Let’s travel together.

5 Obyek Wisata Sumber Mata Air Atau Umbul Di Klaten Yang Paling Cantik Dan Bersejarah

0 136

Klaten merupakan salah satu kabupaten di jawa tengah yang memiliki banyak obyek wisata sumber mata air atau umbul paling cantik. Selain di kenal dengan wisata sumber mata air yang paling cantik, tetapi umbul di klaten juga memiliki banyak sejarah yang menarik perhatian orang dan dapat mendatangkan banyak wisatawan yang berminat mengunjungi obyek wisata umbul di klaten ini.

Umbul sendiri juga merupakan kata yang berasal dari bahasa jawa yang berarti kolam alami yang langsung dari sumber mata air.

Namun  agar lebih berkembang, biasanya masyarakat klaten menjadikan sumber mata air ini sebagai obyek tempat wisata umbul di klaten, dan mengubah suasana di umbul menjadi lebih istimewa dengan berbagai konsep yang lebih kekinian.

Untuk lebih jelasnya lagi, sekarang saya akan bahas artikel kali ini dengan tema wisata yang ada di klaten.  Yaitu 5 obyek wisata sumber mata air atau  umbul di klaten yang paling cantik dan bersejarah.

Obyek Wisata Umbul Manten Di Klaten

Tak salah lagi jika umbul di klaten ini diberi nama dengan umbul manten dan merupakan umbul paling cantik dan bersejarah, oleh karena itu biasanya umbul manten ini di jadikan sebagai tempat prosesi siraman calon pengantin.

Karena umbul manten adalah sumber mata air di klaten yang memiliki nama yang sangat menarik perhatian dan juga memiliki sejarah, konon katanya dulunya merupakan kisah antara umbul lanang dan umbul wadon atau umbul laki – laki dan umbul perempuan.

Dari kisah antara umbul lanang dan umbul wadon sendiri adalah sepasang pengantin yang baru saja menikah.  Setelah menikah, mereka diberi petuah oleh orang tuanya agar tidak keluar waktu maghrib selama 40 hari bersama – sama, tetapi  mereka berdua melanggar petuah tersebut.

Akhirnya, saat mereka berdua berada di tempat yang lokasinya berada di Dusun Janti, Polanharjo, Klaten Jawa Tengah mereka sama – sama tidak bisa melihat wajah masing – masing dan berbicara satu sama lain baik istrinya maupun suaminya.

Nah, dari cerita tersebut banyak orang yang mempercayai bahwa umbul manten tersebut merupakan lokasi dimana sepasang suami istri tersebut hilang.

Obyek Wisata Umbul Sigedang Di Klaten

Nah, untuk umbul yang ini juga tak kalah cantiknya dari umbul manten di atas, apalagi air umbul di klaten ini juga di jadikan sebagai sumber mata air untuk air minum di daerah istimewa Yogyakarta karena airnya yang jernih dan belum tercemar sama sekali. Yaa, benar sekali! Umbul sigedang namanya.

Dari kejernihan air di umbul sigedang tersebut juga banyak mengandung mineral dan bebas dari polusi atau kotoran. Dan biasanya umbul sigedang ini juga di jadikan sebagai obyek tempat wisata umbul di klaten untuk menyegarkan diri.

Lokasi umbul sigedang berada di Dusun Umbulsari Kelurahan Ponggok, Kecamatan Polanharjo, klaten Jawa Tengah.

Tetapi obyek wisata umbul di klaten ini di pisah menjadi dua untuk di gunakan sebagai tempat pemandian, yaitu umbul lanang untuk laki – laki dan umbul wedok untuk perempuan.

Obyek Wisata Umbul Cokro Tulung Di Klaten

Obyek wisata Umbul di klaten yang ketiga ini terletak di Desa Cokro, Kecamatan Tulung, Klaten Jawa Tengah yaitu Umbul Cokro.

Umbul cokro merupakan obyek wisata umbul di klaten yang di jadikan sebagai tempat menyelam atau pemandian mata air dengan nuansa air warna biru dan juga wisata umbul di klaten yang tidak pernah sepi oleh pengunjung, Karena udara yang sejuk dari pepohonan rindang di sekeliling kolam umbul tersebut.

Selain itu, umbul cokro ini juga termasuk dalam kategori umbul  di klaten yang paling cantik dan memiliki sejarah yang cukup menarik dari kisah cerita pada zaman Kerajaan Sultan Hamengkubuwono ke-9.

Nah, jika anda berkunjung ke umbul ini jangan khawatir bosan, karena di umbul cokro ini juga di sediakan banyak fasilitas – fasilitas seperti wahana yaitu flying fox,wahana bermain anak dan water sliding juga kamar mandi untuk ganti pakaian dan warung – warung  yang menjual berbagai jenis makan dan minuman.

Obyek Wisata Umbul Nilo Di Klaten

Lokasi tempat wisata umbul di klaten ini terletak di dekat pemukiman warga yaitu di Dusun Margosuka Daleman, Kecamatan Tulung, Klaten Jawa Tengah.

Pada dasarnya kolam di umbul nilo ini hanya berupa bebatuan dengan air yang jernih di dasar kolam dan suasananya juga hening karena banyak pepohonan yang berukuran besar di sekeliling kolam umbul nilo ini.

Mata air di umbul nilo juga sangat bersih, dingin dan segar Karena selalu dijaga kebersihan dan kejernihannya untuk di jadikan sebagai sumber mata air atau umbul di klaten.

Dari adanya tempat ini dulunya di kisahkan bahwa banyak pohon nilo yang tumbuh di sekitar  tempat ini, dan tanaman nilo ini sendiri juga di jadikan sebagai bahan pewarna dalam pembuatan batik, tetapi ya begitulah karena akibat ulah penebangan pohon liar dahulu, sekarang di tempat ini sudah tidak ada satupun pohon nilo yang tertinggal.

Obyek Wisata Umbul Ponggok Di Klaten

Unik juga ya namanya!! Umbul ponggok ini merupakan umbul di klaten yang tidak hanya memiliki destinasi keindahan pada airnya yang jernih, tetapi juga pada ikan warna – warni yang hidup di dasar kolam.

Obyek wisata umbul di klaten ini berada di Desa ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten jawa Tengah dan untuk tarif harga masuk ke umbul ponggok juga sangat terjangkau yaitu hanya senilai 5000/org.

Umbul ponggok ini terkenal sangat alami, karena berupa hamparan pasir yang luas dengan bebatuan dan ikan warna- warni yang menjadikan suasana konsep di kolam umbul dan fasilitas – fasilitas ini lebih menarik perhatian bersama pasangan  dan di minati para wisatawan.

Di tempat ini juga tidak hanya untuk tempat snorkeling, melainkan anda juga bisa latihan diving untuk penyela pemula, dan khusunya juga bagi yang tidak bisa berenang dan snorkeling anda juga bisa naik perahu mengelilingi area umbul ponggok dengan fasilitas yang telah di sediakan.

Seru juga yaa kawan, apalagi bagi anda yang suka travelling di perairan. Sangat cocok lah jika anda berkunjung di salah satu obyek wisata umbul di klaten ini.

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.