Let’s travel together.

4 Kuliner Khas Pemalang Cocok Dijadikan Menu Buka Puasa Dan Sahur

0 24

Pemalang – kuliner khas pemalang memang sudah banyak di kenal banyak orang, tetapi kebanyakan orang hanya tahu bahwa makanan ini hanyalah makanan yang sudah ada di berbagai daerah dan tidak hanya di pemalang saja, bahkan beberapa dari kuliner khas pemalang ini sering di jadikan sebagai menu rumahan dan banyak di jajakan di pinggir jalan.

Kuliner khas pemalang juga tidak hanya menggunakan resep bumbu – bumbu layaknya seperti masakan rumahan biasannya, dan rata  – rata biasanya kuliner khas di berbagai daerah juga sangat memperhatikan rasa kelezatannya.

Oleh karena itu banyak orang yang menambahkan bumbu lainnya di dalam masakannya untuk membedakan cita rasa dari resep – resep makanan biasanya. Nah, sekarang kan udah mau mendekati bulan suci ramadhan. Khususnya nih bagi ibu rumah tangga, alangkah baiknya jika membuat menu masakan untuk berbuka puasa dan sahur yang berbeda dari sebelumnya.

Untuk itu, sekarang ini saya akan bahas tentang  beberapa menu makanan di kuliner khas pemalang yang cocok di jadikan menu buka puasa dan sahur anda di bulan suci ramdhan yang sangat berkah ini.

Kuliner Lontong Dekem Pemalang

Cukup unik juga ya namanya. Dekem di artikan sebagai posisi duduk dengan kaki hampir sama, dan lontong merupakan beras yang di bungkus daun pisang kemudian direbus.

Lontong dekem pemalang adalah kuliner khas pemalang yang terdiri dari racikan lontong yang di potong-potong dengan tambahan kuah santan berwarna kuning yang di siramkan lalu di tumpahkan, kemudian di siramkan lagi dan di tumpahkan hingga semangkuk penuh, nah dari itu maka lontong tersebut dinamakan dengan lontong dekem.

Biasanya harga lontong dekem pemalang ini hanya sekitar 7000/porsi saja, tetapi mungkin agak lebih berbeda lah yaa kalau di saat bulan ramadhan.

Dan untuk penyajiannya biasanya ditambah dengan krupuk warna-warni yang sudah remuk, dan juga  lauk-lauk seperti gorengan dan sate.

Kuliner Kraca Pemalang

Nah, makanan yang satu ini nggak kalah lezat sama lontong dekem tadi. Mungkin masih kedengaran asing dengan nama kuliner khas pemalang ini, karena jarang-jarang sih orang yang memasak dengan bahan dasar keong. Yaa, benar sekali!! Namanya kraca.

Kraca pemalang ini merupakan kuliner di pemalang yang hanya ada di bulan ramadhan. Dan belum tentu sih banyak warung-warung yang menjual makanan ini, karena keongnya sendiri juga sulit didapatkan.

Keong yang digunakan juga aman dan tidak sembarang keong ya, yang seperti bekicot dengan banyak lendir didalamnya. Untuk cara memakannya juga cukup unik lho. Biasanya pembeli menikmati makanan ini dengan menggunakan tangan, rasanya pun juga berbeda antara makan dengan sendok .

Kraca pemalang biasanya dimasak dengan kuah bening dengan tambahan daun singkil atau kemangi, sehingga menimbulkan rasa dan aroma yang khas, dan ketika kita memakannya juga bisa sambil di seruput atau di sedot kuah yang ada di dalam cangkang keongnya tersebut.

Kuliner kepiting lemburi Pemalang

Kuliner khas pemalang yang ketiga adalah Kepiting Lemburi, yaitu kepiting montok yang di masak asam manis dengan banyak telur didalamnya.

Untuk dapat menemukan makanan ini juga cukup sangat mudah, apalagi waktu bulan ramadhan. Banyak warung atau restoran yang menyediakan kepiting lemburi pemalang. Mungkin untuk harganya juga mahal sih, karena kepiting yang dipilih kan bukan sembarang kepiting yang beratnya Cuma sedikit.

Jenis kepitingnya pun juga bermacam – macam seperti kepiting biasa, kepiting telur, dan kepiting soka. Dan untuk penyajiannya biasanya di beri cobek kosong yang dapat di gunakan untuk membuang cangkang kepiting yang sudah tidak ada dagingnya.

Bahan – bahan untuk membuat kepiting lemburi pemalang juga cukup simple kok yaitu kepiting, ketumbar, asam, garam , gula pasir dan minyak goreng. Dan pembuatannya pun mudah, layaknya seperti menggoreng. Tetapi perbedaannya adalah cara mengolah kepitingnya yaitu dengan merendam kepiting dengan asam.

Kuliner Pecak Belut Pemalang

Ini pasti sudah tidak asing lagi nih bagi warga daerah semarang  setelah mendengar tentang kuliner khas pemalang yang terakhir ini yaitu pecak belut pemalang.

Sangat lezat lho. Jangan ragu untuk mencicipi makanan yang rasanya pedas ini, karena pecak belut ini di sajikan bersama sambal – sambal pilihan yaitu tergantung selera lah. Seperti sambal terasi, tomat hingga sambal santan.

Daftar harganya juga bermacam – macam kok, untuk pecak belut super seharga Rp.28.000, pecak manut belut  dan pecak belut lada hitam bawang bombai sekitar Rp.22.000 rupiah saja.

Penyajiannya juga cukup menarik sih, pecak belut pemalang di sajikan dengan nasi putih dan belut pecak di atas cobek dengan taburan bawang goreng yang di ikuti dengan lalapan dan es teh atau es kopi segar. Jadi jangan khawatir setelah makan belut pecak ini menimbulkan bau amis pada mulut.

Nah, bagi anda yang belum mampir-mampir di pemalang untuk mencicipi berbagai kuliner khas pemalang, jangan enggan untuk menikmati waktu liburan anda dengan mencicipi macam-macam kuliner khas pemalang ini. Apalagi kan sebentar lagi menuju bulan ramadhan, sangat cocoklah untuk di jadikan sebagai tambahan menu buka puasa dan sahur anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.