Let’s travel together.

5 Gunung Terindah Di jawa Tengah Menurut Para Pendaki

0 239

Gunung Terindah Di Jawa Tengah-Jawa Tengah merupakan salah satu daerah pegunungan yang di kelilingi oleh banyak Gunung di dalamnya, mulai dari Gunung yang masih aktif mengeluarkan reaksi vulkanik ataupun Gunung yang sudah tidak aktif lagi.

Jawa Tengah sendiri mampu menghipnotis para pendaki Gunung karena keindahan gunung-gunung yang di tawarkan, para pendaki juga merasa tertantang untuk bisa menaklukan gunung-gunung yang ada di Jawa Tengah karena keindahanya. Semua Gunung memang indah namun tak semua orang memiliki pendapat yang sama akan hal itu, namun sebagian besar pendaki memiliki pendapat beberapa Gunung di Jawa Tengah masuk dalam kategori Gunung terindah. Berikut  5 Gunung Terindah Menurut Para Pendaki Gunung.

Gunung Merapi

Gunung Merapi sebenarnya terletak perbatasan daerah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta atau lebih tepatnya berada di Boyolali. Gunung  Merapi merupakan urutan pertama Gunung terindah di Jawa Tengah hal ini di karenakan pesona Gunung Merapi yang sangat menawan di balik kabut yang menyelimutinya.

Selain itu jika cuacanya mendukung selama pendakian para pendaki juga dapat menyaksikan empat Gunung di empat kota sekaligus yang terlihat sangat kokoh, di Gunung Merapi juga terdapat satu lokasi yang dapat di jadikan sebagai tempat camping selama menghentikan perjalan di malam hari yaitu Pasar Bubrah. Dan di Gunung Merapi juga terkenal akan Puncak Garuda yang banyak sekali di buru pendaki.

Di balik keindahanya Gunung Merapi juga memiliki aktivis Vulkanik, jadi sewaktu-waktu bisa mengancam nyawa para pendaki dan banyaknya mitos yang misteri yang beredar seakan tak menyurutkan semangat dan minat para pendaki untuk menaklukan Gunung Merapi. Menurut para pendaki Gunung hal itu justru lebih memacu adrenalin mereka untuk bisa naik sampai ke puncak Gunung Merapi.Bahkan banyak Pendaki yang mengatakan justru semakin penasaran ingin mendaki Gunung Merapi karena penasaran akan kebenaran mitos mistis yang ada di salah satu Gunung terindah di Jawa Tengah ini.

Gunung Sumbing

Gunung Sumbing merupakan Gunung terindah di Jawa Tengah setelah Gunung Merapi hal ini karena letak Gunung Sumbing yang sangat berdekatan dengan Gunung Sindoro dan membuat Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro terlihat seperti Gunung kembar. Selain itu Gunung sumbing merupakan Gunung yang memilikiki tipe statovolcano sehingga masih memiliki kawah yang aktif dan Gunung Sumbing juga salah satu Gunung tertinggi di Jawa tengah urutan nomor dua setelah Gunung Selamet.

Bahkan keindahan dari Gunung Sumbing tak hanya dapat di sajikan dari bawah atau dari jauh saja melainkan dari atas puncak Gunung Sumbing juga dapat menyaksikan keindahan Gunung Sumbing. keindahan yang dapat di saksikan dari atas puncak Gunung Sumbing semakin terasa dengan udara sejuk yang menyegarkan tubuh. Dan rasa lelah selama pendakian juga akan terbayarkan akan keindahan gunung yang di tawarkan.

Gunung Merbabu

Gunung Merbabu juga termasuk Gunung Terindah di Jawa Tengah menurut para Pendaki bahkan menjadi salah satu jalur pendakian favorit. Tak heran jika Gunung Merbabu menjadi tujuan pendakian favorite bagi para pendaki karena di Gunung merbabu para pendaki dapat menyaksikan pemandangan yang sangat mengagumkan yang dapat dilihat dari puncak, bukan hanya itu para pendaki juga bisa menyaksikan padang sabana yang menyuguhkan bunga edelwise.

Selain itu di Gunung Merbabu juga memilki beberapa puncak yang dapat menarik daya tarik tersendiri bagi para pendaki diantaranya puncak Kentengsongo, puncak Trianggulasi, dan Puncak Syarif. Menurut sejarahnya Gunung Merbabu juga pernah meletus pada tahun 1560 dan 1797. Menarinya Gunung Merbabu konon katanya pernah menjadi tempat pertapaan terkenal dan pernah di singgahi oleh Bujangga Manik.

Gunung Lawu

Gunung Lawu merupakan urutan ke empat Gunung terindah di Jawa Tengah, Gunung Lawu merupakan Gunung api yang statusnya istirahat hal ini karena Gunung Lawu sendiri terakhir meletus sekitar tahun 1885 lalu dan sampai sekarang serta sudah sangat lama tidak aktif lagi, hal itu  dapat di lihat dari rapatnya vegetasi serta puncaknya yang terorasi. Namun di lereng Gunung Lawu ini juga terdapat kepundang yang masih sering mengeluarkan api dan juga belerang.

Gunung Lawu juga menjadi Gunung favorit pendaki khususnya pada malam satu syuro para pendaki biasanya melakukan pendakian sekaligus berziarah. Karena banyak di gunakan sebagai jalur pendakian maka di puncak Gunung Lawu juga terdapat pedagang yang menyediakan makanan untuk di jual. Untuk dapat mendaki ke Gunung lawu juga di butuhkan mental dan tekat yang kuat karena medan yang di lalui cukup berat, namun bagi pendaki yang telah terbiasa hal itu justru kesenangan tersendiri bagi mereka.

Gunung Selamet

Gunung Selamet merupakan Gunung tertinggi yang ada di Jawa Tengah dan juga termasuk Gunung terindah di Jawa Tengah. Banyak para pendaki yang tertantang untuk menaklukan Gunung Selamet ini di karenakan dengan menaklukan Gunung Selamet pendaki dapat berdiri di tanah tertinggi di Jawa Tengah.

Meskipun medan yang harus di lalui untuk mendaki Gunung Selamet ini cukup berat di tambah status Gunung yang masih aktif bahkan masih sering terjadi erupsi, namun hal itu tak menjadi alasan utuk para pendaki tidak menaklukanya. Bahkan Gunung Selamet ini tercatat pernah aktivitas terakhirnya pada tahun 2004 lalu dan pada tahuan 2014 kemarin status Gunung Selamet ini Waspada, namun meskipun begitu tak membuat para pendakli lantas mundur begitu saja.

Leave A Reply

Your email address will not be published.