Let’s travel together.

8 Kuliner Legendaris Khas Solo Wajib Anda Coba

0 21

Kuliner Legendaris Solo- Solo, kota dimana Bapak Presiden RI Joko Widodo tinggal. Kota ini sangat terkenal dengan batiknya. Namun yang paling menarik adalah sajian kulinernya yang sangat legendaris. Kuliner yang mempunyai cita rasa yang khas sangat mengundang daya tarik wisatawan saat berkunjung ke Solo. Mencicipi kulinernya juga aktivitas yang wajib anda lakukan saat ke Solo. Nah, misalkan ada rencana berkunjung kuliner di Solo anda wajib mencicipi 8 Kuliner Legendaris Solo yang sangat cocok untuk anda merasakan cita rasa yang khas dari kulinernya.

  1. Nasi Liwet

    Ternyata banyak sudut yang menanasi liwetwarkan makanan legendaris yang menjadi ciri khas kota Solo. Salah satunya nasi liwet, kuliner legendaris  solo yang kini makin banyak diburu oleh wisatawan.

    Nasi liwet adalah makanan khas kota Solo dan merupakan kuliner asli daerah Baki, Kabupaten Sukoharjo. Nasi liwet adalah nasi gurih yang dimasak dengan santan kelapa yang disajikan dengan sayur labu siam, suwiran ayam daging ayam dipotong kecil-kecil dan areh semacam bubur gurih dari kelapa.Kuliner legendaris solo ini, tak heran jika rasanya sangat gurih dan cocok untuk para wisatawan.

  2. Sate Kere Solo

    Sate Kere Solo, ngomong-ngomong dari namanya saja kita sudah sangat tertarik karena terlihat sangat berbeda dari sate lainnya. Sate kere solo ini terbuat sisa pembuatan ampas tahu dan tempe yang direndam.  Sate ini juga dilengkapi dengan sambal bumbu kacang yang sangat lezat memiliki cita rasa yang khas dan membuat ketagihan. Sehingga sate ini menjadi kuliner legendaris Solo.

  3. Timlo

    Pergi ke Solo menjadi aktivitas yang paling cocok untuk mencicipi semua kuliner khasnya. Kuliner legendaris Solo yang wajib anda coba salah satunya adalah Timlo, sejenis sop yang berisi suwiran daging ayam, irisan telur, kecap, ati ampela, hingga potongan sosis.

    Sajian ini paling nikmat saat kuahnya masih hangat dicicipi karena kuah kaldunya yang sangat bening membuat lidah kita ketagihan untuk menyerutupnya. Tambahan bawang goreng diatasnya menambah rasa gurih dan lezat, timlo Solo bakal memuaskan nafsu makan kamu. Yuk, buruan wajib anda coba!. Pokoknya menjadi kuliner legendaris solo banget.

  4. Serabi Solo

    Serabi Solo merupakan makanan ringan ala Solo. Makanan ini terbuat dari tepung beras yang diolah dengan tambahan santan dan digoreng di atas arang yang menjadikan bercitarasa gurih. Biasa juga diberi tambahan taburan berupa potongan pisang kecil-kecil, keju, meses, misalkan pisang tidak ada bisa digantikan buah nangka. Rasanya manis dan lezat sekali. Sehingga Serabi menjadi kuliner legendaris solo yang menjadi genjaran orang untuk mencoba mencicipinya.

  5. Tahok

    Tahok, jajanan tradisional menjadi salah satu kuliner legendaris Solo yang wajib harus anda coba. Tahok ini terbuat daritahu yang digumpalkan. Teksturnya lembut seperti puding, sementara rasanya manis dan hangat. Bahan bakunya sendiri ada gula merah, daun sereh, daun pandan dan jahe yang membuat cita rasanya sangat khas. Mengkonsumsi tahok secara rutin bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan sangat berguna untuk program diet menurunkan berat badan. Maka dari itu yuk buruan serbu tahok kuliner legendaris solo.

  6. Lenjongan

    Lenjongan, yaitu jajanan tradisional gabungan dari sejumlah cemilan manis khas Solo, seperti tiwul, ketan hitam, ketan putih, gethuk, sawut, cenil dan klepon. Rasanya yang manis membuat Lenjongan Solo lebih mudah diterima oleh banyak kalangan.

    Cara penyajiannya ditaburi dengan kelapa parut. Taburan kelapa tersebut membuat rasanya tambah gurih dan manis. Sangat cocok untuk makanan sampingan anda karena teksturnya yang sangat kenyal dan enak. Sehingga, jajanan tradisional lenjongan ini sangat tepat sebagai kuliner legendaris solo karena kalau anda pernah mencobanya pasti bakal ketagihan yuk buruan!!!

  7. Selat Solo

    Selat Solo adalah sebuah hidangan khas yang berasal dari kota Solo, Jawa Tengah.

    Makanan ini terbuat dari daging sapi  yang direbus dalam kuah encer dan bumbunya dari bawang putih, cuka, kecap manis, kecap inggris, air serta dibumbui dengan pala dan merica. Makanan ini disajikan di piring dengan irisan setengah telur rebus dan sayur-sayuran seperti buncis, kentang, tomat, selada, mentimun, brokoli dan wortel, serta ditambahkan potongan bawang merah membuat rasa gurih serta sedikit mayones. Pokoknya rasanya nikmat sekali wajar banget kalau disebut kuliner legendaris solo banget ayo buruan kamu harus mencobanya langsung!.

  8. Tengkleng

    Bila anda bingung memilih makan siang. Salah satu yang layak dipilih adalah tengkleng.Kuliner yang berasal dari Solo. Makanan ini terbyuat dari olahan tulang belulang dan jeroan kambing dengan cita rasa gurih dan pedas sangat cocok untuk dicobanya. Cara penyajian tengkleng di atas pincuk daun pisang juga menambah kenikmatan tersendiri. Kuahnya sangat encer dan sangat bening nikmat banget kalau kuahnya diserutup siang-siang. Ayo buruan cobain tengkleng makanan legendaris solo keburu habis lho!.Tengkleng memang menjadi salah satu kuliner legendaris khas Solo yang harus kamu coba.

Leave A Reply

Your email address will not be published.