Grand Canyon Versi Wonogiri: Grojogan Selondo

0 18

Grojogan Selando merupakan air terjun yang terletak di sebuah ceruk di antara dua tebing batu. Di ceruk tersebut, kita akan dikelilingi tebing batu layaknya Grand Canyon

Pergi liburan ke luar negeri tentu akan menjadi hal yang menyenangkan. Di luar negeri ada banyak tempat wisata yang terkenal, seperti: menara Eifel, Tembok Besar Cina, Menara Pisa di Italia dan sebagainya. Tapi, untuk pergi ke luar negeri pastinya bakalan menghabiskan banyak sekali uang. Untuk tiket pesawat lah, belum penginapan, makan dan akomodasi lainnya. Belum lagi masalah paspor dan sebagainya.

Namun, jangan kecewa dulu, masih banyak kok tempat liburan di Indonesia yang tidak kalah keren dengan yang di luar negeri. Bahkan, beberapa tempat liburan di luar negeri kita punya versi lainnya. Salah satunya adalah Grand Canyon. Jangan salah, kita juga punya tempat serupa yaitu di Grojogan Selondo.

grojogan selondo wonogiri

 

Jadi, Indonesia punya tiga versi lain dari Grand Canyon. Yang pertama adalah Brown Canyon di Semarang, Lubang Sewu di Wonosobo serta Grojogan Sewu terletak di Wonogiri. Tepatnya berada di Desa Bakalan. Desa tersebut terletak di Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogori, Provinsi Jawa Tengah, Grojogan Sewu menyajikan keindahan alam yang tak kalah dengan Grand Canyon National Park di Amerika Serikat.

Di Antara Celah Tebing Batu

Grojogan Selando ini sendiri merupakan air terjun yang terlatak di sebuah ceruk di antara dua tebing batu. Jadi, dari air terjun ini kita akan dikelilingi tebing batu yang cukup tinggi seperti halnya tebing batu di Grand Canyon AS. Itulah sebabnya air terjun ini disebut-sebut sebagai versi lain atau versi mini dari Grand Canyon.

Dari tengah celah tebing tersebut kita bisa menikmati keindahan air terjun Grojogan Sewu. Bahkan, tebing-tebing tersebut membuat suasanya dan pemandangannya lebih indah lagi. Selain air terjun, terdapat juga dua kolam kecil dan sungai yang bisa kita nikmati keindangannya. Dalam beberapa hal tentang banyaknya hal yang bisa kita nikmati, saya rasa tempat ini tidak kalah dengan Grand Canyon asli di Amerika sana.

Mudah Dijangkau

Tidak seperti banyak wisata alam atau air terjun yang memerlukan usaha, Grojogan Sewu reltif mudah untuk menikmatinya. Kita tidak perlu mendaki ribuan anak tangga untuk menikmati keindahan alam yang satu ini. Jarak menuju air terjun dari jalan raya yang relative dekat sehingga kita hanya perlu berjalan kaki beberapa menit saja untuk sampai.

Sayangnya Grojogan Sewu belum dikelola sebagai tempat wisata secara professional. Hal ini berarti belum ada cukup petugas keamanan, hingga penjual makanan di area terbut. Sehingga kita harus cukup bijak. Misalnya dengan membawa bekal sendiri untuk dinikmati disana. Tapi, untuknya hal tersebut juga yang menyebabkan tempat ini tetap alami adanya.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.