Let’s travel together.

7 Obyek Wisata Cilacap Yang Sering Di Kunjungi Wisatawan

0 137

Bukan hanya di ibu kotanya saja yang banyak memiliki obyek wisata entah itu wisata alam, wisata, buatan sampai dengan wisata kuliner, tetapi kabupatennya pun juga banyak obyek wisata yang sering di kunjungi banyak wisatawan terkhusus  Wisata Cilacap di wilayah jawa tengah.

wisata

Jawa tengah juga memiliki banyak obyek wisata dengan panorama pesona alam yang belum tentu semua orang mengetahuinya dan masih banyak obyek wisata di jawa tengah yang masih tersembunyi.

Nah, salah satu daerah yang memiliki banyak obyek wisata yang paling di kunjungi banyak orang dan memiliki banyak potensi budaya yang luar biasa karena merupakan tempat transisi antara budaya jawa dan sunda. yaa,,apalagi kalau bukan wisata Cilacap Provinsi Jawa Tengah.

Khususnya juga buat yang ada di wilayah jawa tengah,Jangan khawatir untuk mencari tempat wisata di jawa tengah,

karena di artikel ini saya akan membahas tentang wisata cilacap yang sering di kunjungi wisatawan.

Wisata Gunung Selok Cilacap

Gunug Selok Cilacap merupakan  wisata cilacap yang terletak di Desa Karangbenda, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap Jawa Tengah.

visit

Keindahan Gunung Selok Cilacap ini sangat cocok dan baik jika dilihat dari kedekatan maupun kejauhan karena gunung selok ini memiliki pesona keindahan yang tidak ada duanya.

Gunung selok ini lebih sering dikenal sebagai tempat ritual karena dulunya banyak orang yang melakukan ritual atau berdo’a dan merupakan tempat yang di huni para dewa yang  terdapat petilasan Sang Hyang Wisnu dan Batu Tapak Bima.

Tetapi dengan adanya ritual di Gunung ini juga bukan hal yang tepat untuk meminta sesuatu dan secara tiba-tiba keinginannya tecapai setelah melakukannya.

Wisata Pulau Nusakambangan Cilacap

Selain pulau ini memiliki nilai mistis dan keunikan, tetapi pulau nusakambangan cilacap ini juga memiliki banyak nilai historis yaitu dulunya pulau ini sering dijadikan sebagai tempat ritual waktu sebelum negara indonesia belum merdeka.

wisata

Pulau yang dulunya merupakan tempat yang diduduki oleh Bangsa Portugis dan Belanda didalamnya masih terdapat peninggalan-peninggalan Prasasti pada Zaman Belanda seperti macam-macam bentuk bunga di dekat area pohon bakau.

Dibalik misteri yang ada dalam Pulau Nusakambangan Cilacap, tetapi juga sangat cocok dijadikan tempat berpetulangan karena memiliki hutan yang eksotis dan pemandangan yang memukau.

Wisata Curug Mandala Cilacap

Bukan hanya gunung dan pantai yang cilacap miliki, melainkan cilacap juga memiliki curug yang sangat terkenal dan banyak sekali pengunjungnya yaa, apalagi kalau bukan “curug mandala cilacap”.

wisata

Curug mandala cilacap terletak di Desa Mandala, Kecamatan Jeruklegi, kabupaten Cilacap Jawa Tengah tepatnya disamping timur bandara Tunggul Walung Cilacap.

Curug yang dikenal miris ini merupakan tempat yang digunakan sebagai tempat bercocok tanam untuk penebangan liar, oleh karena itu pohon rindang penyimpanan air  disekeliling hampir musnah semua.

Air yang mengalir di beberapa titik dan menuruni tebing membuat air terjun terlihat unik karena tidak hanya membentuk garis lurus aliran itu aja  tetapi juga menjadikan salah satu pemandangan yang dapat disajikan.

Wisata Gunung Srandil Cilacap

Hampir setiap hari di gunung srandil cilacap ini ramai akan adanya peziarah karena tempat tersebut tidak hanya dikenal oleh kalangan warga masyarakat jawa tengah khususnya di cilacap sendiri.

wisata

Karena  banyaknya daerah-daerah luar jawa tengah yang sudah mengenal  wisata cilacap gunung srandil cilacap seperti Sumatra, Bali, Kalimantan dan Sulawesi, dan biasanya para peziarah mengunjunginya setiap malam jum’at kliwon atau selasa kliwon pada bulan asyuro untuk bertapa.

Banyak petilasan-petilasan orang di gunung srandil cilacap ini yang di anggap memiliki kemampuan kesaktian mandraguna di tempat-tempat yang disingggahi dan sakral dianggap sebagai keramat.

Dengan adanya keunikan-keunikan di gunung srandil tersebut, tempat ini menjadi sangat popular dan menjadi wisata cilacap yang histeris dan religious.

Wisata Pantai Teluk Penyu Cilacap

Teluk penyu Cilacap adalah pantai yang memiliki pasir hitam dengan ombak sangat besar yang terletak di Kecamatan Cilacap Jawa Tengah yang berjarak 2 km dari Kabupaten Cilacap.

wisata

Namanya memang cukup unik, karena dulunya  teluk penyu cilacap digunakan sebagai tempat pengembangan penyu,  dan pantai ini juga memiliki banyak destinasi pemandangan yang sangat indah di bandingkan pantai – pantai yang lainnya.

Selain disuguhkan dengn pemandangan yang sangat indah, di pantai ini juga di sediakan beberapa fasilitas seperti mushola, tempat parkir, gazebo, lapangan voli, mercusuar dan water sport.

wisata

Istimewanya lagi anda tidak akan bosan, karena di pantai ini juga banyak aktivitas yang bisa di lakukan contohnya bersantai, bermain bola, memancing hingga berenang sekalipun juga ada penjaganya sendiri yang mengawasi ketika kita berenang.

Wisata Hutan Payau Cilacap

Hutan Payau Cilacap sebenarnya memiliki nilai tersendiri daripada wisata yang lainnya karena awalnya tempat ini hanya digunakan untuk berhura-hura saja dan memiliki nilai edukasinya tersendiri.

wisata

Untuk keadaan hutan ini yang sekarang juga sangat memprihatinkan sebab lautnya sedang mengalami masa sedimentasi untuk menyebabkan pendangklan yang cukup drastis, bahkan bila airnya sedang surut, di hutan ini hampir tidak ada airnya yang ada hanya lumpur semata.

Meskipun hutan payau cilacap memiliki banyak kekurangannya, tetapi sangat diwajibkan bagi para wisatawan untuk berkunjung kesini agar tahu bahwa cilacap juga memiliki wisata hutan mangrove atau bakau yang sangat terkenal dan bersejarah ini.

wisata

Yang tak kalah menarik di hutan ini juga terdapat tempat spot foto yang sudah disediakan dan terletak di belakang hutan payau di dermaga cinta.

Dan bagi anda yang suka kuliner jangan khawatir yaa, disini juga tersedia beberapa warung. Mulai dari  yang menjajakan makanan ringan dan berat serta minuman-minuman segar dan khususnya juga untuk makanan kuliner khas cilacap dan wisata cilacap lainnya.

Wisata Kemit florest Cilacap

Nah, yang terakhir ini merupakan wisata cilacap yang sangat instagramable dan sering di kunjungi wisatawan “kemit forest” namanya.

wisata

Udah kelihatan bangetlah yaa dari judulnya kemit forest yang artinya “hutan kemit”.

Banyak juga orang yang mengatakan bahwa kemit forest cilacap sangat mirip dengan hutan pinus kragilan yang ada di magelang karena dari pohon pinus dan spot-spot yang digunakan untuk selfi juga hampir sama.

Kemit forest cilacap tidak hanya menyajikan pemandangan dan spot foto-foto sekarang juga mulai dibuat wahana-wahana untuk bermain dan juga fasilitas edukasi seperti perpustakaan bagi yang gemar membaca.

wisata

Lebihnya lagi disana juga disediakan tempat duduk umum di depan perpustakaan, jadi dengan adanya pemandangan yang sangat memukau tersebut itu merupakan salah satu suguhan yang paling indah dan cocok untuk menemani belajar anda.

trimakasih telah mengunjungi situs wisata cilacap kami..

tunggu ya untuk wisata cilacap yang lainnya dan wisata-wisata yang ada di jawa tengah

Leave A Reply

Your email address will not be published.