Let’s travel together.

Menikmati Kekenyalan Es Gempol Pleret Khas Solo

0 167

Sebagian besar di daerah jawa tengah memiliki banyak kuliner yang khas dan salah satunya adalah minuman yang tidak pernah bosan di buru orang-orang. Apalagi pada saat cuaca yang sangat panas tentunya yang di cari-cari adalah minuman yang dingin dan bikin kenyang.
Nah, di artikel kali ini saya akan membahas salah satu minuman tradisional di jawa tengah yang sangat di gemari banyak orang dengan menikmati kekenyalan akan rasa dan aromanya yang sangat lezat yaitu “Es Gempol Pleret di Solo Jawa Tengah.

es gempol pleretEs Gempol Pleret merupakan minuman khas tradisional di daerah Solo yang isian minumannya yaitu gempol yang rasanya gurih dan pleret yang manis dari bahan utamanya yaitu Tepung Beras dan kuah santan yang gurih di padu dengan air gula jawa dan air pandan.

 

 

Dari gempolnya sendiri mempunyai arti” jempol” yang terbuat dari adonan tepung beras yang di bentuk bulat seperti bakso yang di cekungkan di bagian tengah menggunakan jari tangan. sedangkan untuk pleretnya berarti adonan tepung beras yang di pleret atau “di plintir” lalu di beri pemanis gula jawa.

gempolNamun banyak orang yang mengatakan bahwa Es Gempol Pleret merupakan minuman khas yang berasal dari Solo(Surakarta), ada pula yang mengatakan Es Gempol Pleret minuman khas dari Semarang dan Jepara, bahkan adapula yang mengatakan Es Gempol adalah minuman khas Jakarta.
Untuk penyajiannya rata-rata Gempol dan gula jawa di campur dengan santan cair dan campuran pasri dengan gula jawa dan agar lebih cntik biasanya di atasnya di beri daun pandan . Tetapi jika ingin lebih segar dan lezat anda juga bisa menmbahkannya dengan Es Batu.

Cara Pembuatan Es gempol 

Jika anda ingin mencoba membuatnya sendiri cukup mudah kok karena bahan-bahannya mudah di jangkau di warung terdekat yaitu tepung sagu untuk pleret, tepung beras untuk gempol, garam, air mendidih, santan kelapa, gula pasir, gula jawa sisir halus,daun pandan, garam, dan es batu jika perlu.
Untuk pembuatannya mudah kok!!

Pertama, buatlah adonan gempolnya dari campuran tepung beras, garam dan air hangat secukupnya dn aduk hingga merata menggunakan spatula kayu dan untuk adonan pleretnya yaitu campurkan tepung sagu, gula dan air hangat secukupnya dan aduk sampai kalis atau warnanya mengkilap. Agar lebih menarik anda juga bisa menambahkan pewarna makanan.

Kedua, bentuklah adonan tersebut dengan cara membentuk seperti bulatan bakso atau kelereng lalu pencet tengahnya dengan menggunakan ibu jari tangan untuk gempolnya, lalu untuk pleretnya anda bisa memlintirnya menggunakan tangan dengan ukuran yang tidak terlalu besar.
Jika semua adonan sudah di bentuk anda bisa langsung mengukusnya ke dalam panci kurang lebih selama 1 jam hingga mengembang.
Selanjutnya, tahap pembuatan kuahnya yaitu memasak santan kelapa dengan menambahkan gula pasir, sisiran gula jawa, daun pandan dan garam aduk terus agar santannya tidak pecah hingga aromanya sudah tercium.
Untuk penyajiannya sangat simple yaitu dengan meletakkan gempol dan pleret ke dalam mangkuk lagu siram dengan kuah air santan yang sudah di masak dan lebih segarnya jika di tambah es batu atau daun pandan di atasnya sesuai selera anda.

Tidak mudah untuk bisa menemukan Es Gempol Pleret ini karena hanya orang tertentu yang menjualnya secara keliling layaknya seperti menjual Wedang Ronde dan tidak banyak warung-warung di pinggir jalan yang menyediakan apalagi di restoran yang berkelas tinggi .

Lokasi Penjual Es gempol

Nah, jika anda ingin lebih mudah untuk menemukan Es Gempol Pleret ada satu di antara beberapa penjual Es ini yaitu Bapak Suharto yang sudah lama berjualan sekitar tahun 1996 sampai sekarang di warungnya yang paling terkenal dan sangat sederhana dengan harga 600 rupiah/porsi untuk letaknya berada di tepi sungai kecil sebelah utara Tegalsari Jl.Wahidin, Laweyan, Solo.

Leave A Reply

Your email address will not be published.