Lubang Sewu, Grand Canyon-nya Wonosobo

0 22

Kurang apa lagi coba keindahan alam di Indonesia? Kalo Amerika Serikat punya satu Grand Canyon, kita punya tiga versi mininya di Indonesia. Meskipun versi mini yang artinya lebih kecil, tapi keindahan yang yang disuguhkah tentunya ga kalah sama yang asli di negara yang dipimpin oleh Donald Trump tersebut.

Lubang Sewu

Kali ini saya akan membahas Grand Canyon lagi nih teman-teman. Kalo teman-teman tahu, Indonesia puna tiga tempat yang mirip dengan Grand Cayon di Amerika serikat. Yang pertama itu adalah Brown Cayon di Semarang, dan kedua ada di Kabupaten Wonogiri, namanya Grojogan Selondo.

Nah, yang ketiga nih yang bakalan kita bahas disini yaitu Grand Cayon yang tempatnya di Wonosobo. Namanya adalah Lubang Sewu. Tepatnya terletak di Desa Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo.

Indonesia punya tiga Grand Canyon, selain yang ada di Semarang dan Wonogiri, Grand Canyon Wonosobo, Lubang Sewu juga memiliki pesona tersendiri

Hanya Ada pada Musim Kemarau

Sejatinya ini adalah kawasan waduk dimana waduk ini digunakan untuk kepentingan sekitar seperti pemasok bagi ketersediaan air irigasi untuk lahan-lahan pertanian di Wonosobo hingga Kebumen, dan sumber energi untuk menggerakkan turbin PLTA. Akan tetapi, ternyata Waduk Wadaslintang ternyata menyimpan keindahan yang tersembunyi di bawahnya.

Keindahan batu-batu dan karang itu akhirnya terungkap ketika musim kemarau tiba. Saat musim kemarau, air Waduk Wadaslintang mengering sehingga muncullah bebatuan yang disebut Lobang Sewu ini.

Lubang Sewu sendiri artinya adalah “Seribu Lubang”. Dinamakan lubang sewu karena bebatuan tersbut penuh lubang dan pola Indah yang disebabkan oleh kikisan Air Waduk. Nah benduk kikisan air tersebutlah yang menyebabkan bebatuan Lubang Sewu tampak seperti tebing-tebing Indah di Grand Cayon di AS.

Berburu Foto Instagramable

Awal ketenaran Lobang Sewu adalah karena banyak foto-foto yang beredar melalui media sosial. Foto-foto anak-anak muda di Lobang Sewu bertebaran di media sosial. Entah siapa yang memulai, tapi karena foto-foto di Lobang Sewu sangat Instagramable, pengunjung terus berdatangan dan kemudian mengunggah foto tersebut ke media sosial mereka masing-masing.

Betapa tidak, bentuk bebatuan yang indah dan unik seperti di Grand Canyon sangat menarik untuk menjadi latar belakang foto kita. Bisa juga berfoto duduk anggun di batu Lubang Sewu untuk dengan mengambil sutut foto menghadap ke waduk sehingga birunya Waduk Wadaslintang yang menjadi backgrown foto.

Tentu saja banyak pose lain yang bisa kita coba sebebas kita untuk menambah koleksi foto di media sosial.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.