Let’s travel together.

5 Wisata Air Terjun Wonosobo Yang Tersembunyi Dan Mempesona

0 67

 

Air terjun wonosobo Berpetualang memanglah penting, selain kita bisa bersenang-senang tetapi juga dapat menambah pengalaman dan wawasan tentang indahnya alam di dunia apalgi di air terjun wonosobo.

Keindahan di alam ini memang sangat banyak baik di daratan maupun di perairan, begitu pula keindahan alam di daratan yang ada di Indonesia seperti gunung, dataran tinggi, pegunungan dan lembah.

Selain itu ada banyak juga keindahan alam di perairan yang ada di Indonesia yang banyak di kunjungi wisatawan asing seperti pantai, lautan dan samudera.

Begitupun tak ketinggalan juga air terjun wonosobo yang sangat mempesona di Indonesia juga merupakan wisata yang banyak dan cocok di kunjungi anak muda khususnya di daerah Jawa Tengah.

Untuk sekarang ini saya akan membahas tentang salah satu wisata perairan di jawa tengah yang sering banyak di kunjungi para wisatawan mancanegara yaitu  air terjun wonosobo

Air Terjun Sikarim

 Letak air terjun sikarim berada Di Desa Mlandi, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah.Air terjun si karim merupakan air terjun tertinggi di jawa karena, lebih tepatnya air terjun ini dekat dengan desa sambungan yang berjarak sekitar 8 km dari kawasan wisata dieng yang memiliki julukan desa tertinggi di pulau jawa.

Ketinggian air terjun sikarim ini sekitar  24 m dari bukit sikunir yang  menjulang tinggi yang banyak di tanami pohon nangka dan untuk ketinggian airnya sekitar 70 m. Oleh karena itu jika ingin menuju kesana cukup sulit karena harus melewati semak belukar dan jurang yang cukup dalam.

Di sekeliling panorama hijau pegunungan dari bukit sikunir, air terjun sikarim ini membawa nuansa keindahan wisata air terjun  tersendiri yang  dapat di kenang dan tidak akan pernah   bisa untuk di lupakan.

 Curug tritis

Salah satu wisata air terjun wonosobo  yang baru-baru ini adalah “ curug tritis”  yang letaknya berada di Desa Gumelar , Wadaslintang, Wonosobo Jawa Tengah.

Di curug ini memiliki dua sebutan. Konon katanya curug tritis ini di manfaatkan airnya oleh warga untuk kebutuhan dengan cara membuat bendungan dan menyalurkan ke pipa  yang terhubung langsung ke rumah warga wonosobo.

curug tritis juga merupakan wisata air terjun di wonosobo yang masih sangat alami dan jarang ada petugas yang menjaganya.

Jarak untuk menempuh curug tritis dari wonosobo mencapai kurang lebih 30 km dengan kecepatan  40 km/jam . Cukup jauh sih sebenarnya. Tetapi jangan khawatir, karena di sepanjang perjalanan anda akan di suguhi pemandangan-pemandangan yang menakjubkan serta hamparan-hamparan hutan pinus yang sangat menyejukkan hati dan pikiran di dekat bukit Dempes.

Di sisi lain anda juga harus berhati-hati selama perjalanan karena jalannya berkelok-kelok gelombang dan banyak tikungannya.

Curug Winong

Wisata air terjun di wonosobo curug winong ini merupakan air terjun yang belum lama di kenal banyak orang karena berada di daerah plosok yang masih asri hingga sekarang,  tetapi ada banyak warga masyarakat wonosobo sendiri yang menyebutnya curug winongsari.

Letaknya memang masih tersembunyi yang letaknya berada di selatan kota wonosobo yang di kelilingi perbukitan yang luas.

Akan tetapi curug winong ini memiliki keunikan tersendiri serta merupakan keindahan yang tidak boleh di pandang hanya sebelah mata.

Lebihnya lagi anda tidak akan bingung jika ingin memasuki area ini karena di sepanjang jalan akan ada papan penunjuk arah untuk menuju ke lokasi air terjun winong ini, dan pemandangannya juga berupa jurang-jurang di hutan pinus yang lebat.

selain berhati-hati karena jalannya yang berkelok-kelok dan lumayan sempit ketika menuju lokasinya  di harapkan juga untuk membawa sandal jepit untuk waspada jatuh karena banyaknya bebatuan yang menanjak.

Curug Drimas

Dari sekian banyak wisatawan yang datang ke air terjun ini mengatakan bahwa Curug drimas merupakan air terjun di wonosobo yang sangat butuh pengorbanan untuk sampai ke lokasinya dan letaknya di Dusun Garungan Desa Karangsari, Wonosobo Jawa Tengah.

Untuk lebih menuju ke lokasi air terjun curug drimas kita harus menyebrangi sungai lewat bebatuan yang ada di sekitar sungai, karena lokasinya ada di atas kita harus melewati jalan yang menanjak.

Akan tetapi ketika anda sudah sampai lokasi tentunya akan sangat senang karena disana banyak pemandangan yang masih alami dan sangat eksotis untuk di gunakan spot foto.

Memang sih air terjun curug drimas ini masih sepi, tetapi dengan adanya pembukaan jalur baru dapat mendatang banyak pengunjung dan meningkatkan jumlah wisatawan di air terjun  wonosobo.

Air Terjun Merawu

Air terjun merawu adalah salah satu wisata air terjun terkenal di wonosobo yang terletak di Desa Giri Tirta dengan ketinggian sekitar 50 m.

Air terjun ini memiliki jumlah debit air yang cukup besar dan deras, sehingga airnya akan menyatu dan di jadikan sebagai sumber utama sungai merawu.

Disamping itu, di air terjun merawu juga terdapat air hangat dengan warna merah keoranyean karena mengandung belerang dan sulfur yang tercampur dengan air yang jatuh dari air terjun kemudian membentuk kolam air hangat.

Terimakasih telah membaca atikel kami air terjun wonosobo saya ini dan semoga bermanfaat!!

Leave A Reply

Your email address will not be published.