Pesona Bledug Kuwu, Ledakan Lumpur Berdiameter 650 Meter Sarat Legenda Tanah Jawa

0 76

Selain lumpur Lapindo, di Jawa Tengah juga memiliki wisata alam yang berhubungan dengan lumpur juga loh!! Namanya..Bledug Kuwu. Bledug Kuwu memang bukan merupakan objek wisata baru, namun eksistensinya kurang diketahui oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Padahal, objek wisata Bledug Kuwu memiliki pesona keindahan alam yang unik.

Bledug Kuwu Grobogan

Daya tarik Bledug Kuwu sendiri terletak pada letupan-letupan bola lumpur yang diakibatkan oleh tekanan gas dari dalam tanah sehingga membentuk bola lumpur besar yang terangkat keatas dan meletup terus menerus. Intensitas letupan berlangsung selama dua hingga tiga menit. Bola lumpur yang meletup memiliki diameter sekitar 650 meter dengan tinggi letupan bervariasi antara 1 meter hingga 10 meter.

Eiitss..kamu tidak perlu khawatir, meskipun letupan di Bledug Kuwu terlihat ada asap, namun lumpur disini tidak terasa panas seperti lumpur lapindo kok. Satu lagi keunikan dari Bledug Kuwu yang perlu kamu ketahui adalah adanya kandungan garam pada air yang keluar mengikuti letupan tersebut. Padahal, Bledug Kuwu tidak berada di daerah pesisir pantai, justru cenderung sangat jauh dari pantai. Aneh, kok bisa ya??

Asal Usul Bledug Kuwu

Asal usul nama Bledug Kuwu diambil dari Bahasa Jawa, “bledug” yang berarti letupan atau letusan. Sedangkan “kuwu” yang berarti tersebar, atau menyebar ke beberapa tempat. Menurut cerita masyarakat yang beredar, Bledug Kuwu ini merupakan jejak sisa perjalanan ular naga Joko Linglung.

Joko Linglung ditugaskan untuk menangani Prabu Dewata Cengkar Raja Kerajaan Medang Kamolan sebelum Aji Saka yang telah berubah menjadi buaya putih di Laut Selatan. Hal itu dilakukan Joko Linglung sebagai syarat agar Joko Linglung diakui sebagai anaknya Aji Saka Raja Kerajaan Medang kamolan. Melalui Lubang tersebut Joko Linglung melakukan perjalanan pulang dari laut selatan menuju Kerajaan Medang Kamolan.

Oleh sebab itu, masyarakat percaya jika lumpur dan air yang ada di “Bledug Kuwu” ini masih ada hubungannya dengan laut pantai selatan. Kepercayaan masyarakat ini diperkuat oleh rasa air dari lumpur tersebut yang asin dan ternyata mengandung garam. Hmmm..begitu ya??

Akses Menuju Bledug Kuwu

Bledug Kuwu terletak di Desa Kuwu, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan. Lokasi tepatnya sekitar 28 Km ke arah timur menuju Purwodadi. Jika kamu ingin berkunjung kesana, jalur yang ditempuh hanya bisa menggunakan jalur darat.

Akan lebih praktis lagi jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, karena sangat jarang ditemukan angkutan umum yang menuju Bledug Kuwu ataupun angkutan dari arah Bledug Kuwu.

Nah, akses menuju Bledug Kuwu jika dari Semarang sangatlah mudah. Kamu tinggal masuk jalan Semarang-Purwodadi menuju kota Purwodadi. Setelah sampai di kota, kamu harus melanjutkan perjalanan menuju Bledug Kuwu melalui jalan Purwodadi-Blora.

Mau piknik sambil belajar legenda-legenda tanah jawa? Bledug Kuwu tempatnya! Jadi, tunggu apalagi?

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.