Tantangan Mendaki Gunung Lawu Lewat Jalur Cemoro Sewu

0 32

Mendaki Gunung Lawu melalui Cemoro Sewu bisa jadi jalur paling aman bagi para pemula

Gunung Lawu bisa digolongkan gunung yang tinggi. Dengan tinggi puncak tertinggi yaitu Puncak Hargo Dumilah di ketinggian 3.265 mdpl, Lawu menjadi gunung tertinggi ke enam di Pulau Jawa.  Keindahan pemandangan dari Hargo Dumilah sangat sepadan dengan perjuangan untuk mencapainya.

indahnya gunung lawu

Rasa penat berjalan jauh terbayang sudah melihat pemandangan yang indah dari puncak ini. Tak lupa foto-foto Instagramable akan siap menghiasi akun-akun sosmedmu.

Jalur Pendakian Gunung lawu Jawa Tengah

Untuk mencapai mendaki Gunung Lawu ada beberapa jalur yang bisa kita gunakan. Yang Pertama adalah jalur pendakian Cemoro Kandang yang terletak di Karanganyar, Jawa tengah. Konon jalur ini cukup menantang. Jadi, buat kalian yang masih belum terlalu ahli mendaki gunung atau yang masih pemula tidak disarankan mendaki lewat jalur ini.

Tak jauh dari Cemoro Kandang, tapi sudah masuk wilayah Jawa Timur, terdapat jalur pendakian lain yaitu Cemoro Sewu. Jalur ini lebih ramah untuk pemula dibandingkan dengan jalur Cemoro Kandang. Selain kedua jalur utama yang sering dilewati pendaki itu, ada jalus lain seperti jalur Candi Cetho.

Mendaki Lewat Cemoro Sewu

Karena saya dan beberapa teman masih tergolong “pemula” dalam mendaki gunung, akhirnya kami memilih jalur pendakian Cemoro Sewu. Jalur pendakian ini terletak di Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Dengan membayar kontribusi sebesar Rp. 10.000,00 per orang di basecamp Cemoro Sewu, kami pun memulai pendakian.

Jarak dari basecamp menuju pos satu memiliki jarak yang terjauh dibandingkan dengan jarak antar lainnya antar pos. Disini kita akan menempuh jalur sedikit menanjak, tapi tanjakannya memiliki tingkat kemiringan yang sama. Tidak naik turun.

Di jalur ini hingga seterusnya nanti tidak banyak “bonus” track landai. Jadi, dari awal memang harus menyiapkan tenaga dan daya tahan yang cukup besar.

Jalur pendakian Cemoro Sewu ini di dominasi oleh jalan setapak dengan landasan batu yang sudah tertata rapi. Jadi, jalur ini memang sudah dibuatkan semacam “paving” dari bebatuan. Ini membuat jalan yang kita tempuh menjadi lebih stabil dan tidak takut longsoran tanah. Akan tetapi, jalur yang keras sepanjang jalan membuat kaki cepat terasa lelah.

Mulai Pos 5, Pemandangan Akan Terlihat

Dari basevamp hingga pos 4 jalur didominasi dengan pemandangan pepohonan karena jalur berada di Hutan. Tidak banyak pemandangan yang bisa dilihat. Barulah di Pos 4 kita bisa melihat pemandangan yang luar biasa. Saya bersama rombongan tiba di Pos 4 menjelang maggrib. Jadi, lumayan bisa menikmatimatahari terbenam meskipun tidak bisa dibilang sunset terbaik.

Perjalananpun dilanjutkan ke pos lima dan Sendang Drajat. Sendang Drajat adalah tempat yang cukup nyaman buat berkemah. Soalnya, dari sini dekat dengan sumber air da nada warung juga seperti terdapat di beberapa pos lainnya.

Jadi, kemanan dan kenyamanan cukup terjaga. Dari sini kita bisa meninggalkan tenda untuk kemudian memburu keindahan Puncak Hargo Dumilah, puncak tertinggi Gunung Lawu yang Indah.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.