu jumpai di Kabupaten Tegal. Khususnya  di pedukuhan Kalipedes, Dusun Sigedong, Kecamatan Bumijawa. Untuk menuju Curug Cantek ini kamu harus tracking sejauh 400 meter dari jalan raya dan menyusuri sungai, yang memiliki arus cukup deras. Curug Cantel dengan ketinggian 60 meter ini juga dipisahkan oleh 2 bukit yang terdapat sungai ditengahnya, sehingga sangat disayangkan, jika kamu lewatkan begitu saja.

3. Pantai Purwahamba Indah (Pur’in)

Pantai Purwahamba Indah yang biasa disingkat Pur’in ini juga menjadi salah satu tempat wisata yang ramai dikunjungi pada hari libur. Karena tempatnya memang cocok untuk acara keluarga dan anak. Walaupun pasirnya tidak putih, seperti pasir pantai di Bali. Namun, jangan salah menilai keindahan Pur’in ini guys, disini kamu juga dapat menikmati wahana lain, ketika kamu masuk Taman Sosro, kolam renang, kebun binatang dan sebagainya.

4. Situs Manusia Purba Semedo

Berbicara wisata budaya ini tidak akan terlepas dengan sejarah. Nah, wisata di Kabupaten Tegal yang memiliki nilai budaya dan sejarah salah satunya adalah Situs Manusia Purba Semedo yang berada di Desa Semedo, Kecamatan Kedung Banteng. Disini kamu dapat melihat banyak fosil manusia dan binatang purba serta alat yang ia gunakan sekitar 1 jutaan tahun yang lalu. selain itu, kamu juga dapat melakukan ziarah ke makam mbah Semedo. Yaitu tokoh sesepuh Kabupaten Tegal khususnya pendiri Desa Semedo ini.

5. Konsorsium Rumah Wayang

Bagi kamu yang gemar wisata budaya, saat berada di Tegal mungkin akan cocok untuk mengunjungi Rumah Wayang yang terletak di sanggarnya Bapak Bupati Tegal, alias Dalang Ki Enthus Susmono, tepatnya di dekat Jembatan Lemah Duwur, Talang, Kabupaten Tegal. Kamu dapat melihat koleksi wayang, baik wayang kontemporer, wayang golek, wayang kulit dan sebagainya, bahkan kamu pun dapat melihat cara pembuatan wayang guys. Wah…menarik bukan?

6. Bukit Sitanjung

Bukit Sitanjung atau Gunung Tanjung ini menjadi tempat fenomenal yang biasa dikunjungi masyarakat pada hari Rabu terakhir dibulan Syafar, atau biasa kita sebut dengan Rabu Pungkasan/ Rabu Wekasan. Di hari ini, banyak orang berdatangan ke bukit Sitanjung guna berziarah ataupun sekedar mendaki untuk membuang kesialan yang ada pada dirinya. Konon katanya, hari rabu ini merupakan hari kesialan, namun sebenarnya semua hari itu adalah baik. Rabu pungkasan ini sudah menjadi adat atau tradisi orang Jawa, khususnya warga Tegal yang berada di Kecamatan Lebaksiu,

7. Danau Beko

Danau Beko yang berlokasi di Dusun Karangdawa, Desa Karangasem, Kecamatan Margasari, Kabupaten Tegal ini bukan merupakan tempat wisata yang sengaja dibuat. Asal mula danau Beko ini adalah cekungan bekas pertambangan kapur, yang lama-kelamaan terisi air hujan, sehingga membentuk kurang lebih 5 cekungan berair dan diberi nama Danau Beko. Alhasil, sekarang bekas pertambangan kapur ini menjadi tempat wisata yang sangat bagus dan perlu kamu kunjungi guys.

8. Jembatan Gantung Danawarih

Sekarang sedang ngetrend selfie di jembatan gantung, kamu juga bisa kok. Apalagi tempatnya murah dan cukup strategis untuk dikunjungi, yaitu Jembatan Gantung Danawarih. Jembatan ini memiliki panjang skeitar 273 meter dengan lebar 1 meter. Jembatan yang dibangun pada tahun 1992 ini berfungsi sebagai penghubung antara Desa Sangkanjaya dengan Desa Danawarih, Namun banyak muda-mudi yang sengaja menjadikan tempat spot foto yang apik dan juga murah bahkan gratis.

9. Wisata Kesehatan Jamu (WKJ)

Wisata Kesehatan Jamu ini sengaja dibuat untuk menanam tanaman obat-obatan yang berada di Desa Kalibakung, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal. Tempat wisata WKJ ini ramai dikunjungi oleh para pelajar, bahkan orang umum untuk sekedar berfoto-foto di hutan yang berisi berbagai macam tanaman obat. Ada pula dokter, apoteker yang akan memberikan kamu penjelasan mengenai tanaman obat di wisata ini. Selain memperoleh ilmu, kamu juga akan di suguhkan pemandangan aliran sungai yang berada di sisi bukit loh.

10. Pemandian Air Panas Guci

Nah, mungkin sudah tidak asing lagi dengan wisata yang satu ini? Yakni Pemandian Air Panas Guci, yang berada di Desa Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. Disini kamu dapat menikmati hangatnya air pemandian yang konon katanya ampuh menghilangkan penyakit loh, seprti penyakit reumatik, penyakit kulit dan sebagainya. Selain itu, ada wahana yang dapat kamu coba, yaitu Waterboom Guci serta kolam renang dan penginapan berkelas. Guci juga sangat ramai di kunjungi pada akhir pekan dan hari libur.

Akhir Kata

Selain wisata di atas, masih banyak tempat wisata di kabupaten Tegal yang tidak saya cantumkan. Oleh karena itu, jangan sungkan untuk mampir di salah satu tempat wisata di atas sobat.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.