Let’s travel together.

MENCICIPI CITA RASA KELEZATAN NASI GANDUL KHAS PATI

0 41

Nasi Gandul merupakan salah satu makanan khas Pati yang sering di sajikan di berbagai acara rumahan terutama pada acara pernikahan.

Dari nama Gandul sendiri memang terdengar aneh, karena dalam Bahasa Jawanya memiliki ungkapan yang berarti menggantung, tetapi bukan berarti nasi ini di sajikan secara di gantung.
Di era dahulu tepatnya pada tahun 1955 Nasi gandul di sajikan di atas piring yang di atasnya di beri daun pisang yang di beri suru (daun pisang yang dipakai untuk menyendok) dan harganya pun terbilang mahal bagi masyarakat Jawa jaman dulu hanya 7 ribu/porsi Nasi Gandul dan Teh hangat.

Pada tahun 1965 Nasi Gandul ini sudah mulai terkenal berkat sesepuh desa yang bernama Mbah Rono. Dari situlah banyak orang yang tertarik Nasi Gandul akan rasanya yang unik antara Gulai dan Semur Dagingnya. Makanan ini hampir sama dengan Gulai hanya saja bahan dasar yang membedakannya. Bahan yang di gunakan untuk membuat Nasi Gandul antara lain : Nasi, Daging Kerbau atau Sapi, Santan dari kelapa asli, Daun Salam, Lengkuas, Serai, dan jangan lupa di tumis terlebih dahulu.
Lebih lengkapnya lagi jika anda memakannya di tambah dengan tempe goreng yang di goreng banar-benar kering. Anda juga bisa menambahknnya dengan Perkedel, Telur Bacem, kikil dan Jeroan Sapi atau Kerbau.

Santan kental yang di padukan dengan bumbu khas jawa membuatnya semakin terasa gurih dan legit. Apalagi dengan taburan bawang goreng di atasnya semakin menambah ciri khas nya. Akan tetapi pada saat acara pernikahan biasanya di tambah kerupuk udang di atasnya sebagai pelengkap rasa.
Nasi gandul sendiri masih sering di temui pada saat acara tertentu warga pati di antaranya di sajikan pada saat acara pernikahan mauun khitanan.

Meskipun menjadi ciri khas dari kota pati gandul sendiri tidak banyak ditemui di setiap tempat kota Pati, tapi hanya ada beberapa saja warung atau rumah makan yang menyediakan nasi gandul. Harga nasi gandul beragam mulai dari Rp. 5000 tergantung tempat atau penjual, untuk itu sebaiknya jika anda ingin membeli nasi gandul lebih baik jika membelinya di tempat yang sudah ramai atau banyak pengunjung. Karena hal ini menunjukan tingkat rasa dan harga dari warung tersebut.


Gandul sendiri sudah di kenal banyak orang mulai dari berbaai kalangan, hal ini menunjukkan kalau gandul sendiri bukan hanya makanan kampung namun bisa di terima di berbagai kalangan.

Bahkan gandul sendiri telah di kenal sebagai makanan tradisionl khas pati di seluruh Indonesia, dan tak jarang pula sebagian besar orang yang berkunjung ke kota pati untuk menikmati kelezatan yang di tawarkan oleh nasi gandul.

Leave A Reply

Your email address will not be published.