Recomended buat Pecinta Binatang: Tahura Ngargoyoso Karanganyar

0 15

Di Tahura Ngargoyoso, siapa saja bisa bisa menikmati keindahan alam, sekaligus berjumpa dengan berbagai satwa yang hidup bebas di alam

Buat kalian yang suka dengan berbagai satwa atau bahkan mengaku sebagai pecinta binatang, aku ada rekomendasi tempat wisata. Terutama buat teman-teman yang tinggal, kuliah, sekolah, atau kerja di Jawa Tengah.

tahura-ngargoyoso karanganyar

Pasti bosen dong kalo wisata berjumpa dengan satwa-satwa cuman di kebun binatang saja. Nah, ini salah satu tempat yang cocok dan anti mainstream.  Tempat nya adalah Taman Hutan Raya (Tahura) K.G.P.A.A. Ngargoyoso I.

Lokasi Tahura Ngargoyoso

Tahura Ngargoyoso ini terletak di kompleks belakang Candi Sukuh, Desa Berjo, Ngargoyoso, Karanganyar. Tempatnya hanya memerlukan waktu sekitar 1,5 jam dari Kota Solo. Jadi masih cukup terjangkaulah untuk teman-teman yang bersada di Solo dan sekitarnya. Tempat wisata ini pun sudah dikelola dengan professional.

Dibawah pengelolaan Balai Penelitian Tumbuhan dan Pengelolaan (BPTP) Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Tengah, Tahura Ngargoyoso sangat terawat dan menyimpan banyak keindahan dan fasilitas yang dapat kita nikmati. Bagi teman-teman yang senang ngecamp atau cuman tidak puas menikmati tempat ini sehari saja bisa menginap di bumi perkemahaan.

Menikmati suasana malam di alam bebas akan terasa menyenangkan. Kita juga bisa memilih wisata berjalan kaki menyusuri Tahura yang sungguh luas. Jika belum puas juga masih ada pilihan lain yaitu main air di air terjun Parangijo. Belum lagi ada Sendang Raja, Situs Cemoro Bulus dan banyak daya tarik lainnya.

Rumah Satwa Seluas 200 hektare

Selain bisa menikmati keindahan alam, kita juga bisa berjumpa dengan berbagai satwa yang hidup bebas di alamnya. Tidak seperti di Kebun Binatang dimana hewan-hewan dikurung dalam kandang-kandang yang bisa dibilang kecil, disini mereka memiliki ruang hidup yang jauh lebih luas.

Di dalam fasilitas dengan luas lahan hingga lebih dari 200 hektare ini berbagai Satwa tinggal di dalamnya. Bandingkan saja dengan kebun binatang yang luasnya bisa dibilang tak seberapa. Belum lagi hewan-hewan harus dikekang di dalam kandang-kandang.

Wisata Edukatif pun Ada

Wisata yang cuman berisi jalan-jalan dan hiburan saja mungkin tidak cukup buat teman-teman yang benar-benar pecinta binatang dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Jika begitu, tentru saja berwisata sambil menambah pengetahuan akan flora dan fauna menjadi daya tersendiri.

Dengan berada dibawah BPTP) Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Tengah tentu saja kita bisa menambah pengetahuan tentang dunia flora dan fauna.Dalam lahan itu paling tidak terdapat 42 jenis burung. Termasuk elang jawa. Kemudian 52 koleksi pohon. Dengan begitu kita bisa melihat secara langsung flora dan fauna yang sebelumnya mungkin hanya bisa kita lihat dalam bentuk gambar dan video.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.