3 Surga Indonesia Bagian Timur, Jateng Juga Punya

0 34

Bicara soal keindahan Indonesia, tak akan pernah lepas dari yang namanya Indonesia bagian Timur. Di sana ada beragam keindahan alam yang membuatnya, layak disebut sebagai surga dunia. Apa saja itu?

1. Surga Bawah Laut Raja Ampat

Papua tidak hanya memiliki kekayaan budaya yang khas saja. Papua ternyata menyimpan surga di dalamnya. Objek wisata Raja Ampat merupakan rangkaian dari empat pulau yang letaknya saling berdekatan. Jangan salah, perairan di sini menjadi salah satu dari sepuluh perairan terbaik tingkat dunia. Anda dapat menikmati keindahan bawah lautnya dengan berselam. Di area ini terdapat sekitar 450 jenis karang keras, 700 jenis moluska, dan 1.000 jenis ikan karang. Waah, istimewa sekali bukan?

Bagi Anda yang ingin menyaksikan langsung panorama eksotis ini dapat datang ke Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, Indonesia. Memang perjalanan ke lokasi wisata memakan biaya dan waktu yang tidak sedikit. Tetapi akses menuju Raja Ampat tidak terlalu sulit. Anda dapat menggunakan pesawat terbang menuju Sorong. Dari Sorong Anda naik angkutan umum kemudian naik kapal rakyat ke Ibu Kota Raja Ampat.

Waktu berkunjung terbaik bagi Anda yang ingin menyelam yakni pada bulan Oktober-November, karena cuaca pada saat itu sangat bagus: airnya jernih serta jarak pandang menjadi dekat. Kondisi seperti ini sangat ditunggu para penyelam untuk melihat surga di bawah laut Raja Ampat.

2. Puncak Jayawijaya, Puncak Menuju Surga

Anda tentu tidak asing lagi dengan nama wisata ini: Puncak Jayawijaya. Keunikan objek wisata ini sudah  kita kenal sejak berada di bangku Sekolah Dasar. Ya! Puncak Jayawijaya merupakan puncak tertinggi yang ada di Indonesia kawasan Oceania. Dengan tinggi mencapai 4.884 dapl menjadikan puncak gunung itu tertutup salju.

Di sekitar puncak terdapat gletser Cartennsz yang merupakan satu-satunya gletser tropika di negara kita tercinta ini. Fenomena unik dan sangat indah, kan? Es alami yang tidak biasanya turun sepanjang garis khatulistiwa. Namun, Anda dapat temukan di sini: Papua. Apalagi saat matahari cerah. Anda akan berdecak kagum dengan pantulan cahaya matahari yang ada di hamparan salju. Sangat indah dan mengagumkan.

Puncak Jayawijaya terletak di Papua, Indonesia. Akses menuju puncak sungguh menantang dan menguras tenaga. Bisa jadi nyawa Anda adalah taruhannya. Sebelum menuju puncak Anda harus memiliki surat izin dari daerah setempat agar mudah dipantau serta terdata. Kondisi jalanan sangat terjal, suhu begitu dingin, dan angin yang kencang menjadi tantangan terberat. Keadaan ini juga angat memungkinkan Anda kekurangan oksigen.

3. Danau Sentani, Surga Indonesia Timur

Kata ‘Sentani’ cukup ramah dan familiar di telinga masyarakat Indonesia. Ya! Kawasan Sentani memang menghadirkan keindahan alam yang tak boleh kita lewatkan. Setelah wisata unik Telaga Hati, ada lagi nih objek wisata Danau Sentani.

Danau Sentani merupakan danau terbesar di Pulau Papua. Danau ini memiliki luas 9.360 hektar membentang dari Kabupaten Jayapura hingga Kota Jayapura. Tidak hanya luasnya saja yang dapat kita acungi jempol, biota laut yang beragama juga patut kita banggakan. Pemandangan sekitar danau pun masih asri dan eksotik. Anda juga dapat berenang menikmati surga yang ada di dalam Danau Sentani.

Keindahan Danau Sentani dapat saksikan dengan berkunjung ke wilayah Sentani, Ibukota Kabupaten Jayapura. Akses menuju lokasi wisata pun mudah. Anda dapat menggunakan penerbangan dengan rute ke Bandara Sentani. Dari bandara menuju Danau Sentani Anda dapat menggunakan kendaraan umum dengan biaya Rp 10.000,- dengan waktu tempuh hanya 15 menit.

Waktu berkunjung terbaik ke Danau Sentani yakni pada bulan Juni. Pada bulan tersebut  diadakan Festival Danau Sentani yang dapat Anda lihat pada pertengahan bulan. Tujuan diadakannya acara tersebut untuk memperkenalkan objek wisata Danau Sentani kepada wisatawan lokal maupun mancanegara.

Jawa Tengah Juga Punya

Salah satu yang bisa dibandingkan dengan keindahan alam Indonesia bagian timur di Jawa tengah adalah Karimujawa. Kawasan konservasi itu memiliki keindahan yang tidak akan pernah kamu temukan di wilayah Jateng lainya. Diantaranya:

1. Pulau Tengah Karimun Jawa

2. Pulau Kemujan Karimun Jawa

3. Pulau Cemara Besar Karimun Jawa

 

 

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.