Argowisata Kebun Jollong Pati, Dari Kopi Belanda Hingga Pesona Gunung Muria

0 17

Pengolahan Kopi di Jollong konon sudah dilakukan sejak zaman Belanda, tepatnya pada tahun 1895. Lebih dari seratus tahun yang lalu.

Sejak film “Filosofi Kopi” ditayangkan bisa dibilang kopi menjadi minuman yang mendadak hits. Orang-orang jadi begitu menggandrungi minuman yang satu ini. Berbagai varian dengan rasa dan ke khasannya sendiri membuat orang-orang tidak bosan dengan kopi.

jollong

Kopi bahkan menjadi menjelajahan kenikmatan tersendiri karena meskipun jenis kopinya sama (arabika dll), tapi rasa kopi dari berbagai daerah pun berbeda. Ada kopi Gayo, Kopi Aceh, Kopi Temanggung dan lainnya.

Pati juga tidak ketinggalan kalo urusan kopi. Meskipun pati seringkali identik dengan wisata pantai, tapi ternyata juga memiliki tempat yang sangat cocok untuk kalian para pecinta kopi. Tempatnya adalah di Argowisata Kebun Jollong. Argowisata ini terletak di di desa Jolong Kecamatan Gembong Kabupaten. Pati. Dari Pusat Kabupaten Pati kita harus menempuh jarak sekitar 20 Km untuk mencapat tempat ini.

Penghasil Kopi Sejak Zaman Belanda

Bagi kalian yang pecinta kopi, saya yakin tidak akan kecewa dating ke tempat ini. Bukan hanya menyajikan kopi dari Pati saja, tapi kopi disini memiliki nilai sejarah. Bagaimana tidak, Pengolahan Kopi di tempat ini konon sudah dilakukan sejak zaman Belanda. Dimana sekarang kopi Jolong dikelola oleh PT. Perkebunan Nasional IX.

Bukan hanya itu, perkebunan kopi yang berada pada ketinggian 570-790 mdpl ini dikelola bukan dengan mesin baru yang sangat modern. Akan tetapi, dengan mesin yang sudah sangat tua dan berumur. Konon, alat tersebut juga telah digunakan sejak zaman Belanda. Bisa kita bayangkan sendiri bagaimana sejarah panjang pengelolaan kopi di Pati dan bahkan di Indonesia.

Pesona Lereng Gunung Muria

Jollong Sendiri terletak di kaki Gunung Muria. Jadi, dengan mengunjungi Jolong kita bisa menikmati keindahan gunung yang menjadi bagian dari tiga kabupaten ini. Lereng Gunung Muria yang menjadi wilayah Pati sendiri adalah lereng yang menghadap ke Laut Jawa.

Kita bisa menikmati suasana lereng gunung dari tempat ini. Kita juga bisa menikmati Air Terjun Grenjengan yang mana mengalir langsung dari Gunung Muria. Tentu saja aliran air yang masih sangat alami ini sangat cocok untuk peleepas penat setelah perjalanan menuju Jolong.

Tidak hanya itu, Jolong juga memiliki bumi perkemahan. Sangat cocok buat teman-teman yang suka berkemah. Tempat perkemahannya sendiri sudah tertata sehingga sangat nyaman untuk digunakan.

jollong pati

Luas bumi perkemahan yang hampir seluas lapangan bola sehingga kita tidak perlu takut kehabisan tempat. Kalau ingin pergi berkemah ramai-ramai bersama teman, atau mau biikin acara makrab dan sebagainya tempat ini sangat cocok.

Bagi teman-teman yang suka mendaki gunung mungkin belum puas dengan  berkemah di bumi perkemahan jangan khawatir. Melalui Jolong kita bisa mendaki junung muria dan mencapai beberapa puncaknya. Seperti puncak Puncak Songolikur dan Puncak Argojembangan bisa ditempuh melalui tempat ini.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.