Let’s travel together.

Menikmati Santapan Makanan Tradisional Rondo Royal Jepara

0 74

Bagi pecinta kuliner tidak, lengkap nihh kalau belum menikmati makanan gorengan di Jepara yang sangat populer dan salah satunya adalah Rondo Royal Jepara atau biasa di sebut dengan “Monyos”.

Di lihat dari namanya saja memang sudah kedengaran aneh. Rondo Royal yang memiliki arti dari Bahasa Jawa Rondo yang dapat di artikan “Janda” dan Royal artinya “Mewah”, sehingga dapat di artikan sebagai Janda Mewah yang konon katanya dulunya makanan ini di temukan oleh Janda yang Mewah.  Dari Bahasa Jawanya sendiri Rondo juga bisa di artikan “rodo/roda” yang yang dalam Bahasa Indonesia yaitu “hampir/sedikit” yang berarti Rondo Royal adalah “sedikit mewah”.

Rondo Royal merupakan makanan gorengan tradisional berasal dari Jepara, Jawa Tengah yang terbuat dari Tape Singkong yang di hancurkan dan di beri gula merah yang sudah hancur yang kemudian di bentuk bulat dan di masukkan ke dalam adonan tepung terigu sehingga membuat rasanya yang renyah dan lembut yang menjadikan penyantap ketagihan akan sensasi kaya rasa yang khas dari tape tersebut.

Di dalam Rondo Royal termasuk tape singkongnya juga memiliki banyak kandungan gizi & khasiat yang dapat mencegah dari datangnya penyakit karena didalamnya terkandung berbagai zat yang bermanfaat untuk tubuh, seperti : 173 Energi kkal, 0,5 kg protein, 0,1 gr lemak, 42,5 karbohidrat, 30 ml kalsium dan 56,1 gr air yang dapat di gunakan untuk menyembuhkan jerawat, bisul, memperlancar menstruasi, memperlancar sistem pencernaan dan juga masih banyak lagi.

Selain rasanya renyah di dalamnya juga terdapat rasa manis gula merah, asem pada tape aingkongnya dan asin pada tepung berasnya, Oleh karena itu banyak orang yang mengatakan kalau gorengan Rondo Royal Jepara memiliki rasa yang unik di dalam maupun di luarnya.

rondo royal jepara

Bagi yang belum pernah menikmati rasanya, jangan khawatir karena selain di Jepara Jawa Tengah juga sudah ada banyak daerah yang menyediakan di warung atau pasaran terutama di daerah Provinsi Yogyakarta dan Jawa timur, bahkan Rondo Royal ini juga sudah terkenal di berbagai Nusantara.
Banyak keistimewaan cara menyajikan Rondo Royal ini seperti halnya di sajikan dengan parutan keju, lumuran susu coklat, abon yang kering, bahkan bagi pecinta kopi khususnya juga bisa menyajikannya dengan kopi ketika Rondo Royalnya masih hangat dan cocok di santap pada saat musim dingin/hujan.

rondo royal

Harga Rondo Royal ini sangatlah yaitu murah hanya Rp. 500 – Rp.1000 rupiah/biji jadi sangat cocok untuk camilan bagi setiap kalangan, dan bahkan jika ingin membuatnya sendiri juga sangat mudah. Bahannya mudah di dapatkan di warung – warung terdekat. Dengan membuatnya sendiri maka kita tidak ragu lagi akan kebersihanya dan kesehatan kita

Leave A Reply

Your email address will not be published.