Let’s travel together.

Tips Membuat Dawet Ayu Banjarnegara

0 27

Dawet Ayu Banjarnegara merupakan minuman khas Banjarnegara yang memiliki rasa manis legit dan juga segar,Dawet Ayu Banjarnegara cocok di minum di berbagai cuaca, bisa di minum saat cuaca dingin dengan rasa yang hangat atau bisa juga di minum saat cuaca panas dengan di tambah es batu yang membuatnya menjadi segar.

dawet ayu

Dawet Ayu minuman khas Banjarnegara merupakan minuman tradisional yang masih eksis sampai sekarang. Rasanya yang lezat dan harganya yang lumayan murah membuat dawet ayu Banjarnegara banyak di minati dari berbagai kalangan.

Saking terkenalnya Dawet Ayu Banjarnegera bahkan di buat menjadi sebuah judul lagu oleh Grup seni Calung dan lawak Banyumas yang konon katanya saat mereka mampir di kedai dawet Banyumas penjualnya adalah seorang wanita cantik, dari situlah mereka terinspirasi untuk membuat lagu berjudul “ Dawet Ayu Banjarnegara “, yang dalam bahasa Indonesia ayu artinya cantik.
Dawet Ayu Banjarnegara samapai sekarang juga masih mempertahankan nilai tradisionalnya, jadi jika ingin mencicipi dawet ayu banjarnegara jangan membayangkan untuk menikmatinya di restoran atau cafe. Karena sampai sekarang dawet ayu Banjarnegara masih di jual di kedai pinggir jalan bahkan pedagang keliling.

dawet ayu

Jika di beberapa tempat anda dapat menyicipi minuman dawet, tapi anda hanya akan dapat mencicipi minuman dawet Banjar khas Banjarnegara ini pada kota Banjar saja. Karena Dawet Ayu Banjarnegara ini belum di jual di berbagai daerah lainya. Kalaupun di jual rasanya akan berbeda dari Dawet Ayu Banjarnegara yang asli dari kota Banjarnegara.

Trik dan Tips Membuat Dawet ayu

 Jika tak memiliki waktu luang untuk pergi ke Banjarnegara, anda juga dapat membuatnya sendiri di rumah. Beikut resep yang dapat di gunakan untuk membuat Dawet Ayu Banjarnegara.
Resep Dawet Ayu Banjarnegara
Bahan dasar :
– Tepung beras 250 gr
– Tepung tapioca(sagu aren) 250 gr
– Sari daun pandan secukupnya
– Air matang sesuai kebutuhan
– Es batu sesuai kebutuhan
Bahan santan:
– Santan kental 1 liter bisa menggunakan santan instan yang kental
– Daun pandan kurang lebih 3 lembar di gulung
– Garam secukupnya
Bahan cairan gula:
– Gula aren 500 gr (sudah disisir)
– Gula pasir 75 gr atau sesuai selera
– Air secukupnya
cara mengolah:
1. campur antara tepung tapioka dan tepung beras secara merata, lalu masukan sari daun pandan dan juga air aduk rata sampai mengental.
2. Cetak adonan menggunakan cetakan dawet dan masukan adonan yang telah di cetak ke dalam air es supaya tidak saling menempel satu sama lain, lalu sisihkan.

  1. Untuk membat kuah santan, rebus air santan di dalam panci menggunakan api yang sedang masukkan daun pandan dan garam aduk samapi santan mendidih, hal ini di tujukan supaya santan tidak pecah.
  2. Cara membuat cairan gula hanya perlu merebus gula aren dan gula pasir yang di tambah air di dalam panci dengan api yang kecil karena jika apinya terlalu besar dapat menyebabkan gula jadi gosong.
  3. Setelah semua matang sajikan dawet di gelas, dengan urutan awal masukan cairan gula, tambah santan, lalu masukkan cendolnya dan jika jika suka anda dapat juga menambahi dengan irisan nangka.

Akan tetapi jelas rasanya akan berbeda dari rasa Dawet Ayu khas Banjarnegara, jadi jika anda memang ingin mencicipi minuman Dawet Ayu Banjarnegara ini akan lebih afdhol jika anda membelinya langsung dari Banjarnegara karena rasanya akan jauh berbeda dari yang anda buat.

Untuk itu jika anda pecinta wisata kuliner tidak ada salahnya jika menyempatkan waktu untuk mampir ke Banjarnegara dan mencicipi Dawet Ayu Banjarnegara yang melegendaris ini.
Dan untuk mencicipi satu gelas Dawet Ayu Banjarnegara ini anda tak perlu merogoh kocek yang begitu mahal yaitu hanya Rp. 5000 untuk satu gelas Dawet Ayu Banjarnegara.
Anda juga dapat menikmati Dawet Ayu Banjarnegara bersama orang-orang yang anda cintai karena harganya yang cukup murah sehingga anda juga dapat mentraktir mereka bersama-sama. Rasa lezat yang di tawarkan akan membayar semua waktu yang telah anda luangkan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.