26 Destinasi Wisata yang Dapat Kamu Kunjungi Selama Berwisata Ke Dieng Plateau

0 56

Nama Dieng berasal dari bahasa sansekerta “di” dan “hyang” yang berarti tempat bersemayamnya para dewa. Dieng berada di ketinggian 2.100 mdpl atau setara dengan 6.802 kaki dengan suhu rata-rata 15⁰C pada siang hari. Menurut kepercayaan umat Hindu, Dewa-Dewi sering bersemayam di tempat yang tinggi. Oleh sebab itu tidak heran jika di kawasan wisata Dieng banyak terdapat Candi peninggalan Hindu-Budha.

Sejak jaman dulu, sudah banyak orang yang datang ke Dieng untuk beribadah mencapai nirwana. Banyak julukan yang di sematkan pada wilayah yang secara geografis terletak di Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo ini, diantaranya adalah Negeri atas awan, Negeri para dewa, atau Negeri khayangan.

Dieng memiliki keindahan alam yang sangat beragam. Lokasi-lokasi wisata baru tak pernah habisnya untuk ditemukan. Mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata buatan hingga kuliner semua ada di Dieng. Tak ayal jika Dieng juga  disebut sebagai surganya para traveler. Hingga saat ini Dieng menempati posisi kedua setelah Bali sebagai destinasi wisata paling banyak dikunjungi di Indonesia.

1. Kawah Sikidang

2. Kawah Candradimuka

3. Kawah Sileri

4. Telaga Warna

5. Telaga Pengilon

6. Telaga Merdada

7. Telaga Cebong

8. Telaga Sidringo

9. Buatu Pandang Ratap Angin

10. Jembatan Merah Putih

11. Bukit Sikunir

12. Bukit Scoter

13. Bukit Pangonan

14. Padang Savana Lembah Sumurup

15. Kawasan Petak 9 ( Bukit Sidengkeng)

16. Gunung Pakuwaja

17. Gunung Prau

18. Kompleks Candi Arjuna

 

19. Candi Dwarawati

20. Candi Bima

21. Museum Kailasa

22. Dieng Plateau Theatre

23. Pemandian Air Panas d’qiano

24. Air Terjun Sirawe

 

25. Sumur Jalatunda

26. Dieng Culture Festival

Nah..itu adalah 26 Destinasi wisata yang berada di Kawasan Lokasi Wisata Dieng Plateau. Sebenarnya masih banyak lagi destinasi wisata yang belum dicantumkan. Jarak antara lokasi wisata yang satu dan wisata yang lainnya berdekatang. Jadi kamu tidak perlu ragu lagi untuk datang ke Dieng, karena Dieng tak kekurangan tempat untuk memanjakan matamu. Kusus untuk Dieng Culture Festival, itu merupakan wisata budaya yang diadakan setiap setahun sekali. Biasanya akhir bulan juli atau awal bulan agustus. Acara Dieng Culture Festival (DCF) merupakan rangkaian acara upacara adat pemotonan rambut gimbal. Selain acara inti tersebut, biasanya juga terdapat acara jazz atas awan, pesta lampion serta kembang api.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.