Let’s travel together.

Kaya Rasa Camilan Gorengan Lumpia Semarang

0 43

Mau ke Semarang? Jangan lupa mampirya buat beli camilan gorengan khususnya lumpia semarang.
Pada artikel ini saya mau jelasin tentang oleh-oleh khas semarang yang wajib anda nikmati kelezatannya. Jangan ngaku pernah ke semarang jika belum pernah mencoba lumpia nya, anda akan ketagihan untuk memakan lumpia khas semarang kalau sudah mencobanya.

Alasan kenapa lumpia khas semarang membuat ketagihan karena isi nya yang berbeda dari lumpi-lumpia lain. Jika lumpia pada umumnya berisi kentang dan juga wortel atau irisan berbagai daging, maka pada lumpia semarang memiliki ciri khas sendiri yaitu berisi irisan tipis rebung yang di olah bersama daging ayam telor orak-arik,ebi, dan masih banyak lagi.

Lumpia merupakan adonan tepung yang tipis dan bundar yang kemudian diisi dengan beberapa sayuran atau makanan lain yang di gulung atau di lipat. Untuk kulitnya sendiri di buat dari adonan tepung terigu dan air yang di aduk kemudian di cetak bundar tipis seperti scrape.
Lebih mantapnya lagi jika anda menggorengnya sampai kering sehingga rasanya menjadi kriyuk-kriyuk. Anda juga bisa memakannya dengan menambahkan saus, gula merah, adonan tepung kanji dan bawang yang kental dan lengket kental manis.

Jika anda yang tak suka dengan bau amis, tak perlu khawatir jika anda mengisi adonannya dengan rebung dari bambu yang masih muda.
Nah,apabila anda ingin menjadikan lumpia semarang ini sebagai oleh-oleh buah tangan anda, lumpia ini tahan hingga 3 hari untuk lumpia yang goreng dan untuk lumpia basah Cuma 24 jam tanpa ada bahan pengawetnya.

Anda juga tak perlu khawatir soal harganya karena baik lumpia basah ataupun lumpia goreng harganya sama-sama 15.000 rupiah dan semuanya juga tidak ada bahan pengawet atau bahan yang sejenisnya apapun itu. Berbeda jika anda membeli lumpianya yang kecil seperti versi pasaran dengan harga 1000-2000 rupiah.
Bagi anda yang nggak mau jauh-jauh untuk pergi ke semarang, saya akan kasih resep untuk membuatnya di rumah.
Bahan-bahan lumpia rebung :
Kulit lumpia :
• Tepung terigu
• Air secukupnya
Isi lumpia :
• 500 gr rebung iris korek api
• 2 butir telur kocok lepas
• Merica, garam,gula pasir dan air secukupnya
• Minyak goreng secukupnya
• Bawang putih dan bawang merah
• Penyedap rasa dan kecap manis
Langkah-langkah :
1. Buatlah adonan kulit lumpia dengan tepung terigu dan air secukupnya.
2. Cetak kulit lumpia hingga berbentuk bundar atau scrape dengan menggunakan Teflon.
3. Tumis bumbu-bumbu yang sudah di haluskan dengan menambahkan kecap manis gula dan garam.
4. Jika ingin menambahkan telur kocok terlebih dahulu dan beri air secukupnya.
5. Isi kulit lumpia yang sudah jadi dengan kocokkan telur dan rebung rebus yang sudah di iris.
6. Goreng hingga berwarna kecoklatan.
7. Tiris dan sajikan sesuai selera dengan menambahkan saus atau cabe bagi anda yang suka pedas.

Cukup sekian dari artikel saya tentang salah satu makanan khas Semarang dan semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan tentang kuliner tradisional khususnya wilayah Jawa Tengah bagi anda semua .

Leave A Reply

Your email address will not be published.