Let’s travel together.

5 Menu Kuliner Khas Rembang Yang Paling Banyak Dicari Orang

0 16

Jawa Tengah- Setiap daerah tentunya memiliki keanekaragaman bahasa khas dan pakaian khas yang berbeda-beda. Namun tak ketinggalan pula dengan kuliner khas rembang dan minuman khas daerah yang di jadikan para wisatawan sebagai kuliner untuk melengkapi berwisatanya.

Siapa sih yang tidak tahu bahwa Indonesia itu kaya akan budayanya, apalagi masalah kuliner khas yang ada di setiap daerah, bahkan setiap daerah pastinya memiliki andalan kuliner khas.

Setiap manusia pastinya memiliki selera yang berbeda-beda terutama dalam segi memilih sesuatu yang memang baik dan tepat untuk nantinya. Tentunya dalam memilih makanan yang enak dan sehat pastinya!!

Tidak salah lagilah  untuk artikel yang akan saya buat kali ini  mengenai 5 Menu Kuliner Khas Rembang, dan tentunya sangat lezat, sehat dan cocok untuk di jadikan sebagai  menu rumahan. Khususnya juga untuk para wisatawan yang sedang berburu  wisata kuliner khas rembang.

Kuliner Sate Srepeh Rembang

Sate srepeh rembang merupakan sate ayam yang memiliki cita rasa yang khas dan sangat favorit di kota rembang yang berbeda dari sate ayam manapun .

Sate yang terkenal legendaris di kota rembang ini memiliki keunikan dari tampilan sajiannya yang berbeda dari sate ayam biasanya  karena sate srepeh rembang biasanya di sajikan dengan menggunakan alas daun pohon jati untuk menambah aroma sate srepeh yang khas paling banyak di cari orang.

Sedangkan untuk racikan bumbu sate srepeh rembang menggunakan gula merah, santan dan bumbu dapur lainnya seperti cabe, bawang merah dan bawang putih dengan menambahkan nasi dan sambal sebagai menu pendampingnya.

Untuk satenya sendiri biasanya menggunakan daging ayam, jeroan, rempela ati, tetapi biasanya penjual juga menambahkan menu sate lainnya seperti sate kambing srepeh dan sate sapi srepeh untuk menambah penghasilannya dan memperbanyak pelanggan di warungnya.

 

Kuliner Sayur Gili Rembang

Meski nama sayur gili ini sedikit asing bagi anda, tetapi sayur ini wajib anda cicipi ketika anda sedang bekunjung di kota rembang.

Sayur gili merupakan kuliner khas rembang yang  memiliki keistimewaan tersendiri yang ada pada kuahnya dari tulang ayam dan di rebus dengan air kemudian menjadi kaldu ayam.

Untuk menambah cita rasa yang unik biasanya sayur gili di campur dengan terasi bakar, lengkuas, salam, kencur serta daun jeruk untuk aromanya yang harum.

Sayur dari bahan utama bayam dan potongan oyong ini merupakan makanan yang cocok untuk di jadikan sebagai menu makan siang anda, karena dengan tambahan kuah santan yang kental menjadikan rasa sayur gili rembang menjadi gurih dan segar.

Kuliner Urap Latoh Rembang

Salah satu kuliner khas rembang yang paling banyak di cari orang dan terkenal adalah “urap latoh rembang” yang merupakan sayur yang terbuat dengan bahan utamanya yaitu rumput laut.

Dari rumput lautnya sendiri juga memiliki banyak kandungan seperti mineral, kalsium, nitrogen, barium, rubidium dan masih banyak lagi . selain dari kandungan tersebut, rumput lautnya juga serta mengandung vitamin A, B, D, E dan K.

Urap latoh rembang merupakan kuliner khas rembang yang terbuat dari beberapa bahan yaitu latoh, kelapa muda yang di parut, kemangi dan timun yang di cincang. Bumbunya sendiri juga seperti layaknya bumbu sayur lain yang di haluskan seperti bawang merah, bawang putih cabe merah dan cabe rawit.

Selain rasanya yang enak dan memiliki gizi yang tinggi, mudah di dapatkan di rembang saja dan harganya pun juga terjangkau sekitar 10.000 – 15.000 rupiah/porsi.

Kuliner Lontong Tuyuhan Rembang

Dinamakan lontong tuyuhan karena pembeli dan penjualnya berasal dari Desa Tuyuhan, Kecamatan Pancur Kabupaten Rembang, dan sekarang ini lontong tuyuhan rembang merupakan kuliner khas rembang yang sudah menyebar di kota rembang.

Sekian dari banyak orang yang sudah mencicipi lontong tuyuhan rembang ini mengatakan bahwa rasanya hampir mirip dengan opor, tetapi yang membedakannya adalah rasa pedas cabe merah dari kuahnya.

Untuk bahan dasar  lontong tuyuhan adalah ayam kampong, sehingga menjadikan memiliki rasa yang khas. Selain ayam kampung, dalam penyajian biasanya penjual menambahkan lauk pauk seperti tahu tempe dan telur rebus sebagai pelengkap.

Keistimewaan dari lontong tuyuhan rembang terdapat pada kuah santan kental gurih dan pedas yang di siramkan kedalam mangkuk atau piring yang berisi lontong, ayam, lauk dan taburan bawang goreng.

Oh yaa, selain di jadikan sebagai kuliner khas rembang, lontong tuyuhan juga merupakan makanan yang paling banyak dicari orang apalagi untuk di santap dengan ketupat waktu idul fitri atau idul adha, juga sangat cocok ketika lagi makan besar bersama keluarga.

Kuliner Sayur Mrico Rembang

Di namakan sayur mrico atau dalam bahasa indonesianya adalah “merica” karena sayur tersebut memiliki rasa merica yang sangat kuat dan mantap.

Menu makanan yang satu ini merupakan kuliner khas rembang yang selalu di buru oleh para wisatawan dan sering di jadikan sebagai kuliner favorit.

Bahan-bahan untuk membuat sayur mrico rembang terdiri dari ikan tongkol atau ikan bandeng, daun salam, serai, daun jeruk dan air. Dan untuk bumbu halusnya adalah terasi, butiran merica putih, asam jawa, garam, kemiri, bawang putih, kunyit sebagai pewarnanya, bawang merah, cabe rawit dan cabe merah.

Makanan yang terkesan murah dan mewah ini sangat cocok untuk di jadikan sebagai menu makanan rumahan karena bahannya juga mudah di jangkau dan resepnya pun juga sangat sederhana layaknya resep sayur biasanya.

Untuk itu khususnya bagi anda yang suka kuliner  di kota rembang atau sekarang bagi anda yang sedang berada di kota rembang sangat di wajibkan untuk mencicipi makanan yang sangat murah dan mewah ini.

 

Bagaimana??  Sangat  istimewa bukan. Dan semoga dari artikel 5 kuliner khas rembang ini dapat di jadikan sebagai tambahan menu untuk rumahan yang hanya itu-itu saja dan menjadikan wisaata kuliner anda jadi lebih puas dan irit.

Leave A Reply

Your email address will not be published.