Let’s travel together.

5 Tempat Wisata Goa Kebumen Jawa Tengah Di Dekat Perbukitan

0 79

Banyak wisata – wisata di jawa tengah yang terkenal akan pemandangannya yang indah dan beberapa sejarah dari tempat tersebut. Nah,khususnya  juga untuk tempat wisata di jawa tengah yaitu di kebumen yang tak kalah menarik dengan wisata seperti pantai dan air terjun yang banyak pengunjungnya di kota – kota besar .yaa apalagi kalau bukan tempat  Wisata Goa Kebumen.

Siapa sih yang nggak tau daerah kebumen jawa tengah yang merupakan perbatasan antara kabupaten pekalongan dan kabupaten batang di sebelah timur Jawa Tengah ini sangat terkenal dengan tempat wisatanya dan salah satunya yaitu goa yang di dekat perbukitan.

Kabupaten kebumen mulai sekarang memang merupakan tempat yang  baru – baru ini kerap menjadi tujuan tempat favorit untuk menghilangkan rasa penat dan menghabiskan waktu libura bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Apalagi wisata goa kebumen juga merupakan salah satu wisata di kebumen yang dekat di daerah pantai dan pegunungan sangat banyak pengunjungnya dan goa di kebumen juga di jadikan sebagai tempat wisata nomor satu yang paling banyak pengunjungnya dan tempat yang sangat favorit bagi warga kebumen sendiri.

Penasaran kan dengan kelanjutan artikel saya kali ini??

Nah, sekarang saya akan membahas tentang wisata goa kebumen yang sangat terkenal dan memiliki banyak sejarah yang  tempatnya di dekat perbukitan.

Goa Jatijajar Kebumen

Wisata goa kebumen yang pertama ini merupakan wisata yang sangat ramai pengunjungnya karena di goa ini kita dapat menikmati  hasil proses alam yang berupa tetesan air yang terlihat Nampak indah sekali di pandang mata.

Dan goa ini juga memiliki kisah yang sangat menarik dari legenda Raden Kamandaka atau Lutung Kasarung yang sedang bersemedi di area goa ini, dan dalam kisahnya juga di visualisasikan pada 32 patung yang menyebar di area goa jatijajar kebumen.

 Untuk keistimewaannya, Kita dapat melihat beberapa keanekaragaman di goa jatijajar dengan menyusuri setiap sudut goa dengan petunjuk – petunjuk yang di sediakan agar mudah menjangkaunya.

Uniknya lagi di dalam goa tersebut juga terdapat sendang mawar yang konon katanya merupakan keramat dan di dalamnya terdapat air yang dapat menjadikan orang awet muda jika membasuhkannya di muka.

 Goa Petruk Kebumen

Keindahan dari wisata goe petruk kebumen sangatlah menakjubkan dan baik jika dilihat dari kejauhan maupun dari kedekatan apalagi untuk mengisi waktu liburan anda.

Sangat di sayangkan sekali bagi anda yang ada di kebumen yang tidak pernah berwisata ke goa ini yang tidak ada duanya karena wisata ini sangatlah mempesona dan sangat menarik untuk dikunjungi.

Dari namanya sendiri juga sudah kelihatan yaitu petruk. Karena dalam goa ini terdapat bebatuan yang berbentuk hidung mancung seperti petruk dalam pewayangan, tapi sayangnya akibat dari ulah penambangan oleh orang belanda menyebabkan batu yang bentuknya seperti hidung petruk menjadi patah dan sudah tidak nampak mancung lagi.

Goa Barat Kebumen

Goa barat kebumen merupakan wisata goa kebumen yang letaknya berada di kecamatan ayah kabupaten kebumen jawa tengah dengan kepanjangan goanya yaitu sekitar 17 km perpetakan.

Bukan berarti nama goa barat itu menghadap ke barat seperti namanya, melainkan karena keluarnya anginnya dari dalam goa, dan barat sendiri juga merupakan bahasa jawanya yang artinya dari angin yang terdapat aliran sungai ke bawah yang mengalir sangat deras di sekitar  goa tersebut.

Di dalam goa barat kebumen kita dapat menemukan kesejukan tersendiri yang rasanya berbeda seperti kesejukan dari angin yang ada di luar lingkungan.

Nah, pada saat kita ingin menyusuri di area goa ini cukup sulit karena waspada akan aliran sungainya yang sangat deras dapat menjadikan hal-hal yang tidak di inginkan.

Oleh karena itu, sebelum kita masuk ke dalam goa sangat di wajibkan memakai perlengkapan keselamatan seperti pelampung, sepatu karet dan helm.

Tetapi membutuhkan waktu yang  sangat lama untuk sampai ke goa sekitar 80 menit dan harus mengantri dalam penyewaan perlengkapan karena pengunjungnya sangat ramai dan antrinya juga banyak.

 

Goa Simbar Kebumen

Goa simbar kebumen memang merupakan wisata goa kebumen yang belum di kenal banyak orang dan bentuknya pun juga masih alami tanpa ada perubahan di dalam maupun di luarnya.

Tetapi, goa simbar kebumen ini juga memiliki keistimewaan yang sangat menarik yaitu terdapat mulut goa yang dalamnya sekitar tujuh meter, dan itu juga menjadikan pengunjung kagum begitu menyaksikan pilar besar yang tumbuh di sekitar goa tersebut.

Di karenakan banyak bebatuan disana yang bentuknya runcing maka dalam menyusuri area goa simbar kebumen ini di harapkan untuk berjalan kaki agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan.

 Goa Banyu Kebumen

Nah, untuk goa yang satu ini juga tak kalah bagusnya di antara goa yang sudah saya sebutin sebelumnya tadi. Yaa, benar sekali!! Goa Banyu Kebumen namanya.

Goa ini adalah salah satu goa di kebumen yang sangat wajib untuk anda kunjungi, dan untuk mencapai ke goa ini juga harus butuh banyak perjuangan yang sangat ekstra.

Tapi dalam perjuangan tersebut, apalagi kalau sudah sampai ke goa ini subhanallah!!

Karena goa banyu kebumen ini terdapat banyak lukisan yang sangat indah dan bagus untuk di jadikan spot foto. Apalagi untuk mengisi liburan panjang anda,sangat di wajibkan sekali untuk mengunjungi goa banyu kebumen ini. Serulah yaa pastinya dan cocok bangetkan buat mengisi hari – hari anda yang sepi, apalagi waktu liburan tapi Cuma di rumah saja.

Sayang sekali kalau tidak ke kebumen untuk wisata goa kebumen jaawa tengah ini yang sangat ramai dan mempesona ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.