Jembangan Wisata Alam (JWA): Destinasi Wisata dengan Spot Terlengkap Di Kebumen

0 41

Kabupaten Kebumen adalah kabupaten yang memiliki potensi wisata alam cukup beragam. Selain pantai dan pegunungan, Kebumen juga terdapat banyak wisata waduk dan telaga. Salah satu yang menarik perhatian wisatawan adalah Telaga Jembangan. Kok bisa? Ya..karena ternyata Telaga Jembangan memiliki keunikan tersendiri, dimana disekitar area telaga terdapat destinasi wisata Jembangan Wisata Alam atau yang lebih dikenal dengan JWA.

Jembangan Wisata Alam didirikan pada tahun 2011 dan diresmikan langsung oleh Bupati Kebumen Bapak Buyar Winarso. Jembangan Wisata alam (JWA) berlokasi di desa Jembangan, kecamatan Poncowarno, Kebumen Jawa Tengah. Konsep dari wisata ini adalah wisata alam dan edukasi. Lalu apa saja yang dapat kita jumpai jika berkunjung ke Jembangan Wisata Alam ini?

Restoran Apung Jembangan View

Jembangan View Restaurant and Lounge adalah sebuah restoran dengan view telaga dan perbukitan disekitarnya. Lokasinya masih berada di wilayah Jembangan Wisata Alam. Jembangan View baru dibuka pada tanggal 6 Agustus 2015. Meski tergolong baru, keberadaannya memiliki pengaruh besar dalam mendongkrak popularitas Jembangan Wisata Alam. Harga makanan disini standart dengan resto lain kok. Tidak mahal namun juga tidak terlalu murah, sepadan dengan apa yang bakal kamu dapatkan disana lah..

 

Jembangan View sangat cocok buat kamu yang pengin menghabiskan liburan bersama keluarga atau pasangan dengan makan bersama atau sekedar menikmati indahnya pemandangan sekitar. Konsep rustic ala-ala pedesaan di padu dengan hiasan lampu gantung membuat suasana tempat ini sangat romantis. Di malam hari, suasana akan berubah lebih romatis dengan hadirnya kerlip cahaya lilin dan lampu-lampu di sekeliling restaurant. Wow..sepertinya cocok buat acara lamaran nih, hehehe O iya..Jembangan View buka dari jam 09.30 pagi sampai 09.30 malam.

Wisata Air Menggunakan Perahu Naga

Di Jembangan Wisata Alam juga terdapat wahana air. Kamu bisa menikmati keindahan telaga Jembangan dengan berkeliling telaga menggunakan Perahu Naga.

Selain perahu naga juga disediakan sepeda air atau perahu goes. Harga sewa perahu naga adalah Rp. 15.000,- per orang selama 30 menit. Sedangkan harga sewa sepeda air adalah Rp. 15.000,- per sepeda selama 30 menit.

 

Wisata Edukasi Jembangan Fantasy Zoo

 

Nah..spot yang satu ini sangat cocok untuk edukasi. Jembangan Wisata Alam Juga memiliki kebun binatang mini. Konsep yang digunakan masih bernuansa pedesaan, asri dan bersih. Binatang yang ada didalamnya antara lain, burung, kera, reptil, dll. Tiket masuk wahana ini adalah Rp. 5000,- per orang.

Wahana Area Bermain Anak

Seorang anak memiliki naluri bermain yang sangat tinggi, mereka seringkali bosan terhadap lingkungan sekitarnya sehingga selalu melakukan tindakan-tindakan tidak terduga untuk memenuhi rasa penasaran mereka.

Oleh sebab itu, Jembangan Wisata Alam menyediakan wahana bermain anak seperti perosotan, outbond dan halang rintang lainnya untuk menghilangkan rasa bosan pada anak serta melatih kinestetik mereka. Bermain permainan outbond di pinggir telaga dengan pemandangan hijau yang asri sangat bagus untuk edukasi anak atau sekedar refreshing agar anak tidak bosan.

ada beberapa wisata serupa yang bisa kamu temukan di Jawa Tengah, misalnya:

Selain wahana-wahana yang telah disebutkan diatas, masih terdapat wahana lain seperti kolam pemancingan, zona outbond seperti ATV dan Flying fox, jembatan gantung dan jembatan pajengkolan, serta pemandangan sekeliling telaga dengan perbukitan yang hijau tentunya. Untuk tarif wahana bermain anak adalah Rp. 4000,-

Akses Menuju Lokasi Jembangan Wisata Alam

Kawasan JWA terletak di desa Jembangan, Kecamatan Poncowarno, Kabupaten Kebumen. Kecamatan Poncowarno ini merupakan Kecamatan yang terletak pada dataran tinggi. Akses untuk menuju lokasi kawasan wisata ini sudah sangat mendukung, yaitu jalan mulus beraspal hitam mengkilap, jalan berkelok-kelok mengikuti topografi yang ada. Sayangnya tidak ada sarana transportasi umum untuk menuju lokasi kawasan JWA ini. Kawasan JWA hanya bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi berjarak kurang lebih 20 Km dari Kebumen Kota.

Rute : Kota Kebumen – Jl. HM Sarbini – Kawedusan (Lurus terus) – Pertigaan Sruni (Belok Kiri) – Bojongsari (Belok Kiri)– Lerepkebumen (Belok Kiri) – Poncowarno – Lumbu – Jembangan – JWA (*Petunjuk jalan sepanjang jalan sudah sangat jelas).

Selamat Berlibur Gaes!!

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.