Let’s travel together.

Serabi Solo Notosuman

0 5

Serabi Solo Notosuman

kuliner solo

Serabi Solo Notokusuman adalah sebuah makanan ringan ala Surakarta atau Solo, Jawa Tengah. Makanan ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan dan digoreng di atas arang. Serabi adalah jajanan khas dari Solo yang terbuat dari santan kelapa dicampur dengan sedikit tepung, yang menjadikannya bercitarasa gurih. Biasa juga diberi taburan berupa potongan pisang, nangka atau bahkan meses dan keju bila suka. Sehingga Serabi menjadi kuliner legendaris solo yang menjadi genjaran orang untuk mencoba mencicipinya.

Perpaduan rasanya lebih legit dari serabi Bandung, sehingga disantap begitu saja pun sudah nikmat. Namun, beberapa orang menambahkan taburan meises, parutan keju, atau kacang supaya makin bercitarasa. Serabi Solo juga punya bentuk unik. Bagian pinggirnya bertekstur garing dengan warna kecoklatan, sedangkan tengahnya cenderung basah dan lembut dengan warna putih. Saat disajikan, kue serabi digulung dalam daun pisang sehingga aromanya makin kuat.

kuliner solo

Ada varian rasa banyak kue serabi yang lezat, Anda bisa mencoba kue serabi semuanya dengan berbagai topping. Keduanya sama-sama enak jika disantap. Ketika mencoba kue ini, rasanya begitu legit dan manis. Kue serabinya begitu menggoyang lidah, dijamin rasanya menggugah banget. Anda bisa membeli kue ini seharga Rp 1.800 untuk kue serabi polos. Namun, tak ada salahnya juga Anda membeli kue serabi coklat seharga Rp 2.000. Harganya tak sebanding dengan rasa yang super lezat. Serabi Notosuman cocok untuk mengganjal perut atau dijadikan sebagai oleh-oleh.Serabi Solo Notosuman sudah buka sejak pagi mulai pukul 07.00 WIB. Jangan datang terlalu siang, karena Serabi Solo Notosuman ini sudah diserbu pecinta kuliner sejak pagi.

Resep Serabi Solo Notosuman

BAHAN YANG DIPERLUKAN :
600 ml santan kental
1 sdt garam
1 lbr daun pandan
250 gr tepung beras
1 sdt ragi instan
75 gr gula pasir
1 btr telur

Bahan Areh:
150 ml santan sangat kental
1 sdt garam

Topping pilihan:
Keju, Nangka, Meisis cokelat atau sesuai selera anda

Cara Membuatnya:

  1. Siapkan dahulu alat dan bahan yang diperlukan.
  2. Lalu siapkan wadah wadah untu membuat adonan, masukkan tepung beras dan air lalu aduk sampai rata. Ditengahnya kasih telur dan sedikit santan, sambil dituangi santan hingga habis.
  3. Kemudian masukan gula pasir dan ragi instan lalu aduk rata.
  4. Diamkan adonan selama 45 menit.
  5. Selanjutnya siapkan cetakan serabi, lalu panaskan diatas api sambil permukaan cetakan serabinya diolesi dengan minyak goreng.
  6. Setelah 45 menit didiamkan, adonan serabi siap dituangkan ke dalam cetakan.
  7. Jangan lupa ratakan permukaan serabi dengan sendok hingga berbentuk bulat.
  8. Lalu, tunggu sebentar sampai permukaan serabi berlubang dan terlihat setengah matang setelah itu bisa mulai menuangkan topping yang akan kamu taburkan sesuai selera bisa anda tambahkan dengan potongan keju, nangka atau meisis coklat.
  9. Terakhir, tutup sebentar serabi selama 30 detik lalu angkat serabinya. Serabi siap dinikmati ya!!!

Bagaimana kalian, caranya mudah kan membuat serabi solo notosuman ini? Kalian bisa mencobanya dirumah anda sesuai dengan resep diatas. Intinya selamat mencoba membuat dan menghasilkan serabi solo notosuman asli buatan kalian sendiri dirumah.

Nah, guys misalkan anda males untuk membuat sendiri maka datanglah ke Solo untuk langsung mencicipinya dan merasakan kelezatan serabi solo notosuman tersendiri. Rasanya nggak terkalahkan enak buanget dang gurihh,,,,, Pokoknya paling recommended banget serabi solo notosuman buat kalian semua.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.