Wisata Kuliner Tahu Serasi Bandungan, Camilan Hangat di Hawa Dingin

0 50

Tahu Serasi Menjadi Salah Satu Kuliner Tempat Makan di Bandungan yang Patut Siapa Saja Coba. Tahu Serasi, Serasi Bahannya, Serasi Olahannya, dan Serasi Rasanya!

Dibalik kekayaan pariwisata yang memanjakan mata, kota Semarang memiliki beragam wisata kuliner khas nan menggoda. Apalagi bagi Anda yang mengaku pecinta kuliner wajib mencicipi camilan satu ini. Tahu serasi milik Bu Khotijah. Kata serasi diambil dari slogan Kabupaten Semarang yaitu Serasi yang berarti Sehat, Rapi, Aman, Sejahtera dan Indah.

Pabrik tahu Bu Khotijah dikelola oleh 13 pekerja yang terdiri dari dua laki-laki dan sebelas perempuan. Tahu Serasi Bu Khotijah berbahan dasar kedelai impor dari Amerika. Ibu Khotijah memilih penggunaan kedelai impor karena ketersediaan kedelai Indonesia sedikit. Meskipun kedelai impor, tidak sedikitpun mempengaruhi rasa dan kekenyalan camilan ini. Terbukti pemasaran tahu serasi hingga luar kota seperti Kota Surabaya. Restoran Cimory –salah satu restoran hits- di Semarang pun menjadi salah satu pelanggan tetap.

Tahu Dipress Pakai Batu Seberat 50 Kg?

Ada yang menarik dari proses pembuatan tahu di sini yakni masih menggunakan cara tradisional. Dengan peralatan diantaranya mesin penggiling kedelai, sari uap untuk merebus kedelai, kayu bakar, kain putih, kayu cetakan, dan pengepresan batu pemberat 50kg, pabrik ini mampu membuat tahu serasi sebanyak 1,5 kwintal tiap harinya.

wisata kuliner tempat makan di bandungan 2Gambar 02. Proses Pembuatan Tahu

Proses pembuatan tahu diawali dengan penggilingan kedelai yang sebelumnya direndam dengan air selama kurang lebih dua jam. Selesai digiling, hasil gilingan dimasukkan ke dalam tong sembari diberi air. Sari dan ampas dipisahkan. Kemudian masak air menggunakan tungku kayu bakar. Uap air dari tungku meluncur ke pipa-pipa untuk merebus sari.

Setelah suhu mencapai 100 derajat dan sari tahu sudah matang lalu dilakukan penyaringan lagi serta diambil susunya. Masukkan bibit tahu dan garam, aduk sampai rata. Selanjutnya adonan tahu tersebut akan dibentuk kotak kecil-kecil dengan menggunakan kayu cetakan beserta kain mori. Proses terakhir yaitu dipress dengan batu pemberat 50kg. Hal ini bertujuan mengurangi kadar air pada tahu.

Harga Murah, Ada Tempat Nongkrong Ala Gazebo

Selain bisa mengintip proses produksi, Anda juga dapat menikmati langsung olahan tahu serasi yang telah dibuat di spot-spot nongkrong yang tersedia. Dengan fasilitas parkir luas, arena bermain anak, dan terdapat juga gazebo-gazebo bagi para pengunjung yang ingin bersantai-ria sambil mencicipi olahan tahu serasi.

Hanya dengan harga Rp 9.000,- per bungkus Anda sudah dapat menyantapnya. Langsung saja berkunjung ke Dusun Karanglo Desa Kenteng Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Di sana, Anda dapat menikmati hawa dinginnya Bandungan ditemani hangatnya Tahu Serasi.  Selamat berkunjung!*

*Tulisan kiriman dari Febri Susanti dan Afri Fariyani

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.