Let’s travel together.

5 Makanan Khas Brebes Cocok Untuk Menu Makanan Lebaran

0 162

Ngomongin soal kota brebes rasanya belum lengkap kalau kita hanya mengunjungi wisata-wisatanya saja. Tapi tenang aja yaa, selain wisata di brebes akan saya bahas nih tentang beberapa makanan khas brebes  sangat lezat di kota brebes jawa tengah ini.

Kota brebes juga terkenal lho dengan keanekaragaman berbagai kuliner brebes dan konon brebes juga merupakan salah satu daerah di jawa tengah yang di jadikan sebagai pusat oleh-oleh dan kuliner nomor satu bagi para wisatawan.

Nah, dari kelezatan tersebut makanan khas brebes ini juga cocok lho untuk dijadikan sebagai menu rumahan, dan khususnya juga kan sekarang sudah mulai memasuki bulan ramadhan dan lebaran nih, tak salah juga kalau makanan khas brebes ini cocok untuk dijadikan sebagai menu makanan saat lebaran.

Untuk itu, bagi anda yang sering sekali mengunjungi kota brebes jangan enggan untuk mencicipi makanan khas brebes. Nih saya kasih tahu tentang beberapa makanan khas brebes yang biasanya dijadikan pelengkap menu makanan, khususnya lebaran.

Telur Asin Bakar

Untuk makanan khas brebes yang pertama ini adalah telur asin bakar, mungkin kedengaran aneh yaa. cara pembuatannya juga berbeda seperti telur yang biasanya di rebus.

Telur asin bakar brebes juga sering dijadikan menu favorit kuliner brebes lho, apalagi saat menjelang lebaran banyak yang mencari telur asin bakar untuk tambahan menu makanan ketupat. Biasanya di warung-warung juga banyak yang menyediakan makanan khas brebes telur asin bakar ini. Dalam pembuatan telur asin bakar juga melalui tiga tahap yaitu pengasinan, pengovenan dan pembakaran.

Nasi Lengko Brebes

Nasi lengko brebes merupakan makanan berat khas brebes yang di sajikan dengan irisan tahu, tempe, mentimun dan taburan tauge, daun seledri, bawang goreng di atasnya. Harga nasi lengko brebes cukup murah hanya lima ribu per porsinya.

Makanan khas brebes ini juga sangat cocok untuk di jadikkan sebagai menu masakan rumahan dan menu makanan saat lebaran idul fitri. Lebih nikmatnya lagi, biasanya nasi lengko brebes di sajikan dengan tambahan sambal kacang atau kecap manis. Untuk dapat mencicipi makanan khas brebes ini juga jangan khawatir lagi, karena banyak di daerah brebes dan sekitarnya yang menyediakan nasi lengko brebes ini, apalagi saat menjelang puasa ramadhan dan saat hari raya idul fitri.

Kupat Glabed Brebes

Nah, makanan yang satu ini sangat cocok lho untuk menu makanan saat lebaran, yaa apalagi kalau bukan kupat glabed brebes. Penyajiannya saja kelihatannya sangat menggiurkan, apalagi rasanya.

Kupat glabed brebes adalah makanan yang berupa kupat yang di padukan dengan bumbu santan kelapa kental asli dengan rempah-rempah yang membuat aroma dan rasa dari makanan khas brebes ini menjadi khas dan salah satu menu favorit saat lebaran. Untuk harga/porsinya juga cukup murah sekitar Rp.15.000 dan biasanya kupat glabed brebes di sajikan dengan tambahan lauk seperti telor asin, sate dan berbagai lauk tambahan yang lainnya.

Nah, biasanya kupat glabed brebes juga disajikan dengan tambahan daging bebek atau enthog dan diguyur seperti sambal yang khas untu menambah rasa pedasnya.

Soto Brebes

Gurih dan segernya kuah soto khas brebes ini menjadikan pembeli ketagihan. Apalagi dengan tambahan tauco dan santan kuning kental dengan perpaduan 3 rasa yaitu pedas, asam dan manis menjadikan soto brebes jadi semakin lezat dan memiliki rasa khas tersendiri.

Bahan utama dari soto brebes berbeda dari soto yang biasanya, yaitu daging sapi dan tambahan babat yang empuk, sehingga rasanya lebih gurih dan unik. Untuk bahan yang lainnya juga layaknya seperti bumbu rumahan biasanya seperti  cabai, bawang merah, bawag putih, serai, jahe, tauco, daun jeruk, gula pasir, garam dan minyak untuk menumis bumbu yang sudah di uleg halus.

Harga dari soto brebes juga murah kok, hanya sekitar  8000-10000-an. Tetapi berbeda lagi yaa jika anda membelinya di restorant dan pada waktu bulan ramadhan.

Sate Blengong Brebes

Yang lagi pulang kampong di brebes nih, pass banget untuk mampir mencicipi makanan khas brebes  satu ini yaitu sate blengong. Unik kan namanya!. Sate blengong brebes ini berbeda lho daripada sate yang lainnya.

Tusuknya yang panjang menjadikan keunikan tersendiri bagi makanan khas brebes yang terakhir ini. Dan biasanya sate blengong juga banyak dijajakan di pinggir jalan di kawasan alun-alun brebes dan sekitarnya. Apalagi pada saat bulan puasa dan lebaran, banyak wisatawan yang mengunjungi kota brebes untuk dapat menikmati sate blengong.

Untuk harga dari sate blengong brebes hanya sekitar 12-15 ribu saja. Dalam penyajiannya, biasanya sate blengong brebes disantap dengan tambahan kupat glabed yang juga makanan khas brebes dengan tambahan bumbu-bumbu di atasnya, rempah-rempah yang gurih serta  krupuk.

Leave A Reply

Your email address will not be published.