Menikmati Wisata Alam Bukit Cumbri Yang Eksotis, Cocok Untuk Pendaki Pemula

0 25

Wisata Bukit Cumbri terletak di Desa Biting, Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Secara strategis, Bukit Cumbri terletak di perbatasan Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Ponorogo. Nama cumbri sendiri berasal dari kata “COKBRI” yaitu “Cok-Diencoki” dan Bri berasal dari “Manuk Beri” atau dalam bahasa indonesianya berarti burung Beri.

Bukit ngehitz yang terbilang baru ini berada pada ketingian 638 m diatas permukaan laut. Jangan salah gaes..keindahan alam yang disuguhkan tak kalah menarik dibanding lokasi wisata yang sudah populer sebelumnya seperti Bukit Sikunir bahkan wisata alam mountaineering seperti di Gunung Merbabu, Lawu dan lainnya.

Alasan Kenapa Kamu Wajib Datang ke Bukit Cumbri

Tak heran jika Bukit Cumbri dari hari ke hari senantiasa menarik perhatian para traveler untuk berlibur atau hanya sekedar ber-swafoto ria bersama teman dan mengunggahnya di instagram. Pasalnya bukit ini mempunyai banyak alasan kenapa kamu wajib menjadikannya sebagai list destinasi wisata kamu. Ini dia alasannya!

1. Menanti Sang Surya Terbit di Ufuk Timur

Siapa sih yang gak suka sunrise? Hampir kebanyakan dari kita semua suka banget sama momen ini bukan? Bahkan sebagian ada yang rela bersusah payah hingga naik ke puncak gunung ribuan meter untuk menyaksikan momen terbitnya matahari dari ufuk timur. Buat kamu yang suka menikmati indahnya cahaya keemasan ciptaan Tuhan yang tiada duanya ini, wajib hukumnya untuk mencoba sensasinya dari sisi yang berbeda di Bukit Cumbri.

Kamu bisa mendirikan tenda disini gaes, karena banyak terdapat bidang datar yang memungkinkan didirikan banyak tenda. Jangan lupa ajak teman seperjalanan kamu untuk menikmati secangkir kopi hangat ditemani indahnya kerlip lampu kota disekeliling Bukit Cumbri sambil menunggu sunrise tiba.

2. View Hamparan Seribu Bukit

Nah..setelah fajar menyingsing dan hari mulai siang, pemandangan sekitar bukit cumbri akan berubah yang tadinya kerlip lampu perkotaan menjadi hamparan persawahan disekeliling perbukitan yang luas. Semuanya masih nampak hijau dan asri dibarengi dengan udara sejuk tanpa polusi. Hmmmm….sungguh terapi yang tepat untuk otak dan tubuh yang lelah atau untuk sekedar merelaksasi diri.

3. Senja yang Menawan di Sore Hari

Keindahan sore hari di Bukit Cumbri tak kalah eksotisnya. Kamu bisa mengantar matahari kembali ke peraduannya sebelum siang berganti dengan malam. Jika cuaca mendukung, senja dengan cahaya merah jingga yang sempurna bisa kamu dapatkan disini. Wahhh…..makin penasaran kan?

4. Persiapan Logistik yang Sederhana.

Jangan kamu bayangkan naik gunung dengan membawa tas carrier yang berat, untuk sampai ketempat ini. Di Bukit Cumbri kamu akan menemui banyak penjual makanan dan minuman diatas sana. Meski harganya sedikit lebih mahal, namun itu sangat membantu agar kamu tidak terlalu membawa logistik berat dari bawah.

5. Medan Trekking yang Ringan dan Tidak Panjang

Bukit Cumbri memiliki medan trekking yang tergolong ringan dan tidak panjang untuk sampai ke puncak. Sangat cocok bagi kamu pemula yang ingin mencoba sensasi trekking namun jarang atau bahkan belum pernah naik gunung sekalipun. Perjalanan yang dibutuhkan untuk sampai ke puncak sekitar 1jam lamanya. Sebagian besar trek berupa tanah disertai hamparan padang rumput yang luas, tidak banyak ditemukan medan yang terjal, hanya beberapa medan dengan sedikit bebatuan tetapi masih banyak trek yang landai. Meski demikian tetap hati-hati ya gaes..kita tak pernah tau apa yang akan terjadi di alam bebas. Keep safety!

6. Wisata Alam Impian yang Murah Meriah

Untuk menikmati semua keindahan alam ini kamu tidak dikenakan biaya sepeserpun. Ingat..sepeserpun!! Woow…Kamu cukup bayar parkir sebesar Rp. 3000,- untuk motor dan Rp. 8000,- untuk mobil. Yakin masih gak mau coba???

Akses Menuju Lokasi Wisata Bukit Cumbri

Akses jalan menuju loksi terbilang mudah karena bisa dilalui kendaraan roda dua ataupun roda empat. Jika ingin menuju Bukit Cumbri dari Solo, kamu bisa melalui rute Solo-Wonogiri-Purwantoro-Desa Biting. Jika menggunakan kendaraan umum, cobalah naik bus AKDP jurusan Solo-Purwantoro kemudian turun di terminal Purwantoro setelah itu kamu bisa naik untuk rute selanjutnya menuju lokasi wisata.

Jika kamu berasal dari jalur timur (Madiun), rute yang bisa Kamu lalui adalah Madiun-Ponorogo-Purwantoro-Desa Biting. Bagi yang menggunakan kendaraan umum Bus Madiun Ponorogo-Ponorogo ke Purwantoro lalu turunlah di perbatasan Jawa Tengah- Jawa Timur. Nah..tunggu apa lagi gaes? Lengkapi pengalaman travellingmu ke Bukit Cumbri sekarang juga! Keep safety dan jangan lupa bawa turun sampahmu!

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.