Let’s travel together.

Sate Kere Kuliner Legendaris Khas Solo Paling Enak

0 6

Sate Kere Solo

kuliner solo

Sate Kere Solo, ngomong-ngomong dari namanya saja kita sudah sangat tertarik karena terlihat sangat berbeda dari sate lainnya. Sate kere solo ini terbuat dari tempe gambus yaitu tempe yang dibuat dari ampas tahu. Selain tempe, bahan dasar pembuatan sate ini juga menggunakan jeroan sapi seperti paru dan usus sapi.Sate ini juga dilengkapi dengan bumbu kacang yang sangat lezat memiliki cita rasa yang khas dan membuat ketagihan. Sehingga sate ini menjadi kuliner legendaris Solo.

Konon sejarahnya zaman dulu, sate adalah salah satu makanan termewah yang hanya bisa disantap oleh kalangan menengah ke atas. Istilah kere yang berarti gelandangan merupakan salah satu pencitraan terhadap kalangan bawah yang terlalu sayang untuk membeli setusuk sate. Atas alasan inilah para kalangan bawah melakukan intervensi. Mereka membuat bentuk lain sate dengan bahan dasar jeroan sapi yang mana jika dilihat, sate ini menyerupai sate pada umumnya. Cara inilah yang menjadi daya tarik bagi kalangan bawah untuk menikmati sate yang kemudian melahirkan sate kere satenya orang miskin. Selain itu, sate ini merupakan perwujudan perlawanan dari kalangan bawah kepada kalangan bangsawan dalam budaya feodal yang zaman dahulu masih sangat kental dirasakan oleh masyarakat jawa.

kuliner solo

Sate kere solo merupakan sate yang bahan utamanya adalah tempe gembus dan jeroan sapi. Tempe gembus adalah ampas tahu yang difermentasi hingga menjadi padat seperti tempe. Jeroan sapi yang digunakan antara lain usus, hati, paru, limpa juga jantung.

Jeroan sapi sebelum dibumbui harus direbus terlebih dahulu hingga empuk dan tidak berbau amis. Air rebusan jeroan ini kemudian dibuang dan jeroan sapi diiris-iris kecil agar bumbu meresap dengan sepurna. Baik jeroan sapi maupun tempe gembus akan dimasak bersama dengan bumbu atau dikenal dengan cara memasak “diungkep”.

Bumbu yang digunakan diantaranya adalah ketumbar, kemiri, bawang merah, bawah putih, asam jawa serta gula merah dan garam. Tempe gembus dan jeroan yang sudah diungkep kemudian diiamkan sebentar hingga dingin baru kemudian di tusuk menggunakan lidi atau bambu.

Jika membeli sate kere di Solo, kita bisa memilih isiannya. Kita boleh memilih hanya tempe gembusnya saja, atau jeroannya saja. Macam jeroannya juga sesuai dengan pilihan kita. Tukang sate kere akan membakar sate yang kita pilih di atas bara api hingga matang. Sebelum di bakar sate kere ini akan dilumuri dengan bumbu kecap agar lebih terasa sedap.

Namanya saja sate kere, maka harganya pun dibuat terjangkau untuk semula lapisan masyarakat. Cukup dengan Rp 10.000, kita bisa menikmati lezatnya sate ini. Pak Presiden Jokowi juga pernah menikmat sate kere ini. Beliau biasanya suka mencampurnya dengan sate jeroan atau sate lainnya. Tetapi, kalau dicampur dengan sate jeroan, harganya bisa mencapai Rp 35.000.  Yah, masih terjangkau juga.

Untuk itu, ayo serbu buruan sate kerenya yang ada solo paling legendaris pokoknya rasanya enak banget dan menggugah selera kalian semua. Rasanya nggak sama sate lainnya, rasanya ini nikmat, gurih, dan lezat. Kalau kalian sudah mencobanya pasti kalian ketagihan dengan rasanya dan kenikmatannya. Kalian bisa menemukan kuliner sate kere ini dipinggir jalan atau setiap sudut kota solo.  Buruan langsung mencoba sate kere solo dan mencicipinya ya, Jangan sampai kehabisan!!! Pokokya paling recommended banget buat kalian yang belum pernah mencoba kulinernya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.