Let’s travel together.

Wisata Kuliner Soto Kerbau Yang Melegenda Di Kudus

0 72

Hampir di setiap daerah mungkin terdapat penjual soto, akan tetapi soto di Kudus ini berbeda dengan soto yang di jual di daerah lain.

Soto khas kudus yang melegenda ini menggunakan daging kerbau dan bawang goreng sebagai topingnya, hal ini justru yang membuat soto kudus unik dan berbeda dari soto lainya. Jika pada soto-soto lain umumnya menggunakan daging ayam maupun daging sapi. Hal ini justru berbeda dengan yang ada di kudus.

Akan tetapi karena keunikan nya itu soto Kudus justru semakin melegenda dan banyak di cari orang dari berbagai daereh.

 

Mereka mengaku penasran dengan rasa soto kudus yang melegenda dan unik, bahkan tak jarang pula mereka berkunjung ke kudus hanya untuk mencicipi kelezatan dari soto kerbau khas kudus. Para pengunjung pun rela mengantri untuk mendapatkan semangkuk soto kerbau khas kudus yang melegenda itu.
Nah, jika anda berkunjung ke Kudus tak peru khawatir jika ingin mencicipi soto kerbau khas Kudus karena di sepanjang jalan kota Kudus banyak sekali penjual soto kerbau khas Kudus ini, mulai dari warung, kedai, rumah makan,bahkan resto.
Di samping meyajikan soto kerbau biasanya di warung-warung banyak yang menyuguhkan makanan pendamping untuk di makan bersama soto kerbau misalnya sate telor, sate kerbau, dan sate campur.

Selain bahan utamanya yang berbeda, soto kerbau khas kudus ini memiliki perbedaan dengan soto-soto lainya, jika pada soto-soto lainnya mengunakan tambahan bihun dan tomat, maka untuk soto khas kudus sendiri hanya menggunakan kecambah seledri dan daun bawang.

Soto kerbau khas Kudus yang terdiri dari perpaduan kuah yang coklat bening dengan daging dan tambahan sayuran taoge, daun bawang bahkan seledri membuat cita rasa sendiri pada soto ini. Dan keunikan ini yang mampu menarik banyak minat pengunjung untuk selalu kembali mencicipi soto yang legendaris itu.
Di Kudus sapi sangat di muliakan, sehingga sapi tidak di izinkan untuk di sembelih apalagi dimakan. Untuk itu masyarakat Kudus memilih kerbau sebagai pengganti daging sapi. Sejarah singkat tentang larangan mengonsumsi daging sapi di Kudus, hal ini dikarenakan pada masa penyebaran islam yang di lakukan sunan kudus, yang pada waktu itu di Kudus sendiri mayoritas beragama hindu dan budha dan tidak diperbolehkan mengkonsumsi daging sapi . Jadi untuk dapat mengambil simpati tanpa menyingung perasaan masyarakat, maka sunan kudus menyucikan binatang sapi. Dan masyarakat dikudus masih menganutnya sampai sekarang keputusan tersebut.
Untuk masalah harga di bandrol dengan harga yang berbeda-beda pada setiap tempat, itu pun tergantung dari tempatnya masing-masing. Namun jika pada tempat yang umum biasanya berkisar mulai dari harga Rp. 10.000 sampai dengan Rp. 15.000 untuk harga bisa menyesuaikan tempatnya.
Jadi jika ingin mencicipi soto kerbau khas kudus anda juga bisa menyesuaikan dengan budget yang anda miliki.
Kalau anda berkunjung ke kudus maka saya sarankan untuk tidak melewati wisata kuliner soto khas kudus yang melegenda ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.