Let’s travel together.

4 Pusat Batik Yang Terkenal Di Jawa Tengah

0 27

Dalam setiap daerah tentunya memiliki banyak beragam corak budaya untuk dapat memperkenalkan identitasnya, tak ketinggalan pun dengan beragam batik di Indonesia khususnya di jawa tengah yang merupakan provinsi yang memiliki banyak pusat batik jawa tengah yang terkenal.

Batik adalah salah satu warisan kebudayaan di Indonesia yang memiliki nilai tersendiri baik nilai hostoris maupun nilai grafisnya dan juga banyak pusat batik jawa tengah  yang banyak diminati semua orang akan corak dan sejarahnya yang sangat menarik banyak orang.

Tak sangka bahwa setiap orang pastinya memiliki pilihan fashionnya tersendiri yang berbeda dengan orang lain khususnya bagi kaum perempuan yang tak mau kalah dengan caranya ia berpenampilan untuk memilih gaya yang dapat membuat orang terkesan dengannya.

Nah, salah satu fashion yang sering dijadikan untuk mempercantik penampilan adalah dengan cara mereka berpakaian dengan baik dan dapat menarik perhatian banyak orang.

Tak salah lagi jika anda ataupun kaum muda  memilih batik untuk di jadikan sebagai bahan favorit sebagai pakaian yang beragam coraknya serta memiliki nilai-nilai historis yang harus di kembangkan.

Ngomong-ngomong soal batik nih, akan saya bahas sedikit mengenai beberapa pusat batik jawa tengah yang terkenal dan banyak diminati orang.

Pusat Batik Solo Jawa Tengah

Meskipun solo merupakan kota yang masuk dalam karesidenan Surakarta, tetapi di daerah solo juga masih melekat pada adat dan kebudayaan jawa  dan juga di jadikan sebagai pusat batik jawa tengah salah satunya adalah sebagai pusat batik solo yang terkenal di jawa tengah.

Beragam motif-motif batik di solo yang sudah di kenal banyak orang seperti motif jenis parang, motif jenis barong,motif jenis sawat dan motif jenis kawung.

Kota ini di sebut sebagai salah satu pusat batik solo di jawa tengah karena setiap jenis motif batik di solo ini memiliki makna tersendiri dari penciptanya seperti  halnya di harapkan dapat menjadi berkah dan bermanfaat untuk pemakainya.

Oleh karena itu tak salah juga jika solo ini di jadikan tempat pusat batik solo atau pusat batik jawa tengah yang terkenal dan wajib di kunjungi oleh para wisatawan asing maupun lokal, karena kota ini masih melestarikan adat budaya jawa yang masih lekat seperti slogan yang ada pada kota solo yaitu “The Spirit Of Java”.

Pusat Batik Pekalongan Jawa Tengah

Pusat batik jawa tengah yang kedua ini adalah pusat batik pekalongan yang  juga sangat terkenal sekali di Negara Indonesia khususnya di wilayah jawa tengah.

Meskipun batik solo dan pekalongan sama – sama baik, tetapi di antara kedua pusat batik jawa tengah tersebut juga memiliki perbedaan seperti halnya pada corak batik tersebut yang memiliki nilai tersendiri dan juga kelebihan dan kekurangan antara kedua pusat batik solo dan pekalongan.

Untuk pusat batik pekalongan ini memiliki nilai historis pada koloner zaman belanda dahulu pada saat panembahan senopati mengumumkan perang melawan belanda.

Salah satu motif pusat batik pekalongan yang pertama adalah motif jlamprang yaitu motif yang memiliki komposisi warna lebih dari dua dan motif ini juga memiliki makna hidup rukun dan menjaga silaturahmi antara sesama umat dan kebudayaan.

Dan batik pekalongan juga masih memiliki banyak sekali motifnya seperti motif semen, liong, isen dan masih banyak lagi motif-motif dari pusat batik pekalongan ini yang masih baru-baru ini.

Pusat Batik Lasem Jawa Tengah

Nah, untuk batik yang ketiga ini adalah pusat batik lasem di rembang jawa tengah yang biasanya sering dijadikan sebagai oleh-oleh bagi para peziarah yang mengunjungi makam sunan-sunan di rembang seperti makam sunan bonang lasem.

Memang sih batik ini terkenal akan harganya yang mahal, tetapi di samping harganya mahal dalam pembuatan batik di pusat batik lasem ini sangat rumit dan kualitas bahannya juga di jamin bagus daripada pusat batik jawa tengah yang lainnya.

Di sisi lain pusat batik lasem juga memiliki tiga motif yang menggambarkan tentang lasem yaitu motif latoh, watu pecah atau kricak dan sekar jagad.

Dari motif tersebut juga memiliki makna tersendiri yaitu latohan yang berarti buah dari tumbuhan yang hidup di tepi laut, watu pecah atau kricak berarti pembangunan jalan anyer – panarukan dan sekar jagad sendiri adalah kumpulan beberapa motif bunga yang berserakan di tepi jalan.

Untuk harga dari masing – masing motif dari pusat batik lasem tersebut juga bermacam – macam dari segi bahan kain yang di gunakan sekitar 30.000 rupiah untuk bahan katun prima dan itu juga termasuk harga yang paling murah dan harga yang bisanya untuk bahan katun prima sekitar 150.000 – 300.000 rupiah, sedangkan untuk harga yang paling mahal sekitar 1 juta untuk bahan katun primis.

Pusat Batik Semarang Jawa Tengah

Di kota semarang tidak hanya terkenal akan wisata alam dan buatan saja, tetapi semarang juga termasuk kota yang di jadikan sebagai pusat batik jawa tengah yang di minati para wisatawan.

Bahkan pusat batik semarang juga memiliki berbagai ragam hias atau motif – motifnya berhubungan dengan ikon – ikon semarang seperti pada tugu muda, lawang sewu, kota lama dan berbagai tempat yang bersejarah dan melegenda yang ada di kota semarang.

Motif batik yang ada di pusat batik semarang juga jauh berbeda dengan motif batik yang ada di pekalongan, solo, dan lasem yang terkenal meriah dan kalem.

Nah, untuk motif batik ini juga bermacam – macam dan maknanya pun juga berbeda salah satunya seperti motif keraton yang memiliki makna filosofi kehidupan dan motif sekar jagad yang artinya peta dunia.

Cukup sekian yaa untuk artikel saya ini tentang pusat batik jawa tengah semoga bermanfaat bagi anda dan terimakasih sudah mau menyempatkan waktu anda untuk membaca artikel saya kali ini dan saya ucapkan terimakasih!!

Leave A Reply

Your email address will not be published.